x

3 Pelatih yang Kalah di Pertandingan Pertama Liga Inggris

Selasa, 14 Agustus 2018 07:55 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Banyak pelatih top yang ternyata memiliki awal buruk saat menjajal ketatnya persaingan Liga Primer Inggris.

Liga Primer Inggris selalu digadang-gadang sebagai liga terbaik di dunia karena setiap pertandingannya hampir selalu menampilkan kejutan.

Kejutan yang dimaksud tidak hanya kemenangan dengan skor yang sangat telak atauun tipis, terkadang karena tim raksasa yang difavoritkan menjadi juara justru kalah dari tim semenjana bahkan tim papan bawah.

Selain itu juga Liga Primer Inggris selalu menampilkan aksi-aksi yang menarik perhatian banyak orang. Tak heran jika banyak manajer atau pelatih yang merasa tertantang untuk menahkodai klub dari Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Hasilnya pun beragam. Ada yang sukses sejak awal hingga akhir, gagal total, hingga dari kegagalan di awal hingga berhasil selanjutnya.

Terbaru, di musim ini terdapat beberapa manajer yang baru pertama kali merasakan menjalani pertandingan Liga Primer Inggris. Mulai dari Slaviša Jokanović dengan Fulham, Unai Emery dengan Arsenal, hingga Maurizio Sarri dengan Chelsea.

Namun ternyata hasil yang mereka dapatkan di pertandingan perdana Liga Primer Inggris berbeda-beda. Berikut INDOSPORT merangkum tiga manajer atau pelatih yang menelan kekalahan di pertandingan perdana Liga Primer Inggris.


1. Unai Emery

Unai Emery bersama skuat Arsenal.

Nama Unai Emery melambung tinggi setelah dirinya ditunjuk untuk menggantikan posisi manajer Arsenal sebelumnya yang melegenda, Arsene Wenger.

Hadirnya Emery memang disambut cukup positif khususnya pendukung Arsenal karena tak sedikit yang berharap Emery bisa membangkitkan kembali Arsenal yang sebelumnya mulai menurun bersama Arsene Wenger beberapa musim terakhir.

Namun sayangnya, ia di laga perdana Liga Primer Inggris harus menghadapi lawan yang sangat berat. Tak tanggung-tanggung, juara bertahan liga musim lalu, Manchester City menjadi lawan Emery di debutnya.

Alhasil, pertandingan yang berlangsung Minggu (13/08/18) malam, Arsenal dan Emery menyerah dengan skor 0-2 dari klub yang dilatih oleh Pep Guardiola.


2. Frank de Boer

Frank de Boer saat masih menjadi pelatih Crystal Palace.

Sebelum Unai Emery, di musim lalu ada yang lebih tragis lagi. Dia adalah Frank De Boer. Pria asal Belanda itu mencoba peruntungannya di Liga Primer Inggris pada Agustus tahun lalu dengan menjadi manajer Crystal Palace.

Sial, di pertandingan pertamanya De Boer justru menelan kekalahan yang sangat telak di kandangnya. Skor 0-3 mewarnai laga perdana De Boer bersama Crystal Palace di Liga Primer Inggris.

Nahasnya lagi, perjalanan dia bersama Crystal Palace hanya sebulan. Dirinya pun belum pernah merasakan kemenangan di Liga Primer Inggris, bahkan tak mendapatkan satu poin pun dari empat pertandingan.


3. Ronald Koeman

Ronald Koeman saat menjadi pelatih Southampton.

Satu lagi pelatih asal Belanda yang menelan kekalahan di pertandingan perdananya di Liga Primer Inggris, dia adalah Ronald Koeman. Ia pada Agustus 2014 ditunjuk oleh Southampton untuk memimpin klub berjuluk The Saints.

Di laga perdana, Koeman dan Southampton harus bertandang ke markas klub peraih 5 gelar Liga Champions, Liverpool. Hasilnya pun timnya takluk 2-1 dan pulang tanpa poin.

Baca Juga

Meski kalah, namun karir Koeman di Liga Primer tidak bisa dibilang sepenuhnya gagal. Setelah pertandingan tersebut, Koeman membawa Soton tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan. Di musim  yang sama, Soton finis di posisi ketujuh.

Penulis: Dimas Ramadhan.

Ikuti terus perkembangan Liga Inggris di INDOSPORT.

ArsenalRonald KoemanEvertonCrystal PalaceFrank de BoerUnai EmeryLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini