x

Piala Dunia 2018: Jerman Dikalahkan, Korea Jadi 'Saudara' Meksiko

Kamis, 28 Juni 2018 13:53 WIB
Penulis: Josephine Krisna Dewi Prawesti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Fans Meksiko mengelilingi Ibukota pasca kemenangan Korea Selatan atas Jerman

Ratusan penggemar Timnas Meksiko berpesta di luar kedutaan Korea Selatan di Mexico City pada hari Rabu (27/06/18) untuk berterima kasih kepada Negeri Ginseng tersebut atas kemenangannya melawan Jerman, sehingga menjamin tim nasional Meksiko mendapat tempat di babak knock-out Piala Dunia 2018.

Setelah Swedia mengalahkan Meksiko dengan skor akhir 3-0 pada hari Rabu, penggemar Meksiko turut menyambut kemenangan Korea Selatan. Sebab, jika Korea Selatan kalah dari Jerman artinya Meksiko tidak dapat melanjutkan ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Baca Juga

1. Terima Kasih Taeguk Warriors!

Fans Meksiko dan warga Korea rayakan selebrasi setelah Jerman dikalahkan Taeguk Warriors.

Korea Selatan kemudian mengejutkan dunia dengan mengalahkan Jerman lewat dua gol di menit akhir pertandingan. Babak penyisihan grup ini mengukuhkan tersingkirnya mantan juara dunia itu dan memberi jalan untuk Meksiko ke putaran selanjutnya.

Meskipun Korea Selatan tersingkir, orang-orang Meksiko berbondong-bondong ke kedutaan Korea Selatan untuk merayakan kemenangan Taeguk Warriors.

"Terima kasih banyak, Korea luar biasa. Mereka luar biasa," kata Gladys Ison, seorang pendukung Timnas Meksiko berusia 19 tahun sambil melambai-lambaikan bendera Korea Selatan di luar kedutaan yang dikutip dari Telegraph.


2. Maskapai Turut Beri Diskon

Fans Meksiko beri teriakkan persahabatan untuk Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Di balik sambutan penduduk Meksiko untuk Kedubes Korea Selatan, maskapai penerbangan Meksiko, Aeromexico, mengumumkan diskon 20 persen untuk penerbangan ke Korea. Tentunya promo ini dalam rangka merayakan kemenangan Korea Selatan yang menyelamatkan Meksiko.

"Kami mencintaimu, Korea! Penerbangan dari Meksiko ke Korea kami beri diskon 20 persen," tulis maskapai itu lewat akun resmi Twitternya.


3. Korea! Kini Kamu Saudara Kami!

Fans Meksiko.

Lalu lintas yang padat di sekitar kawasan elite, Lomas de Chapultepec, para penggemar melompat kegirangan dan bersorak-sorai sembari merayakannya dengan tequila. Mereka mengelilingi jalan raya bersama dengan staf kantor diplomat Korea Selatan dan menyanyikan lagu pujian sepakbola berbahasa latin Meksiko. 

Penasehat kedutaan, Park Sun-tae, digendong para penggemar Meksiko dengan wajah tersenyum yang meneriakkan "Korea, Anda saudara kami, sekarang Anda orang Meksiko!" ucap mereka yang dikutip dari telegraph.

Sementara itu konsulat jenderal di kedutaan, Byoung-jin Han, berkata, "Tidak ada perbedaan antara orang Meksiko dan Korea hari ini. Kami merayakan bersama," ucapan itu kemudian disambut oleh staff Meksiko di kedutaan yang menangis dengan sukacita. 


4. Dua Bendera dengan Sombrero

Fans Meksiko di Piala Dunia 2018.

Fans juga memimpin seorang pejabat kedutaan dalam paduan suara "Cielito Lindo," lagu sepakbola yang sering berkumandang di Meksiko.

Para penggemar mengibarkan bendera kedua negara dan mengenakan topi sombrero. Di antara mereka ada yang berpesta di atas truk pemadam kebakaran, membunyikan klaksonnya dan menuangkan tequila dari atas truk ke mulut para fans. 


5. Swedia Juga Berpesta

Fans Meksiko sambut kemenangan Korea

Dari sekian banyak orang yang merayakan itu ada pengusaha asal Stockholm, Swedia bernama Johan Lindblom yang turut bersuka-ria dan mengenakan baju Timnas Swedia. Ia mengaku merasa lega setelah kedua tim sudah usai bertanding, Lindblom berkata:  "Sebuah final antara Swedia dan Meksiko, itu akan menjadi yang terakhir."

Perayaan menyebar hingga ke pusat bersejarah ibukota, di mana pertandingan Piala Dunia ditampilkan di layar raksasa. Penggemar Meksiko mengerumuni turis Asia, dan tayangan TV menunjukkan seorang pria Asia yang tertawa dilemparkan ke udara dan ditangkap oleh kerumunan.

Meme tersebar di media sosial, termasuk salah satu bendera Meksiko dan Korea yang digabung menjadi satu.

"Mungkin ini bukan cara terbaik untuk melaluinya, tapi kami sudah selesai. Kami sangat berterima kasih," kata Pablo Gonzalez, penggemar yang menjadi bagian dari kerumunan perayaan itu.

Berikut jadwal lengkap siaran langsung Piala Dunia 2018 hari ini, Ka,is (28/06/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

MeksikoJermanKorea SelatanPiala Dunia 2018Bola Internasional

Berita Terkini