x

Jangan Terulang, Ini 3 Kekalahan Memalukan Timnas Indonesia dari Thailand

Sabtu, 17 November 2018 15:54 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia ternyata pernah mengalami kekalahan yang sangat memilukan dari Timnas Thailand di ajang sepak bola internasional.

Pertandingan Thailand vs Timnas Indonesia kembali tersaji dalam ajang sepak bola berlabel Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Minggu (17/11/18), pukul 18.30 WIB. Laga ini merupakan partai ketiga penyisihan Grup B.

Timnas Indonesia saat ini telah mengoleksi tiga poin dari dua pertandingan yang telah dijalani (satu kalah dan menang). Sedangkan Timnas Thailand baru bermain sekali dan meraih kemenangan atas Timor Leste (7-0).

Baca Juga

Pertemuan kedua tim sudah sering terjadi dari berbagai level kejuaraan internasional. Tetapi yang paling menguras emosi adalah ketika dua negara ini saling bertemu di ajang kompetisi sepak bola level senior.

Total sudah 79 pertemuan sejauh ini yang sudah dilakoni baik Timnas Thailand maupun Timnas Indonesia sejauh ini. Timnas Indonesia mampu menang 25 kali, imbang 14 kali, dan menelan kekalahan sebanyak 37 kali.

Kendati begitu ternyata Timnas Indonesia ternyata pernah mengalami kekalahan yang begitu memilukan saat bersua Timnas Thailand. Oleh karenanya portal berita olahraga INDOSPORT coba merangkum sejumlah hasil buruk Timnas Thailand vs Timnas Indonesia.


1. 1. President's Cup

Timnas Thailand.

Kekalahan terbesar pertama Timnas Indonesia dari Timnas Thailand terjadi pada ajang turnamen sepak bola internasional President's Cup.

Saat itu pertandingan Timnas Thailand vs Timnas Indonesia terjadi pada 11 Mei 1975. Partai ini berlangsung di Stadion Seoul, Korea Selatan, pada 10 hingga 22 Mei.

Timnas Indonesia saat itu mengirim tim kedua mereka karena tim utama sedang dipersiapkan untuk melakukan turnamen segitiga melawan Ajax Amsterdam dan Manchester United.

Baca Juga

Oleh karena itu pemain-pemain yang dikirim bukanlah yang terbaik. Sehingga pertandingan Timnas Thailand vs Timnas Indonesia B berakhir dengan skor 5-0.

Nasib Timnas Indonesia B ini juga tak mujur di ajang President's Cup. Sebab mereka kalah 0-4 dari Timnas Lebanon, imbang 1-1 dari Timnas Indonesia B, dan kalah 0-3 dari Timnas Korea Selatan.


2. 2. King's Cup

Skuat Timnas Indonesia pada 1981 silam.

King's Cup atau yang lebih dikenal dengan sebutan Piala Raja Thailand juga menjadi turnamen kekalahan terbesar kedua Timnas Indonesia atas Timnas Thailand pada 17 November 1980.

Bertanding dikandang sendiri, Timnas Thailand mampu mengganas di babak pertama. Buktinya mereka telah unggul terlebih dahulu dari Timnas Indonesia dengan skor 3-0.

Kemudian permainan Timnas Indonesia tak kunjung berkembang di babak kedua. Mereka harus kemasukan banyak gol yang membuat skor berkesudahan 6-0 untuk Timnas Thailand.

Baca Juga

Di kompetisi ini juga Timnas Indonesia tak terlalu mujur. Sebab hanya menempati posisi empat dengan mengemas tiga angka dari empat pertandingan sepak bola yang dijalani.

Padahal Timnas Indonesia pernah berjaya di kandang Thailand dengan menjadi juara pada 1968 usai mengalahkan Burma (kini Myanmar) dengan skor 1-0 di babak final.


3. 3. SEA Games 1985

Skuat Timnas Indonesia.

Selanjutnya kekalahan pahit Timnas Indonesia dari Timnas Thailand juga terjadi pada kompetisi sepak bola SEA Games, tepatnya 15 Desember 1985 lalu.

Saat itu Timnas Indonesia masuk dalam Grup A sepak bola putra bersama Timnas Singapura dan Timnas Brunei Darussalam. Meski berjalan tak mulus, Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal dengan status runner up (satu kali seri dan kalah).

Ternyata kelolosan Timnas Indonesia sudah ditunggu oleh juara Grup B, yakni Timnas Thailand di babak semifinal. Bermain di Stadion Supachalasai, Bangkok, Timnas Indonesia tak bisa berbuat apa-apa.

Baca Juga

Sebab pada babak pertama saja, gawang Timnas Indonesia sudah kebobolan sebanyak empat gol. Lalu di babak kedua permainan Timnas Indonesia juga tak kunjung membaik malah kebobolan hingga tiga gol.

Sehingga skor akhir pada laga Timnas Thailand vs Timnas Indonesia adalah 7-0. Prateep Pankhaw (15'), Pichai Kongsri (21', 30', 80'), Surak Chaikitti (27'), dan Piyapong Pue-on (62', 87') adalah para pencetak gol di laga itu.

Terus Ikuti Update Piala AFF 2018 dan Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

SEA GamesTimnas SeniorTim Nasional IndonesiaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandPiala AFF 2018TRIVIA

Berita Terkini