x

PSSI-nya Italia Pasrah soal Sanksi UEFA yang Menimpa AC Milan

Selasa, 3 Juli 2018 17:46 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

Federasi Sepakbola Italia (FIGC) mengakui bahwa pihaknya tak bisa berbuat apa-apa terkait sanksi yang diterima AC Milan dari UEFA. 

"FIGC tidak melindungi Milan? Federasi tidak bisa berbuat apa-apa." ujar CEO FIGC, Michele Uva, seperti dikutip dari laman Football Italia. 

Menurut Michele Uva, peran FIGC hanya sebatas pada segi teknis. Jika sudah berkaitan dengan politis (pergantian kepemilikan) mereka tak bisa berbuat banyak. 

"JIka mereka suka, kami bisa membantu dari sisi teknis, tetapi tidak untuk (yang berbau) politis," ujarnya. 

Baca Juga

1. Sebatas Mempermudah

Logo FIGC.

Menurut Michele Uva, FIGC hanya bisa membantu Milan dalam mempermudah penyusunan laporan jika memang diperlukan. 

"Milan berkesempatan untuk menempuh jalur hukum melalui CAS (Badang Arbitrase Olahraga Dunia), UEFA memperbolehkan, dan kami siap membantu mempermudah."


2. Belum Melihat Dokumen

AC Milan saat ini sedang menghadapi sanksi UEFA.

Namun, itikad baik FIGC untuk mempermudah langkah Milan sepertinya belum terwujud lantaran mereka sendiri mengaku belum melihat dokumen kasus yang ada. Michele pun merujuk pada kasus serupa yang pernah menimpa Inter Milan beberapa waktu lalu. 

"Kami bahkan belum melihat dokumen-dokumennya, namun peraturannya jelas: Roma dan Inter tidak mematuhinya, tetapi UEFA memberi mereka petunjuk dan mereka berdua mengikutinya."


3. Sanksi Milan

Presiden Milan, Yonghong Li.

Pada awal musim ini, AC Milan telah mengeluarkan dana sebesar 200 juta euro untuk pembelian 10 pemain. Namun, jumlah tersebut ternyata tak sebanding dengan yang mereka peroleh.  Pemilik AC Milan sekarang, Yonghong Li, memiliki utang sebesar 380 juta euro yang harus segera dibayar yang mana akan jatuh tenggat pada Oktober nanti. 

Di tengah persoalan pinjaman tersebut, kabar berhembus perusahaan Yonghong Li mengalami kebangkrutan. UEFA secara resmi menolak proposal dan juga perjanjian penyelesaian Financial Fair Play milik AC Milan. MIlan pun disanksi larangan tampil di Eropa. Milan juga terancam tak bisa melakukan aktivitas transfer dan mendapat denda 10 juta euro atau sekitar Rp165miliar. 

Jadwal Pertandingan Babak 16 besar Piala Dunia 2018 Hari Ini, Selasa (03/07/18) dan Rabu (04/07/18):

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA  

UEFAAC MilanFIGCLiga ItaliaYonghong Li

Berita Terkini