x

Milos Milutinovic: 'Sang Pesulap' dan Top Skor Pertama Liga Champions

Kamis, 25 Oktober 2018 08:46 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Miloš Milutinović

INDOSPORT.COM - Milos Milutinovic menjadi salah satu sosok legenda olahraga. Milos Milutinovic merupakan top skor pertama Liga Champions. 

Kompetisi Liga Champions Eropa merupakan salah satu turnamen sepak bola paling bergengsi di muka bumi. Klub-klub terbaik bersaing demi meraih trofi Si Kuping Besar setiap tahunnya. 

Tak hanya klub, para pemain juga bersaing untuk meraih sepatu emas atau gelar top skor. Gelar prestisius bagi individu dalam sepak bola. 

Berbicara soal top skor atau pencetak gol terbanyak di Liga Champions, maka tak akan jauh dari pembahasan sosok Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang mendominasi peraihan gelar top skor dalam sepuluh tahun terakhir. 

Baca Juga

Cristiano Ronaldo meraih gelar top skor sebanyak tujuh kali dalam sebelas musim terakhir. Sedangkan Lionel messi meraih lima kali sepatu emas. 

Namun, sebelum era dominasi kedua pemain ini, ada nama Ruud van Nistelrooy, Raul Gonzales, dan Andriy Shevchenko yang secara bergantian meraih gelar top skor Liga Champions. Akan tetapi, soal gelar top skor Liga Champions, nama Milos Milutinovic tentu harus selalu disebut. 

Karena, Milos Milutinovic adalah top skor pertama dalam sejarah Liga Champions atau yang dulunya bernama Piala Champions. Berikut INDOSPORT menyajikan sosok Milos Milutinovic. 


1. Profil Singkat

Miloš Milutinović

Milos Milutinovic dilahirkan di Bajina Basta, Yugoslavia, atau yang kemudian pecah menjadi Serbia & Montenegro, lalu menjadi Serbia. Milos Milutinovic lahir pada tanggal 5 Februari 1933. 

Milos mempunyai dua orang adik yang juga berkarier di dunia sepak bola, Milorad Obrad Milutinovic, dan Bora Milutinovic. 

Milorad, merupakan rekan setim Milos di Partizan Belgrade dan di Timnas Yugoslavia saat berlaga di Piala Dunia 1954 dan Piala Dunia 1958. 

Baca Juga

Sedangkan Bora yang lebih muda 11 tahun dari Milos, juga pernah berseragam Partizan Belgrade, dan sudah malang melintang sebagai pelatih. Timnas Meksiko, Kosta Rika, Amerika Serikat, Nigeria, China, Jamaica hingga Irak, pernah dilatih oleh Bora Milutinovic. 

Milos Milutinovic meninggal pada usia 69 tahun di Belgrade, Serbia & Montenegro, pada 28 Januari 2003 lalu. 


2. Jejak Karier

Miloš Milutinović

Milos Obrad Milutinovic, memulai karier profesional sebagai pesepak bola di klub yang juga membesarkan namanya, FK Partizan atau yang lebih dikenal dengan nama Partizan Belgrade. Milos menghabiskan enam tahun bersama Partizan. 

Milos kemudian pindah ke OFK Beograd sebelum memperkuat Bayern Munchen pada musim 1960/61. Usai Munchen, Milos berpetualang ke RC Paris, Stade Francais, dan kembali ke OFK Beograd pada musim 1968/69. 

Baca Juga

Meski membela cukup banyak klub, namun bersama Partizan lah karier Milos melesat. Ia mencetak 53 gol dari 87 penampilan, termasuk 8 gol yang ia cetak di Liga Champions musim 1955/56. 

8 gol tersebut, menahbiskan nama Milos Milutinovic sebagai top skor pertama Liga Champions. 


3. Julukan yang Melekat

Miloš Milutinović

Dengan skill yang sangat mumpuni sebagai seorang striker atau winger, banyak julukan yang melekat kepada Milos Milutinovic. Salah satunya adalah Plava Cigra atau The Blond Buzzer. 

Baca Juga

Julukan lain yang dimiliki oleh Milos Milutinovic adalah Football Magician, atau Pesulap Sepal Bola. Milos dapat dengan cepat berpindah dari sisi luar ke sisi dalam pertahanan, sangat cepat dan sangat sulit dijaga, dan mempunyai kontrol bola yang sangat baik. 

Ikuti Terus Berita Seputar Liga Champions dan Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Cristiano RonaldoLionel MessiLiga ChampionsSerbiaLegenda OlahragaBola InternasionalYugoslavia

Berita Terkini