x

Menilai 3 Kiper Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, Siapa yang Utama?

Kamis, 8 November 2018 15:54 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM - PSSI selaku induk sepak bola Indonesia telah memanggil 23 nama untuk membela Timnas Indonesia di kompetisi sepak bola Piala AFF 2018, 3 di antaranya adalah kiper.

Tiga kiper yang dipercaya untuk menjadi penjaga gawang utama Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 ialah Andritany Ardhiyasa, Muhammad Ridho Djazulie, dan Awan Setho Raharjo.

Ketiganya dipilih karena sudah menjadi langganan Timnas Indonesia era pelatih Luis Milla sejak 2017 hingga 2018. Kini di bawah naungan juru taktik Bima Sakti, ketiganya kembali dipercaya untuk ajang Piala AFF 2018.

Baca Juga

Dari tiga kiper yang saat ini disiapkan untuk menjadi penjaga gawang Timnas Indonesia, kemungkinan besar nama Andritany Ardhiyasa adalah kandidat kuat sebagai kiper utama di Piala AFF 2018.

Namun meski begitu mari sama-sama melihat peluang ketiganya dalam menjadi kiper Timnas Indonesia. Oleh karenanya INDOSPORT coba menyajikan penilaian terhadap tiga kiper ini di ajang Piala AFF 2018.


1. Andritany Ardhiyasa

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa dalam laga persahabatan menghadapi Korea Selatan U-23.

Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa digadang-gadang akan menjadi kiper utama bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Hal ini merujuk dengan pengalaman bertandingnya yang sangat banyak.

Andritany telah memperkuat Timnas Indonesia level senior sejak 2014 lalu. Berbagai kompetisi level internasional telah dijalaninya kala berbaju Timnas Indonesia.

Meski begitu Andritany kerap menjadi pilihan kedua lantaran posisi kiper utama masih dipegang oleh Kurnia Meiga Hermansyah saat itu, sebelum menepi dari dunia sepak bola akibat penyakit misteriusnya.

Baca Juga

Kendati demikian, menurut statistik yang ditelurkannya, Andritany memiliki presentase clean sheet (nirbobol) sebanyak 41 persen dengan rincian tujuh clean sheet dari 17 kali bermain bersama Persija di Liga 1.

Lalu Andritany juga kebobolan sebanyak 19 kali dalam 17 partai yang sudah dijalaninya pada musim 2018. Namun pada musim 2017 lalu, Andritany mampu mencatatkan 14 clean sheet dan dinobatkan sebagai kiper terbaik.

Apalagi pada Piala AFF 2016 lalu, ia mampu membawa Timnas Indonesia mencapai runner-up. Melihat rangkaian angka tadi, memang terlihat jelas kalau Andritany merupakan kandidat kuat mengisi posisi utama kiper Timnas Indonesia.


2. Awan Setho Raharjo

Awan Setho Raharjo dalam jumpa pers.

Kemudian kandidat selanjutnya adalah Awan Setho Raharjo. Kiper utama miliki Bhayangkara FC ini juga bisa saja menjadi penjaga gawang utama Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Awan Setho mulai promosi ke skuat Timnas Indonesia (senior) selepas SEA Games 2017 lalu. Dirinya bahkan didapuk sebagai kiper Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di Asian Games 2018.

Meski begitu, Awan Setho memiliki catatan apik ketika membela Bhayangkara FC di Liga 1 2018. Total Awan Setho telah mencatatkan tujuh clean sheet (nirbobol) sejauh ini dari 20 partai yang sudah dilakoninya.

Baca Juga

Lebih lanjut Awan Setho juga kemasukan sebanyak 25 kali dari 20 pertandingan di Liga 1 2018 bersama Bhayangkara FC. Catatan ini tentu bisa saja menjadi langkah Awan Setho mengisi posisi kiper utama Timnas Indonesia.

Apalagi Awan Setho memiliki refleks yang bagus. Selain itu Awan Setho juga bisa menjadi pemain yang menilai serangan dari bawah. Hal ini berkat tempaan ketika Awan Setho membela Timnas Indonesia U-19 lalu.


3. Muhammad Ridho Djazulie

Kiper Borneo FC, Muhammad Ridho.

Terakhir ada nama anyar lainnya, yakni Muhammad Ridho Djazulie. Kiper utama Borneo FC ini juga siap mengisi posisi penjaga gawang utama Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Nama Muhammad Ridho mulai merebak ke permukaan ketika mampu menyajikan penampilan apik di Liga 1 musim 2017 lalu. Pada musim tersebut Ridho sukses membuat 104 kali saves (penyelamatan).

Pencapaian tadi juga membuat Ridho sukses mengungguli seniornya Andritany yang hanya membuat 92 saves sepanjang Liga 1 2017 lalu.

Baca Juga

Namun pada musim 2018, Muhammad Ridho baru mencatatkan tiga kali clean sheet (nirbobol) saja dari 13 pertandingan yang sudah dijalani. Selain itu Ridho juga telah kebobolan sebanyak 18 kali sejauh ini.

Kendati begitu Ridho malah berhasil mencuri perhatian ketika Timnas Indonesia melakukan uji coba melawan Hong Kong. Ridho beberapa kali harus terbang untuk menepis bola-bola serangan lawan.

Jika melihat catatan di atas, Ridho tampaknya juga sangat layak untuk menjadi kiper utama Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

Baca Juga

Di sisi lain, keputusan siapa yang akan menjadi kiper utama nantinya akan ditentukan oleh pelatih Bima Sakti. Pastinya mereka harus siap mengemban tugas negara di pentas internasional.

Terus Ikuti Update Timnas Indonesia dan Berita Piala AFF 2018 Lainnya di INDOSPORT.COM.

Timnas SeniorTim Nasional IndonesiaKiperTimnas IndonesiaAndritany ArdhiyasaPiala AFFBola InternasionalAwan Setho RaharjoMuhammad Ridho DjazuliePiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini