x

Piala Dunia 2018: 5 Taktik yang Bisa Dicoba Timnas Argentina Nanti Malam

Selasa, 26 Juni 2018 15:35 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Beberapa taktik yang sudah disiapkan Argentina untuk laga nanti malam.

Argentina akan segera melakoni laga hidup mati pada partai ketiga Grup D Piala Dunia 2018 menghadapi Nigeria di Stadion Volgograd, Rabu (27/06/18) pukul 01.00 WIB dini hari nanti.

Kemenangan menjadi target mutlak untuk Albiceleste di laga kontra Nigeria dini hari nanti, dengan berharap besar Islandia gagal menang kontra Islandia pada waktu yang sama.

Dengan target harus menang dan posisinya terancam didepak, Jorge Sampaoli pun harus berpikir keras untuk menurunkan skuat terbaiknya di laga ini. 

Berikut INDOSPORT hadirkan 5 taktik yang bisa dipertimbangkan Sampaoli demi perbaikan penampilan Argentina:

Baca Juga

1. 5. Chile 2014: 3-4-1-2

Keseruan Lionel Messi, Gonzalo Higuain, dan Sergio Aguero saat jalani latihan.

Formasi ini pernah dipakai oleh Sampaoli saat melatih Chile dan berhasil melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 lalu.

Dalam formasi ini, Sampaoli bisa menempatkan Lionel Messi sebagai gelandang serang di bawah dua striker, yang bisa diisi oleh Sergio Aguero dan Gonzalo Higuain.

Dalam laga ini, dua wing back yang bisa dicoba adalah Nicolas Tagalfico dan Gabriel Mercado, dengan tiga bek tengah yang bisa diperkuat Marcus Rojo, Nicolas Otamendi dan Federico Fazio. Dengan formasi ini, pertahanan Argentina akan semakin solid, belum lagi serangan yang dihuni oleh Messi, Higuain dan Aguero.

Formasi 3-4-1-2 di Timnas Argentina

2. 4. Argentina 2014: 4-2-3-1

Angel di Maria berpose untuk memperkenal jersey baru Timnas Agentina.

Terkadang, memakai formasi yang simpel bisa menjadi jawaban. Apalagi formasi 4-2-3-1 merupakan taktik yang dipakai Argentina saat melaju hingga semifinal Piala Dunia 2014 lalu.

Dalam formasi ini, Lionel Messi masih menjadi gelandang serang tapi kali ini di belakang striker tunggal, yang bisa diisi oleh Sergio Aguero.

Sementara itu, seperti di Juventus, Dybala akan menjadi gelandang sayap dengan Angel Di Maria di sisi kiri dan kanan lapangan.

Formasi 4-2-3-1 di Timnas Argentina

3. 3. Barcelona - Guardiola: 4-3-3

Caption

Berbicara formasi yang pas untuk Argentina dengan bintangnya Lionel Messi, tentunya 4-3-3 tidak bisa dikesampingkan, seperti yang dipakai Barcelona saat era Pep Guardiola. 

Messi bisa mengawal serangan di sisi sayap bersama Angel Di Maria, dengan Sergio Aguero menjadi target man.

Mascherano akan berada di depan barisan pertahanan untuk menjadi jembatan lini bertahan dan lini depan. Gelandang kreatif seperti Enzo Perez dan Ever Banega akan menambah variasi serangan mereka dini hari nanti.

Formasi 4-3-3 di Timnas Argentina

4. 2. Barcelona - Valverde: 4-4-2

Lionel Messi dan Paulo Dybala

Sejak ditangani oleh Ernesto Valverde, Barcelona cukup sering memakai formasi 4-4-2. Dengan formasi ini di Barcelona, Messi bermain di belakang Luis Suarez.

Javier Mascherano masih akan menjadi gelandang bertahan di formasi ini, dengan Paulo Dybala sebagai starter sebagai gelandang serang di belakang Messi. Tentunya, dengan formasi ini, Argentina bisa sedikit bervariasi dengan mengandalkan 3 bintang mereka, Aguero-Messi-Dybala.


5. 1. Formasi 4-2-4

Angel Di Maria (kanan) dan Mauricio Isla

Formasi 4-2-4 merupakan opsi terakhir yang bisa dipertimbangkan oleh sampaoli untuk kesuksesan Argentina dini hari nanti.

Dengan 4 penyerang dipasang, dua penyerang di tengahnya diisi oleh Dybala dan Messi sebagai striker lubang. Angel Di Maria dan Eduardo Salvio bisa membantu serangan lebih tajam di sisi sayap penyerangan.

Formasi 4-2-4 di Timnas Argentina

 Berikut jadwal pertandingan Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

ArgentinaLionel MessiPiala DuniaSergio AgueroPiala Dunia 2018Paulo DybalaJorge SampaoliBola Internasional

Berita Terkini