x

3 Kejadian yang Terjadi Terakhir Kali Saat Persija Jakarta Juara Liga Indonesia 2001

Minggu, 9 Desember 2018 15:30 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1 telah memasuki akhir cerita tentang siapa yang juara. Persija Jakarta berpeluang besar untuk menjadi juara Liga 1 2018 andai mampu mengalahkan Mitra Kukar.

Peluang Persija Jakarta semakin terbuka lebar karena pertandingan krusial tersebut akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno. Dengan dukungan penuh dari Jakmania, Persija Jakarta diyakini akan bermain dengan penuh semangat.

Baca Juga

Terlebih Persija Jakarta dalam dua laga terakhir di GBK, selalu meraih kemenangan dengan skor identik 3-0. Jika Persija Jakarta berhasil menjadi juara, maka itu akan menuntaskan dahaga gelar yang terakhir kali diraih pada tahun 2001.

Uniknya, saat 17 tahun yang lalu, terjadi sejumlah kejadian yang rasanya akan sulit untuk terjadi lagi saat ini. Jika Persija Jakarta menjadi juara, bukan tidak mungkin 3 kejadian lawas itu akan ikut terulang juga dalam waktu dekat ini.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com merangkum dalam 3 kejadian yang terjadi saat terakhir kali Persija Jakarta juara Liga Indonesia 2001


1. Roma Juara Liga Italia

Caption

Bagi penggemar sepak bola modern pasti hanya mengenal Juventus sebagai penguasa Liga Italia. Akan tetapi jauh sebelum itu, tepatnya pada 2001, AS Roma adalah juara Liga Italia dengan perolehan poin yang lebih tinggi dibanding Juventus.

Baca Juga

Roma saat itu memang sangat kuat dengan diperkuat oleh Gabriel Batistuta yang sanggup mencetak 20 gol dalam semusim. Apalagi Roma tengah ditangani oleh Fabio Capello yang merupakan pelatih kelas wahid di Italia.


2. Liverpool Treble Winner

Logo Liverpool.

Jika Manchester United adalah tim Inggris pertama yang berhasil meraih gelar treble winner alias tiga gelar juara dalam setahun. Liverpool juga tidak mau kalah dengan berhasil menyabet tiga gelar juara di tahun 2001.

Baca Juga

Liverpool tercatat adalah juara Liga Europa, Piala FA, dan Piala Liga Inggris. Liverpool saat itu memang diperkuat oleh sejumlah pemain jempolan seperti Michael Owen, Steven Gerrard, dan Robbie Fowler serta pelatih bertangan dingin bernama Gerard Houllier.


3. Manchester City Terdegradasi

Logo Manchester City.

Rasanya sangat tidak mungkin untuk melihat Manchester City terdegradasi dari Liga Inggris. Pasalnya saat ini skuat asuhan Pep Guardiola adalah tim berperingkat kedua dalam tabel klasemen untuk sementara di bawah Liverpool.

Baca Juga

Namun percaya atau tidak, Manchester City nyatanya pernah terdegradasi di Liga Inggris pada tahun yang sama ketika Persija Jakarta menjadi juara. Tapi dalam kurun waktu dua tahun, Manchester City berhasil naik lagi ke Premier League dan berkembang menjadi raksasa Inggris seperti yang kita kenal saat ini.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM