x

5 Pemain 'Asing' di Piala AFF 2018 yang Patut Dinanti Aksinya

Kamis, 8 November 2018 16:46 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Trofi Piala AFF

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola terakbar di Benua Asia Tenggara, Piala AFF 2018 kali ini kian dihiasi sejumlah talenta sepak bola dari berbagai negara partisipan. 

Meski demikian, salah satu yang menarik lain dan patut dinanti adalah para pemain kelahiran luar negeri, yang dikabarkan akan memperkuat negara yang dibelanya di ajang Piala AFF 2018 ini.

Baca Juga

Tim-tim seperti Indonesia, Filipina, dan Thailand memiliki pemain yang tidak dilahirkan di negara tersebut, tetapi memilih untuk menyesuaikan diri di Benua Asia Tenggara dan membela timnas sepak bola masing-masing untuk berduel di ajang Piala AFF 2018.

Lantas, siapa sajakah pemain-pemain 'asing' tersebut? Berikut INDOSPORT rangkum lima pemain berdarah asing yang akan tampil di Piala AFF 2018.


1. Neil Etheridge (Filipina)

Neil Etheridge.

Neil Ehteridge menjadi salah satu nama besar yang dipanggil Timnas sepak bola Filipina untuk bermain di Piala AFF tahun ini. 

Etheridge, yang kini memperkuat klub Premier League Inggris bernama Cardiff City, lahir di Enfield, London dan sempat membukukan satu penampilan internasional bersama timnas Inggris U-16. 

Selain itu, Etheridge diketahui juga pernah mengecap pengalaman di sejumlah klub Eropa seperti Bristol Rovers, Charlton Athletic, and Crewe Alexandra.  

Baca Juga

Kiper 27 tahun ini pun disebut-sebut sebagai pembawa kebangkitan bagi sepak bola Filipina. 

Mika Chunuonsee (Thailand)

Mika Chunuonsee (kiri) saat menghadapi Liverpool

Pemain 29 tahun berdarah Wales-Thailand ini telah menghabiskan dua tahun di klub muda Cardiff City sebelum bergabung dengan Bryntirion Athletic pada 2007.
 
Dia juga sempat menghabiskan dua tahun di berbagai klub Wales sebelum tiba di Thailand untuk bermain untuk Muangthong United. 


2. Philip Roller (Thailand)

Philip Roller, pemain naturalisasi Timnas Thailand

Philip Roller merupakan pemain sepak bola yang lahir di Munchen, Jerman, dari seorang ayah Jerman dan ibu Thailand.

Pemain 24 tahun itu kini bermain untuk Ratchaburi Mitr Phol usai sebelumnya menempuh karier di beberapa klub Jerman seperti TSV Grunbach dan SVN Zweibrucken.

Stephan Schrock (Filipina)

Bintang Timnas Filipina, Stephan Schrock (tengah) ketika berhadapan dengan Timnas Singapura.

Lahir di Schweinfurt, Jerman Barat, Stephan Schrock merupakan salah satu pemain Filipina yang berpengalaman di Piala AFF.

Baca Juga

Di usia 32 tahun, Schrock telah menghimpun banyak pengalaman, antara lain denga bermain di tim Bundesliga seperti 1899 Hoffenheim dan Eintracht Frankfurt dan SpVgg Greuther Furth.

Dia saat ini bermain dengan Ceres-Negros, di mana perannya di atas lapangan bertukar dari gelandang dan bek. Kemampuannya dalam adaptasi posisi itulah yang membuat dirinya dipanggil ke Timnas Filipina meskipun usianya sudah tak lagi muda.


3. Stefano Lilipaly (Indonesia)

Stefano Lilipaly.

Lahir di Arnhem dari seorang ayah Indonesia dan ibu keturunan Belanda, Stefano Lilipaly tampil sebagi best XI di Piala AFF 2016 lalu.

Bintang klub sepak bola Bali United itu memulai karier sepak bola mudanya bersama DCG, AZ Alkmaar dan FC Utrecht sebelum berpindah ke Pulau Dewata, Bali.

Baca Juga

Lilipaly adalah bagian dari tim U-17 Belanda tetapi beralih ke Indonesia untuk skuad U-23. Dia memainkan lima pertandingan dan mencetak empat gol dalam kiprahnya.

Penulis: Bagas Rahadian

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Stefano LilipalyPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2018Neil EtheridgeTRIVIA

Berita Terkini