x

Alana Jancevski, Calon Lawan Tangguh Timnas U-16 di Piala Asia

Selasa, 18 September 2018 20:33 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Alana Jancevski, pemain Timnas putri Australia U-16

INDOSPORT.COM - Australia memang dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki kekuatan lebih di sepak bola khususnya Asia. Tidak hanya putra saja, tapi juga putrinya.

Sepak bola putri di Negeri Kangguru merupakan sudah hal yang biasa, sehingga banyak bermunculan pemain-pemain muda berbakat. Salah satunya adalah Alana Jancevski.

Alana saat ini merupakan pemain yang berposisi sebagai penyerang. Dia termasuk satu dari 23 pemain yang terdaftar dalam skuat Australia U-16 untuk ajang kualifikasi Piala Asia U-16 yang berlangsung di Kirgistan.

Baca Juga

Dia juga salah satu pencetak gol bagi Australia saat membantai Palestina di pertandingan pertamanya. Gol yang diciptakan oleh Alana ternyata tidak sembarangan. Ia melakukannya dengan sangat cantik melalui kaki kirinya dari luar kotak penalti.

Pada laga itu pula, meski hanya mencetak satu gol, namun nama Alana dinobatkan sebagai pemain MvP atau pemain terbaik pertandingan.

Gadis yang masih berusia 15 tahun ini ternyata sudah mengenal sepak bola sejak 10 tahun yang lalu. Ia dikenalkan sepak bola oleh keluarganya, yang mana sang kakak yang bernama Dean juga seorang pemain sepak bola.

Diakui oleh Silvana, ibunya bahwa Alana sejak kecil sudah sangat sering bermain dengan anak laki-laki. Bahkan dia dimasukkan ke dalam klub setempat untuk berlatih si kulit bundar.

“Dia bermain dengan Dean di halaman belakang dan kami melihat dia memiliki kemampuan atau bakat alami, jadi kami pikir 'mengapa kita tidak mencobanya dengan sepakbola?” ujar Silvana dikutip dari The Women’s Game.

“Saya membawanya ke Bundoora karena hanya itu klub lokal setempat. Sejak pertama kali dia mulai, kamu bisa melihat di lapangan dia memiliki sesuatu.”

Baca Juga

“Sebagai orang tua, semua orang berpikir bahwa anak mereka adalah pemain terbaik di lapangan, tetapi dia melakukannya dengan baik dan bermain dengan anak laki-laki benar-benar membantunya.”

“Saya pikir dia hanya beradaptasi, dia tidak pernah merasa tidak pada tempatnya dan membuat anak laki-laki disana menerimanya. Dia memiliki bakat alami, semangat, dan kerja keras.”


1. Latihan bersama Melbourne City

Alana Jancevski, pemain Timnas putri Australia U-16 (kiri).

Karena kemampuannya itu, Alana pun akhirnya berkesempatan untuk menjajal latihan bersama salah satu klub sepak bola liga wanita Australia, Melbourne City. Dirinya pun bertekad untuk bisa menjadi pemain professional.

"Saya tahu betapa profesionalnya Anda dan seberapa besar kebugaran dan atletis yang Anda miliki, jadi itulah salah satu target jangka panjang saya," kata Alana.

Baca Juga

“Berlatih dengan Melbourne City sangat berbeda dibandingkan dengan yang pernah saya lakukan. Ini jauh lebih sulit dan ada lebih dari yang kamu perkirakan.”

“Itu adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya untuk berlatih dengan pemain seperti itu dan hanya untuk belajar dari mereka.

Itu tempat yang saya inginkan, jadi mereka seperti mentor bagi saya. Itulah yang saya cita-citakan dan saya berharap berada di sana suatu hari nanti,” ujar Alana.


2. Sekolah dan Sepak Bola

Alana Jancevski, pemain Timnas putri Australia U-16 saat masih berusia 12 tahun.

Ayah Alana, Tony mengatakan bahwa anaknya dapat membagi waktu dan prioritasnya untuk sepak bola dan juga sekolah. Hal itu diketahui lantaran dirinya ternyata juga mendapat dukungan dari para gurunya ketika ia tidak bisa masuk sekolah.

“Memiliki keseimbangan itu penting dan dia adalah murid yang baik yang melakukan sekolahnya dengan baik,” kata Tony.

“Saya pikir dia bisa menyeimbangkannya dengan sangat baik. Guru-gurunya senang dengan dia dan dia mendapat semua kelas tambahan ketika dia bolos sekolah karena berlatih di Kota Melbourne.

Di laga selanjutnya, Alana dan Australia akan menghadapi Timnas putri U-16 Indonesia pada Rabu (19/09/18) besok. Dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Alana ini, tentu patut diwaspadai oleh tim yang diasuh oleh Rully Nere.

Sekadar informasi, Australia sendiri berada di Grup D kualifikasi Piala Asia U-16 Putri yang berlangsung di Kirgistan. Baik Indonesia maupun Australia belum pernah menerima kekalahan sejauh artikel ini dipublikasikan.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas U-16 Lainnya Hanya di INDOSPORT

AustraliaBola InternasionalPiala Asia U-16Piala Asia Putri U-16

Berita Terkini