x

Jelang Piala AFF, Ini 3 Daerah Penyumbang Pemain Timnas Terbanyak

Selasa, 16 Oktober 2018 13:03 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Jelang perhelatan Piala AFF 2018, PSSI memanggil beberapa pemain Liga 1 untuk merapat dan menjalani pemusatan latihan di Jakarta.

Meski beberapa waktu terakhir Timnas Indonesia diwarnai oleh beberapa pemain naturalisasi, namun masih banyak pula pemain-pemain lokal yang mampu unjuk gigi.

Baca Juga

Para pemain lokal ini tergabung dalam berbagai klub di Liga 1, namun beberapa di antara mereka juga berasal dari daerah yang sama.

Berikut INDOSPORT merangkum 3 daerah penyumbang pemain Timnas Indonesia terbanyak.


1. Bandung

Dedi Kusnandar saat berlatih bersama Persib Bandung

Meski Kota Bandung saat ini hanya memiliki Persib sebagai tim yang berlaga di kasta tertinggi persepakbolaan Tanah Air, namun beberapa pesepak bola asal Bandung turut berkontribusi dalam membela Timnas Indonesia.

Febri Hariyadi merupakan pesepak bola asal Bandung yang setia membela Persib hingga kini. Pemilik nomor punggung 13 ini juga konsisten dipanggil untuk membela Timnas Indonesia di berbagai ajang.

Selain Febri, Dedi Kusnandar juga merupakan pesepak bola asal Bandung yang membela Persib dan kini dipanggil PSSI untuk membela Timnas di ajang Piala AFF 2018.

Berikutnya ada pemain debut di Timnas, Alfath Fathier yang berseragam Madura United. Meski demikian, pesepak bola 22 tahun itu juga merupakan pemuda kelahiran Kota Kembang.


2. Surabaya

Andik Vermansah, Irfan Jaya, Evan Dimas, dan Hansamu Yama saat latihan bersama Timnas Indonesia jelang melawan Hong Kong.

Provinsi Jawa Timur memang memiliki beberapa tim sepak bola yang berlaga di Liga 1, seperti Persebaya Surabaya, Arema Malang, dan Persela Lamongan. Bahkan Kota Surabaya melahirkan beberapa pesepak bola andalan yang langganan dipanggil Timnas.

Irfan Jaya, winger Persebaya Surabaya mampu membuktikan kualitasnya bersama Timnas. Tak jarang ia juga mencetak gol kemenangan untuk Timnas Indonesia.

Berikutnya ada Hansamu Yama Pranata, pesepak bola kelahiran Mojokerto yang mengaku jika dirinya adalah Bonek meski pada beberapa musim terakhir ia setia membela Barito Putera. Hansamu pun menjadi langganan Timnas dan didapuk menjadi kapten Timnas U-23.

Baca Juga

Masih satu angkatan dengan Hansamu Yama, Evan Dimas juga merupakan pesepak bola kelahiran Surabaya yang menjadi andalan di lini tengah Timnas. Terakhir ia membela salah satu tim di Liga Malaysia, Selangor FA.

Sedikit lebih senior, ada nama Andik Vermansah yang baru saja dipanggil PSSI untuk kembali membela Timnas. Pesepak bola asal Jember ini juga sebelumnya memperkuat salah satu tim asal Malaysia, Kedah FA.


3. Jawa Tengah

Aksi melepaskan diri Septian David Maulana untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Masih dari Tanah Jawa, para pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 juga banyak yang berasal dari Jawa Tengah.

Septian David Maulana merupakan pemain sepak bola asal Semarang yang kini memperkuat Mitra Kukar. Ia kembali dipanggil PSSI untuk melengkapi lini tengah Timnas Indonesia.

Ricky Fajrin juga terlahir di Semarang dan saat ini membela klub Bali United sebagai andalan di lini pertahanan Serdadu Tridatu.

Berikutnya ada Bayu Pradana, gelandang Mitra Kukar yang dipanggil memperkuat Timnas. Bayu merupakan pesepak bola kelahiran Salatiga, Jawa Tengah.

Fachruddin Aryanto juga menjadi kebanggaan warga Klaten yang menjadi langganan Timnas Indonesia. Saat ini pesepak bola 29 tahun tersebut bermain untuk Madura United.

Terakhir, kiper Muhammad Ridho juga seringkali dipanggil Timnas sebagai kiper pelapis. Pesepak bola kelahiran Lamongan tersebut saat ini memperkuat Borneo FC. 

Penulis: Martini

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

BandungEvan DimasJawa TengahSurabayaTimnas IndonesiaFebri HariyadiLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini