x

4 Pemain Asing yang Rindu Atmosfer Sepak Bola Indonesia

Kamis, 11 Oktober 2018 20:55 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Sepak bola Indonesia memang sering dilanda konflik. Meskipun demikian, atmosfer persaingannya kerap membuat rindu sejumlah pemain asing pernah yang merumput di Liga Indonesia.

Sudah ada banyak pesepakbola asing yang berlaga di kompetisi Liga Indonesia. Mereka datang dan pergi seiring dengan berjalannya waktu.

Pemain impor yang bergabung dengan salah satu tim besar sepak bola Indonesia tidak jarang meninggalkan kesan manis. Hal itu membuat mereka rindu untuk kembali merumput di Indonesia.

Baca Juga

Kerinduan tersebut dapat muncul dari beragam aspek, mulai dari dukungan suporter, ketatnya pertandingan, atau budaya masyarakat, dan keindahan alam Nusantara.

Berikut INDOSPORT merangkum 4 pemain asing yang rindu atmosfer sepak bola Indonesia.


1. 1. Sinthaweechai ‘Kosin’ Hathairattanakool

Sinthaweechai Hathairattanakool.

Mantan kiper Timnas Thailand ini pernah memperkuat Persib Bandung pada Indonesia Super League (ISL) 2005/06 dan paruh musim 2009.

Kosin pernah menyatakan kerinduannya kepada Indonesia, terutama Persib dan Bobotoh, saat final Piala AFF 2016 di Indonesia. Ia mengaku kala itu masih sering mengikuti aktivitas suporter Maung Bandung melalui internet.

Baca Juga

“Terima kasih buat Bobotoh. Sangat senang jika mereka hadir menyaksikan laga final nanti,” kata Kosin dikutip dari situs berita olahraga JUARA, Senin (12/12/16).

“Ya, Bobotoh tetap suporter terbaik. Saya juga selalu mengikuti mereka via Youtube. Mereka memiliki basis fans yang sangat banyak.”


2. 2. Emile Linkers

Kiri-kanan: Lorenzo Rimkus, Kristian Adelmund, dan Emile Linkers.

Pemain bernama lengkap Emile Emanuel Anthony Linkers ini mengawali kariernya di Liga Indonesia bersama PSIM Yogyakarta pada tahun 2012. Ia datang bersama Kristian Adelmund dan Lorenzo Rimkus.

Linkers mendapatkan hukuman dari PSSI pada 2014 berupa larangan bertanding di kompetisi resmi sepak bola Indonesia selama 2 tahun. Pada awal tahun lalu, pemain asal Belanda itu mengungkapkan kerinduannya bermain di Indonesia.

"Saya ingin balik ke Indonesia, saya tunggu regulasi dulu dari PSSI keluar," kata Linkers dikutip dari situs berita Tribunnews (01/01/2018).

Baca Juga

"Banyak suporter PSIM tanya saya untuk balik lagi ke PSIM Yogyakarta, kalau Liga 2 boleh pakai pemain asing, mudah-mudahan saya bisa balik ke PSIM."

Linkers mendapatkan julukan dari suporter PSIM dengan nama Linkillers. Selain rindu sepak bola tanah air, ia juga berhasrat untuk dinaturalisasi menjadi Warga Negar Indonesia (WNI).


3. 3. Jose Pedro Galan

Herman Dzumafo Epandi dan Jose Pedrosa Galan.

Eks pemain Atletico Madrid ini memperkuat Persela Lamongan pada musim 2016. Sebelumnya, Galan juga pernah memperkuat Pro Duta di kompetisi Indonesia Primer League (IPL).

Galan mengaku merindukan atmosfer sepak bola Indonesia. Faktor dukungan suporter menjadi alasan rekan setim David De Gea itu ingin kembali ke Indonesia.

Baca Juga

“Atmosfer penonton di Indonesia sangat luar biasa. Ini yang membuat saya memutuskan untuk kembali ke Indonesia bergabung dengan Persela,” ungkap Galan dikutip dari situs berita olahraga Topskor (17/04/16).


4. 4. Baihakki Khaizan

Baihakki Khaizan (Persija Jakarta).

Baihakki Khaizan merupakan satu di antara pemain asal Singapura yang pernah merumput di Indonesia. Selain itu, ia juga turut membela 2 tim rival di Indonesia, Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Baihakki mengaku terkesan dengan suporter di sepak bola Indonesia. Hal itulah yang membuatnya betah tinggal di Indonesia.

Baca Juga

"Tidak ada istilah rivalitas di sini (Singapura). Beda kalau di Indonesia karena kami benar-benar merasakan main di tempat lawan yang tempatnya jauh-jauh, seperti beda negara rasanya," ujar Baihakki.

"Di Indonesia fans-nya pun selalu mengganggu dan mengacaukan mental kita, tapi itulah enaknya Liga Indonesia. Saya saya rindu Liga Indonesia, saya betah dan senang hidup di Indonesia."

Ikuti Terus Update Liga Indonesia dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

BelandaPersib BandungPersija JakartaPersela LamonganPSIM YogyakartaThailandBaihakki KaizanLiga IndonesiaJose Pedrosa GalanSinthaweechai HathairattanakoolTRIVIA

Berita Terkini