x

Tetap Moncer, Ini 3 Super-Sub Terbaik di Liga 1 2018

Kamis, 13 Desember 2018 21:08 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Ferdinand Sinaga resmi gabung Kelantan FA.

INDOSPORT.COM - Kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 baru saja berakhir, Minggu (09/12/18) lalu. Dengan Persija Jakarta resmi menjadi juara Liga 1 2018.

Beberapa gelar, seperti gelar pemain terbaik resmi diberikan kepada gelandang Persija Jakarta, Rohit Chand. 

Selain itu, ada juga para pemain yang banyak mencetak gol atau disebut top skorer Liga 1 2018. Striker PS TIRA, Aleksandar Rakic berhasil menjadi top skorer dengan torehan 21 gol.

Baca Juga

Bergeser sedikit dari top skorer atau pemain terbaik, yang tentunya memiliki kontribusi besar untuk timnya, ada juga pemain yang biasa disapa super-sub untuk timnya.

Istilah super-sub digunakan untuk seorang pemain yang bermain sebagai pemain pengganti di tengah pertandingan, dan mampu mencetak gol atau assist bagi timnya.

Baca Juga

Siapa saja di Liga 1 2018 yang memegang predikat tersebut? Berikut INDOSPORT coba rangkum para pemain yang pantas disebut super-sub di sepanjang musim ini.


1. Dendi Sulistyawan

Striker anyar Persela Lamongan, Dendy Sulistiawan cetak hattrick ke gawang Persipura.

Dendi Sulistyawan termasuk super-sub terbaik di Liga 1 2018. Bermain untuk dua klub berbeda, Bhayangkara FC dan Persela Lamongan, dia mampu menunjukkan kualitasnya meski jarang dimainkan sebagai starter.

Bersama dua klub tersebut, Transfermarkt mencatat Dendi bermain sebagai pemain pengganti sebanyak 13 kali, dengan torehan empat gol dan dua assist.

Baca Juga

Catatan tersebut, menempatkan Dendi Sulistyawan sebagai super-sub terbaik urutan ketiga di Liga 1 2018.


2. Ahmad Hardianto

Ahmad Nur Hardianto melakukan selebrasi gol setelah membobol gawang Persebaya di menit 69.

Yang kedua adalah Ahmad Hardianto, yang bergabung ke Arema FC dari Persela Lamongan pada Januari 2018 lalu, jelang Liga 1 2018 dimulai.

Ahmad Hardianto tampil sebanyak 15 kali untuk Arema FC di musim ini, dengan mencetak sebanyak lima gol dan tiga assist.

Baca Juga

Yang luar biasa, catatan lima golnya tersebut berasal dari 12 penampilannya sebagai pemain pengganti. Bahkan dua dari tiga assist yang dia sumbangkan juga tidak sebagai starter.


3. Ferdinand Sinaga

Player To Watch Ferdinand Sinaga (PSM Makassar)

Bergabung ke klub Malaysia, Kelantan FA pada awal tahun 2018, Ferdinand Sinaga kembali pulang ke PSM Makassar tepat sebelum Liga 1 2018 dimulai, Maret lalu.

Tidak banyak yang mengetahui, ternyata Ferdinand Sinaga cukup banyak bermain sebagai pemain pengganti dan tetap berpengaruh untuk PSM, yang membuatnya layak disebut super-sub terbaik di musim ini.

Baca Juga

Ferdinand Sinaga bermain sebagai pemain pengganti sebanyak 17 kali dengan torehan enam gol untuk PSM Makassar. Terbanyak untuk pemain pengganti.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Ferdinand SinagaRohit ChandLiga IndonesiaDendy SulistyawanLiga 1Ahmad NurhadiyantoAleksandar Rakic

Berita Terkini