x

Bintang Portugal Sebut VAR 'Mubazir' di Piala Dunia 2018

Senin, 25 Juni 2018 20:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Bintang Timnas Portugal, Pepe, berpelukan bersama dengan Ronaldo

Laga perdana antara Portugal dan Spanyol yang berakhir imbang masih menyisahkan berbagai macam kontroversi, salah satunya soal penerapan VAR di pertandingan. Pemain belakang Portugal, Pepe, salah satu pemain yang mengklaim tidak perlu menggunakannya di Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Video Assistance Refereee (VAR) menjadi topik hangat selama Piala Dunia 2018 berlangsung di Rusia. Meski diklaim sangat membantu kerja wasit selama pertandingan, namun VAR justru dianggap menjadi biang kontroversi pelanggaran yang dilakukan para pemain.

Seperti misalnya pada pertandingan yang berlangsung di Fisht Olympic Stadium pada Sabtu (16/06/18) dini hari WIB. Portugal sempat ungul lebih dulu lewat tendangan penalti Cristiano Ronaldo. Namun, penyerang Tim Matador, Diego Costa, mencetak gol penyeimbang dengan melewati dua pemain Portugal.


1. Pelanggaran Sebelum Gol Costa

Sebelum mencetak gol, Diego Costa sempat menyikut wajah Pepe.

Gol yang dihasilkan Costa menimbulkan kontroversi lantaran Costa lebih dulu melakukan pelanggaran terhadap Pepe dengan menyikut saat merebut bola. Mantan pemain Real Madrid itu akhirnya menilai wasit sudah bertindak buruk dan mengaku tidak lagi terkesan dengan VAR.

“Ada insiden yang tidak membutuhkan VAR,” katanya dilansir Marca.

“Untuk gol pertama Spanyol (oleh Diego Costa) melawan kami, Anda tidak perlu VAR, bahkan Diego mengakuinya sebagai pelanggaran,” lanjutnya.


2. Ronaldo Juga Dirugikan

Cristiano Ronaldo saat terjatuh di dalam kotak penalti Maroko.

Cukup disayangkan bahwa pelanggaran tersebut luput dari pantaian VAR, meskipun semua orang melihatnya. Pepe bahkan menyebut rekannya Cristiano Ronaldo yang juga dirugikan oleh VAR saat mengalahkan Maroko 1-0.  

“Ada penalti yang tidak diberikan kepada Cristiano Ronaldo saat melawan Maroko. Padahal kamera merekamnya dan terbukti Ronaldo didorong,” bebernya.

“Saya yakin, bila yang jatuh bukan Ronaldo, mereka akan memberikan penalti,” lanjut pemain Besiktas itu.


3. Menghormati Wasit

Bintang Timnas Portugal, Pepe, bersama dengan Ronaldo

Bagaimanapun Pepe memang tidak bisa melakukan protes lebih lanjut dengan dirinya tetap menaruh hormat pada wasit yang melakukan tugasnya di lapangan.

“Bagaimanapun, kita hanyalah manusia, kita membuat kesalahan dan saya tidak berpikir wasit memiliki niat untuk berprasangka buruk terhadap siapapun,” imbuh Pepe.

“Kita harus menghormati mereka, kami profesional dan harus melakukan tugas kami, tidak ada yang lain, itu yang diminta pelatih.”

Portugal kini tengah bersiap untuk memenangkan laga pamungkas yang sangat penting melawan Iran di Mordovia Arena, Selasa (26/06/18) dini hari WIB. Kemenangan melawan Iran nanti akan memastikan mereka lolos dari babak penyisihan grup B dan melaku ke 16 besar.

Berikut Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018 Hari Ini, Senin (25/06/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Cristiano RonaldoSpanyolPortugalDiego CostaPepePiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini