x

4 Pelatih Sepak Bola yang Paling Dirindukan di Piala AFF

Jumat, 9 November 2018 16:54 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM – Turnamen sepak bola Piala AFF telah masuk edisi ke-11 sejak pertama kali dihelat pada tahun 1996. Timnas Thailand menjadi penguasa turnamen ini dengan raihan 5 gelar juara.

Piala AFF merupakan panggung bagi negara-negara Asia Tenggara untuk unjuk gigi. Tidak hanya pemain, para pelatih ternama turut hadir membesut tim-tim negara ASEAN.

Terbaru, Timnas Fililpina mendatangkan eks pelatih Timnas Inggris, Sven-Goran Eriksson, sebagai arsitek tim. Ia akan berduet dengan Scott Cooper didebut pertamanya pada Piala AFF 2018.

Baca Juga

Selain itu, Thailand juga dibesut oleh pelatih kelas Piala Dunia, yakni Milovan Rajevac. Piala AFF 2018 akan menjadi panggung bagi sembilan pelatih debutan, kecuali pelatih Laos.

Namun demikian, Piala AFF tidak lepas dari beberapa sosok pelatih yang identik. Namanya akan selalu dikenang karena sukses membawa prestasi bagi negaranya.

Berikut INDOSPORT merangkum empat pelatih yang dirindukan di Piala AFF.


1. Rajagopal Krishnasamy

Rajagopal Krishnasamy

Rajagopal Krishnasamy merupakan pelatih yang paling identik dengan Timnas Malaysia. Ia memiliki perawakan yang mudah diingat dengan rambut putih dan tubuh kurusnya.

Pelatih yang kini berusia 62 tahun ini berhasil membawa Malaysia meraih juara Piala AFF untuk pertama kalinya pada tahun 2010. Kala itu, Malaysia mengalahkan Timnas Indonesia di laga final.

Baca Juga

Rajagopal Krishnasamy terakhir melatih PKNS FC di kompetisi sepak bola Malaysia. Ia mendapatkan gelar Datuk pada tahun 2011 berkat prestasinya.


2. Radojko Avramovic

Radojko Avramovic

Tidak banyak yang mengenal Radojko Avramovic, namun ia memiliki banyak prestasi bersama Timnas Singapura. Setelah lama melatih Kuwait, ia mendedikasikan dirinya selama 9 tahun untuk Singapura dari tahun 2002 hingga 2012.

Radojko Avramovic total telah melatih Singapura dalam 64 pertandingan. Ia membukukan catatan 24 kemenangan, 13 seri, dan 27 kekalahan dengan persentase kemenangan 37,5 persen.

Pelatih asal Serbia ini sukses memberikan tiga gelar Piala AFF pada edisi 2004, 2007, dan 2012. Pada tahun 2004, Singapura yang berisi pemain naturalisasi sukses mengalahkan Timnas Indonesia di final.

Kiatisuk Senamuang

Kiatisuk Senamuang merupakan salah satu pemain dan pelatih tersukses di Asia Tenggara. Ia mampu meraih juara Piala AFF sebagai pemain dan pelatih sekaligus.

Pemain dengan panggilan Zico itu meraih tiga gelar Piala AFF sebagai pemain (1996, 2000, 2002) dan dua kali sebagai pelatih (2014, 2016).

Kiatisuk Senamuang.

Di tangannya, Timnas Thailand mampu bermain atraktif dengan skema umpan satu-dua ala tiki taka. Di usianya yang masih muda, Kiatisuk Senamuang kini belum memutuskan pelabuhan barunya sebagai pelatih.


3. Alfred Riedl

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl menatap trofi Piala AFF Suzuki CUp 2016.

Alfred Riedl barangkali merupakan pelatih Timnas Indonesia di era modern yang paling dirindukan. Betapa tidak, ia sukses membawa skuat Garuda dua kali ke final Piala AFF (2010, 2016).

Di edisi terakhir, Alfred Riedl bahkan mampu membangun Timnas Indonesia setelah lepas dari sanksi FIFA. Ia sanggup meracik tim dengan keterbatasan pemain yang ada.

Baca Juga

Alfred Riedl sejauh ini menjadi pelatih Timnas Indonesia paling sukses di Piala AFF. Namun demikian, rekornya dapat dipatahkan oleh Bima Sakti yang tahun ini mengejar pencapaian sebagai pemain dan pelatih Indonesia yang tampil di Piala AFF.

Ikuti Terus Update Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Alfred RiedlPiala AFFBola InternasionalKiatisuk SenamuangTRIVIA

Berita Terkini