x

3 Faktor yang Buat Liverpool Bisa Benamkan Manchester United

Minggu, 16 Desember 2018 16:08 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Lanjar Wiratri
Jose Mourinho, Pelatih Man United.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola paling bergengsi di Inggris, Premier League akan memainkan sejumlah pertandingan yang diyakini akan berjalan sangat menarik hari ini Mingu (16/12/18). Salah satunya adalah duel Liverpool vs Manchester United. Berikut INDOSPORT merangkum 3 faktor yang membuat Liverpool bisa membenamkan tim tamu.

Inilah laga big match sesungguhnya yang mempertemukan dua tim yang paling sukses di Inggris. Liverpool adalah tim yang telah memenangkan Liga Inggris sebanyak 18 kali, sedangkan Manchester United adalah pemenang 20 kali juara Liga Inggris.

Baca Juga

Manchester United unggul 2 gelar juara Liga Inggris dibanding Liverpool, tetapi pertandingan malam nanti tidak bisa disimpulkan langsung kalau merekalah yang bakal menjadi pemenang. Jika mengacu pada konsistensi permaianan dan posisi di klasemen, Liverpool justru sangat diunggulkan.

Akan tetapi Liverpool punya 3 faktor lain yang sepertinya cukup untuk membenamkan Manchester United malam nanti. Jika Liverpool mampu memanfaatkan 3 faktor ini dengan baik, mereka akan kembali menjadi pemuncak klasemen sementara yang saat ini ditempati oleh Manchester City.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT rangkum dalam 3 faktor yang buat Liverpool bisa benamkan Manchester United.


1. Liverpool Tak Terkalahkan Musim Ini

Liverpool vs Manchester United

Liverpool saat ini adalah satu-satunya tim di Liga Inggris yang tak mengenal kata kalah dalam kamusnya. Liverpool musim ini memang sangat luar biasa sehingga mereka sangat sulit sekali untuk dikalahkan oleh lawan-lawannya termasuk oleh Chelsea dan Manchester City.

Baca Juga

Salah satu penyebab betapa tangguhnya Liverpool adalah dewasanya Jurgen Klopp sebagai pelatih untuk lebih menurunkan tempo permainan ketika sudah unggul. Hal itu sangat bagus karena dapat menghemat energi Liverpool untuk pertandingan selanjutnya.

Hasilnya, Liverpool bermain sangat konsisten di musim ini dan itu berbanding terbalik dengan apa yang terjadi pada Manchester United. Tercatat dalam 16 pertandingan, mereka sudah merasakan kekalahan sebanyak 4 kali.


2. Pertahanan Manchester United Sangat Buruk

Shaqiri berselebrasi usai mencetak gol melawan Cardiff City.

Tak hanya jumlah kekalahan yang sangat banyak, Manchester United juga miliki pertahanan yang sangat buruk untuk Premier League musim ini. Mereka sudah kebobolan 26 kali hanya dalam 16 pertandingan saja, tentu ini bertolak belakang dengan strategi Mourinho yang lebih bertahan.

Penampilan penjaga gawang David De Gea juga tak secermelang musim lalu, tapi jika menyalahkan De Gea saja rasanya tidak adil. Biar bagaimanapun pertahanan Manchester United sejak musim lalu memang sudah kacau balau, jika bukan De Gea yang berdiri di bawah mistar, mungkin Setan Merah sudah terlempar dari papan atas.

Baca Juga

Mungkin ini menjadi alasan Jose Mourinho sebagai pelatih terus meminta untuk membeli pemain bertahan berkualitas yang baru. Tetapi jika kita menganalisis lebih dalam, lini serang Manchester United juga cukup buruk dengan hanya mampu mencetak 28 gol yang menjadikan mereka sebagai tim dengan produktivitas terburuk di jajaran big six.


3. Trio Lini Depan Liverpool Sangat Menakutkan

Trio andalan Liverpool: Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Kabar buruk untuk Manchester United karena lini pertahanan rapuhnya harus berhadapan dengan lini serang yang berbahaya milik Liverpool. Trio penyerang Liverpool yang akrab disebut dengan trio ‘firmansah’, Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah adalah sosok kunci mengapa lini serang The Reds sangat menakutkan.

Bayangkan saja kombinasi dari mereka bertiga sudah menghasilkan 20 gol dari total 34 gol Liverpool. Rinciannya, Mohamed Salah adalah topskor dengan torehan 10 gol, Sadio Mane dengan 6 gol dan sisanya menjadi milik Roberto Firmino.

Baca Juga

Satu hal lagi yang membuat lini serang Liverpool sangat menakutkan adalah cairnya pergerakan trio firmansah yang selalu tidak terdeteksi oleh lini pertahanan lawan akan siapa bakal menyerang. Apalagi Mane dan Salah diberkahi kecepatan yang sangat luar biasa sehingga membuat serangan lebih berbahaya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT