x

Lebih Murah dari Alisson, 4 Kiper Ini Lebih Layak Diboyong Liverpool

Sabtu, 21 Juli 2018 08:38 WIB
Penulis: Riski Francisko | Editor: Yohanes Ishak
Liverpool secara resmi memperkenalkan Alisson Becker sebagai kiper anyar mereka.

INDOSPORT.COM - Liverpool tampak terburu-buru dalam mendatangkan Alisson Becker. Padahal, mereka bisa saja mendatangkan kiper berkualitas dengan harga lebih murah.

Tim besutan Jurgen Klopp ini telah membuat rekor transfer baru untuk seorang penjaga gawang setelah mendatangkan Alisson Becker dari AS Roma dengan mahar 65 juta poundsterling (Rp1,2 triliun).

Nilai transfer tersebut membuat Alisson mengalahkan kiper-kiper yang sebelumnya menyandang status sebagai kiper termahal di dunia.

Baca Juga

Sebelumnya ada Ederson Moraes (kiper Manchester City) yang didatangkan dari Benfica pada musim lalu dengan biaya transfer mencapai 35 juta poundsterling (Rp660 miliar). Jauh sebelum itu, rekor kiper termahal dipegang oleh Gianluigi Buffon yang diboyong Juventus dari Parma pada tahun 2001 dengan mahar 32,6 juta poundsterling (Rp618,4 miliar).

Meskipun demikian, menurut Sportskeeda (20/07/18), ada kiper-kiper yang sebenarnya mempunyai kemampuan yang setara dengan Alisson namun dapat diraih dengan harga lebih murah.

Berikut adalah 4 nama kiper-kiper tersebut:


1. 4. Gianluigi Donnarumma

Gianluigi Donnarumma kiper AC Milan.

Fans Italia sempat bersedih hati setelah mengetahui Buffon pensiun dari tim nasional. Namun, sekarang mereka bisa lega karena mempunyai pengganti yang sepadan pada diri Gianluigi Donnarumma.

Donnarumma layak disebut sebagai legenda masa depan bagi AC Milan sekarang. Karena dengan usia yang masih 19 tahun, ia sudah mencatatkan 100 penampilan di Serie A. Ia menjadi selalu menjadi andalan Rossoneri karena mempunyai fisik yang kuat, ketenangan mental, kecerdasan teknis dan refleks yang luar biasa.

Liverpool seharusnya bisa mendapatkan kiper muda ini, yang bisa bermain untuk jangka waktu yang lama, dengan harga yang lebih murah. Yakni sekitar 35 juta poundsterling (Rp660 miliar)


2. 3. Jack Butland

Jack butland, kiper Stoke City.

Jack Butland adalah kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan musim lalu. Yakni sebanyak 135 penyelamatan. Jumlah itu menjadi yang terbanyak di antara kiper-kiper Liga Inggris musim lalu. Butland juga berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan sebanyak enam kali.

Dengan timnya, Stoke City, yang terdegradasi ke Divisi Championship musim lalu, Liverpool harusnya bisa merayu Butland untuk hijrah ke Anfield dengan mudah. Pun dengan harga yang lebih murah dari Alisson.

Berdasarkan data dari Transfermakt, kiper berdarah Inggris ini dilabeli dengan harga 22 juta euro atau sekitar Rp370 miliar. Seandainya Stoke ingin melepasnya dengan harga lebih tinggi itupun berkisar Rp500 miliar yang tentunya masih jauh lebih murah jika dibandingkan dengan Alisson Becker.


3. 2. Jasper Cillessen

Kiper Barcelona, Jasper Cillessen.

Kiper bertalenta hebat lainnya yang seharusnya dipilih Liverpool adalah Jasper Cillessen. Kiper asal Belanda ini nampaknya telah salah mengambil keputusan untuk tetap bersama Ajax dengan hijrah ke Barcelona.

Pasalnya, di Barcelona ia hanya menjadi kiper kedua. Bahkan selama dua tahun berada di Blaugrana, ia hanya diberi kesempatan tampil 21 kali. Dari jumlah itu, ia hanya pernah tampil dua kali di La Liga.

Jika Liverpool bisa memboyongnya dengan tawaran untuk diberikan menit yang lebih banyak, bukan hal yang sulit sepertinya untuk mendapatkan Cillessen. Harganya juga hanya berada dikisaran 20 juta poundsterling (Rp379,3 miliar).


4. 1. Kepa Arrizabalaga

Kepa Arrizabalaga kiper Athletic Bilbao.

Kepa Arrizabalaga membuat banyak klub top Eropa tercengang setelah melihat penampilan impresifnya bersama Athletic Bilbao.

Di bawah pengaruh Ernesto Valverde dan Jose Angel Ziganda, kemampuan kiper asal Spanyol itu berkembang sangat pesat. Ia dianggap sebagai salah satu prospek paling menarik dalam dunia sepak bola.

Pemain ini memang telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan timnya. Mungkin akan sulit untuk mendapatkan pemain yang pernah menolak tawaran Real Madrid pada Januari lalu.

Namun, melihat apa yang dilakukan Liverpool pada Roma untuk mendapatkan Alisson, harusnya The Reds juga bisa melakukan hal yang sama pada Bilbao.

Apalagi Arrizabalaga juga dibanderol hanya dengan harga 18 juta poundsterling atau kurang lebih Rp303 miliar. Dengan usianya yang masih 23 tahun, jelas ia bisa menjadi kiper jangka panjang bagi The Reds.

Bursa TransferLiverpoolGianluigi BuffonJurgen KloppGianluigi DonnarummaEdersonAlisson Becker

Berita Terkini