x

Rahmad Darmawan Dukung VAR Piala Dunia 2018 Diterapkan di Liga 1

Kamis, 21 Juni 2018 04:27 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Juni Adi
Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan

Penggunaan  Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia 2018 di Rusia, menjadi perhatian dari pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan.

Pelatih berusia 51 tahun itu, sangat mendukung sekali jika operator Liga 1 dalam hal ini PT Liga Indonesia Baru (LIB) menerapkan VAR.

Baca Juga

1. Membantu Liga 1

Suasana latihan Sriwijaya FC usai libur lebaran, Selasa (19/06/18)

Di Piala Dunia, pecinta sepakbola telah melihat sendiri dimana wasit sangat terbantu dengan VAR. Beberapa keputusan yang bisa melahirkan kontroversi mampu diminimalisir.

“Sekelas FIFA saja membutuhkan teknologi VAR di Piala Dunia, jadi kalau itu bisa diterapkan di Indonesia tentu sangat bagus sekali,” ucap RD, pada Rabu (20/6/18).


2. Contoh VAR di Piala Dunia 2018

Selebrasi pemain Prancis pasca mencetak gol ke gawang Australia.

Masyarakat bisa melihat sendiri, bagaiman wasit mengambil keputusan yang fair saat laga Prancis melawan Australia. Kemenangan Prancis dari Australia 2-1, berkat bantuan VAR. 

Saat pertandingan berjalan 11 menit, pemain belakang Australia melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti. Griezman terjatuh di kotak penalti.

Pertandingan sempat dihentikan karena wasit mencoba melihat melalui VAR dan memutuskan tim Prancis mendapatkan tendangan penalti. 

Griezman sebagai algojo dengan kaki kirinya melesatkan tendangan keras ke sudut kanan gawang dan membobol gawang Australia yang mengubah kedudukan menjadi 1-0. Skor akhir di laga itu 2-1 buat Prancis.


3. Membantu Wasit Liga 1

Perseru vs Sriwijaya FC

VAR kembali menjadi penentu, kali ini kemenangan Swedia melawan Korea Selatan. Swedia keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 1-0.

“VAR memandu wasit dalam bekerja memimpin pertandingan. Laga pun akan jauh lebih sportif pastinya,” ucapnya.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Piala DuniaRahmad DarmawanSriwijaya FCPiala Dunia 2018Liga IndonesiaLiga 1Serba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini