x

3 Wasit Liga 1 2018 yang Paling Sering Beri Penalti

Sabtu, 15 Desember 2018 16:05 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ilustrasi Wasit Liga 1 2018.

INDOSPORT. COM - Gelaran kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 telah merampungkan kompetisinya. Ada sejumlah catatan menarik sepanjang musim, salah satunya terkait nama-nama wasit yang paling sering memberikan hadiah penalti.

Ya, pada akhir pekan lalu, ajang Liga 1 2018 telah resmi berakhir. Persija Jakarta pun keluar sebagai juara karena bisa berada di posisi pertama pada klasemen akhir.

Baca Juga

Selain soal tim juara, gelaran Liga 1 2018 juga memunculkan fakta-fakta menarik lainnya. Salah satu yang patut untuk dibahas ialah terkait kinerja wasit sepak bola.

Bila ditelisik lebih jauh, gelaran Liga 1 2018 ternyata memiliki beberapa wasit 'baik hati'. Saking baiknya, mereka jadi wasit yang paling sering memberikan hadiah penalti.

Baca Juga

Lalu, siapa sajakah para wasit Liga 1 2018 yang paling sering memberikan hadiah tendangan penalti tersebut? Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mencoba merangkumnya ke dalam ulasan singkat berikut ini berdasarkan catatan situs Transfermarkt.


1. Ikhsan Prasetya Jati

PS TIRA vs Arema FC.

Wasit 'baik hati' yang pertama bernama Ikhsan Prasetya Jati. Pada gelaran Liga 1 2018, Ikshan dipercaya untuk memimpin delapan pertandingan.

Uniknya, dari delapan pertandingan yang dipimpinnya, Ikhsan sudah lima kali memberikan hadiah penalti. Paling banyak terjadi di laga antara Persela Lamongan vs Persib Bandung pada 1 Desember 2018, Ikhsan sampai memberikan dua hadiah penalti.

Baca Juga

Kala itu, pertandingan harus berakhir dengan skor imbang 1-1. Satu gol yang dibukukan masing-masing tim ternyata hasil dari tendangan penalti yang diberikan Ikhsan.


2. Novari Ikhsan Arilaha

Wasit Novari Ikhsan.

Wasit 'baik hati' kedua bernama Novari Ikhsan Arilaha. Sosoknya pada gelaran Liga 1 2018 telah dipercaya untuk memimpin sebanyak 13 pertandingan.

Novari pun menjadi wasit kedua terbanyak yang memberikan hadiah penalti. Pasalnya, sepanjang kiprahnya di Liga 1 2018, Novari telah memberikan enam hadiah penalti.

Baca Juga

Novari sendiri paling banyak memberikan hadiah penalti di laga antara Bali United vs Persela Lamongan pada 11 September 2018. Kala itu, pada pertandingan yang berakhir dengan skor 3-2, Novari memberikan dua hadiah tendangan penalti.


3. Musthofa Umarella

Mustofa Umarella salah satu wasit Liga 1 2018.

Wasit paling 'baik hati' di gelaran Liga 1 2018 bernama Musthofa Umarella. Selama gelaran kompetisi, Umarella telah memimpin sebanyak 27 pertandingan.

Umarella pun jadi wasit yang paling sering memberikan hadiah penalti di Liga 1 2018. Pasalnya ia diketahui telah memberikan delapan tendangan penalti sepanjang musim.

Baca Juga

Kebaikan hati Umarella dalam memberikan tendangan penalti bisa terlihat dalam laga Madura United vs Arema FC pada 21 April 2018 lalu. Kala itu, Umarella memberikan dua hadiah penalti dan laga berakhir dengan skor 3-2.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

WasitPenaltiLiga IndonesiaLiga 1TRIVIA

Berita Terkini