x

Krzysztof Piatek, Sang 'Penghancur' Ronaldo di Top Skor Liga Italia

Jumat, 5 Oktober 2018 14:40 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Krzysztof Piatek pemain Genoa.

INDOSPORT.COMKrzysztof Piatek kini menghuni puncak daftar top skor sementara Serie A Italia 2018 dengan raihan delapan gol.

Sebelumnya, tidak ada yang mengira pria berusia 23 tahun asal Polandia itu akan menjelma menjadi striker ganas. Ia hanya pemain anyar Genoa yang baru saja didatangkan dari klub semenjana Cracovia Krakow.

Serie A Italia musim ini lebih berfokus kepada sosok megabintang Cristiano Ronaldo. Nahas, CR7 justru melempem di awal musim dan baru mencetak gol di pekan keempat.

Baca Juga

Tajamnya Piatek di Serie A Italia membuat dirinya disebu-sebut sebagai 'penghancur' dongeng Ronaldo di Italia. Pasalnya, eks megabintang Real Madrid itu digadang-gadang akan bersinar di Juventus.

Selain moncer sejak awal musim, Piatek juga telah memecahkan rekor tua di Serie A Italia. Rekor tersebut terpecahkan setelah 60 tahun lamanya.

Ada sejumlah fakta menarik lainnya mengenai pemain yang bahkan tidak tampil memperkuat Polandia pada Piala Dunia 2018 di Rusia lalu.

Berikut INDOSPORT merangkum fakta-fakta menarik mengenai Krzysztof Piatek.


1. Pecahkan Berusia Rekor 60 Tahun di Serie A Italia

Krzysztof Piatek pemain Genoa.

Piatek berhasil membobol gawang lawan sebanyak delapan kali dalam enam pertandingan pertamanya di Serie A Italia. Ia secara beruntun mencetak gol ke gawang Empoli, Sassuolo, Bologna, Lazio, Chievo, dan Fronsisone.

Pencapaian itu terakhir terjadi pada musim 1949/50. Berkat hasil itu, Piatek berhasil melampaui pemain dunia lainnya yang pernah merumput di Serie A Italia, seperti Ronaldo, Andriy Shevchenko, Gabriel Batistuta, dan Zlatan Ibrahimovic.

Baca Juga

Piatek masih berpeluang menambah rekor gol beruntunnya pekan depan saat bertemu Parma (07/10/18). Catatan gol Piatek setidaknya juga mengangkat performa Genoa yang kini berada di peringkat ke-6 klasemen sementara.


2. 23 Kali Lebih Murah dari Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo, pemain megabintang Juventus.

Prestasi Piatek saat ini sudah pasti sangat jauh apabila dibandingkan dengan harga belinya. Genoa mendatangkan pemain 23 tahun itu dari Cracovia Krakow dengan harga yang terbilang murah, yakni 4,5 juta euro (Rp77,8 miliar).

Harga Piatek cukup murah untuk prestasi delapan gol dari enam pertandingan di Serie A Italia. Jika dibandingkan dengan bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, harganya 23 kali lebih murah.

Baca Juga

Ronaldo didatangkan oleh Juventus dari Real Madrid pada musim panas lalu dengan harga 105 juta euro (Rp1,8 triliun). Harga itu lebih mahal 23 kali dari 4,5 juta euro Piatek.

Namun demikian, dengan prestasinya saat ini, harga pasar Piatek diyakini akan melambung naik mengingat kini ia mulai dilirik oleh klub-klub besar Eropa, seperti Barcelona dan Juventus.


3. Mengejar Rekor 50 Gol dalam Semusim

Krzysztof Piatek pemain Genoa.

Terdengar mustahil tapi bukan tidak mungkin Piatek bakal mencetak rekor baru di Serie A Italia musim ini. Jika terus tampil konsisten menjebol gawang lawan dan tidak pernah absen, ia bisa membuat rekor baru 50 gol dalam satu musim.

Meskipun demikian, hal itu tidak mudah sebab pemain berusia 23 tahun tersebut harus selalu tampil dalam 38 laga.

Baca Juga

Piatek setidaknya masih bisa mengejar raihan rekor gol Gonzalo Higuain di Serie A Italia saat menjadi top skor di musim 2015/16. Kala itu, Higuain berhasil mencetak 36 gol dalam semusim.

Jika menggunakan rasio 1,3 gol setiap laga, Piatek bisa mematahkan rekor Higuain apabila mampu mencetak 29 gol dalam 21 hingga 22 pertandingan ke depan.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain serta Serba-serbi Serie A Italia di INDOSPORT.COM

Cristiano RonaldoSerie A ItaliaGonzalo HiguainGenoaLiga ItaliaBola InternasionalTRIVIAKrzysztof Piatek

Berita Terkini