x

Dikuasai Emosi, Ini 3 Kartu Merah Timnas Indonesia di Piala AFF

Minggu, 11 November 2018 10:15 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak

INDOSPORT.COM – Kartu merah mewarnai kekalahan Timnas Indonesia atas Singapura di pertandingan pertama turnamen sepak bola Piala AFF 2018.

Bertanding di National Stadium, Kallang, Jumat (09/11/18), Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tuan rumah Singapura dengan skor 0-1. Gol tunggal Singapura dicetak oleh kapten Hariss Harun di menit ke-37.

Kekalahan tersebut terasa lebih menyakitkan tatkala bek sayap kanan Timnas Indonesia, Putu Gede Juni Antara, harus diusir wasit di akhir babak kedua. Ia mendapatkan kartu kuning kedua usai melanggar keras pemain Singapura.

Baca Juga

Kartu merah yang diterima Putu Gede tentu merugikan skuat asuhan Bima Sakti. Terlebih, ia harus absen di laga berikutnya melawan Timor Leste, Selasa (13/11/18), di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Emosi kembali menjadi permasalahan serius bagi para pemain Timnas Indonesia. Mereka seolah tidak belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya.

Berikut INDOSPORT.com menghadirkan 3 kartu merah Timnas Indonesia di Piala AFF akibat permasalahan emosi.


1. Putu Gede

I Putu Gede melakukan tekel kepada rekannya.

Putu Gede tampil sebagai pemain inti di pertandingan Singapura vs Timnas Indonesia. Ia mendapatkan kartu kuning pertama terlebih dahulu di menit ke-60.

Timnas Indonesia menguasai pertandingan dan membutuhkan gol untuk menyamakan kedudukan. Septian David sempat terpancing emosinya di babak tambahan waktu.

Rasa frustasi yang menghampiri pemain Timnas Indonesia turut berpengaruh terhadap cara pengambilan bola terhadap lawan. Putu Gede tidak tenang dalam menghentikan bola udara dan justru melakukan aksi antisipasi keras yang kurang perlu.

Bola sebenarnya sudah hampir meninggalkan lapangan, namun Putu Gede memaksakan diri menerjang lawan. Alhasil, keributan terjadi dan Putu Gede diusir wasit karena aksinya tersebut.


2. Abduh Lestaluhu

Abduh Lestaluhu

Jauh sebelumnya di final putaran kedua Piala AFF 2016, Abduh Lestaluhu menerima kartu merah di akhir babak kedua. Ia hendak mengambil lemparan ke dalam, namun bola justru sulit ia dapatkan di kondisi yang genting.

Bek kiri Timnas Indonesia itu lantas meluapkan emosinya dengan menendang bola ke arah bench pemain Thailand. Hal itu membuat para pemain pengganti dan staf kepelatihan Thailand ikut bereaksi.

Namun demikian, wasit langsung sigap mengambil keputusan. Abduh Lestaluhu langsung diganjar kartu merah dan meninggalkan lapangan di saat Timnas Indonesia membutuhkan satu gol di tambahan waktu babak kedua.


3. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani (17) selebrasi gol.

Timnas Indonesia kala itu tengah bertanding melawan Thailand di semifinal Piala AFF U-19 2017. Saddil Ramdani masuk sebagai pemain pengganti.

Ia baru bertanding kurang dari satu menit, namun langsung diganjar kartu merah langsung oleh wasit akibat menyikut pemain Thailand.

Baca Juga

Saddil Ramdani tampak menerima tendangan dari belakang oleh pemain Thailand saat mengontrol bola. Ia lalu melayangkan sikutan ke dada pemain tersebut hingga lawannya tersungkur.

Timnas Indonesia terpaksa bermain dengan 10 orang di sisa pertandingan. Garuda Nusantara akhirnya kalah dan gagal melaju ke partai final.

Ikuti Terus Update Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

Timnas IndonesiaI Putu Gede JuniantaraPiala AFFAbduh LestaluhuBola InternasionalSaddil RamdaniPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini