x

10 Pemain Terbaik di Dunia Tahun 2018 Versi INDOSPORT (Part 1)

Rabu, 26 Desember 2018 15:34 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil
Kante pemain sepak yang mempunyai gelar sarjana akuntansi

INDOSPORT.COM - Tak terasa kita sudah memasuki akhir tahun 2018 yang telah menjadi saksi berbagai ajang sepak bola bergengsi digelar. Ada banyak cerita yang bisa dikulik bagaimana sepak bola semakin berkembang menjadi suatu industri di dewasa ini.

Tak bisa dipungkiri juga kalau mendekati bulan Januari tahun depan, sebagian besar klub-klub Eropa tengah gencar mencari pemain-pemain terbaik yang mau diajak bergabung guna menambah kekuatan. Para pencari bakat di berbagai belahan dunia pun segera mencari para pemain terbaik.

Baca Juga

Ada banyak indikator mengapa seorang pemain dapat masuk dalam kategori yang terbaik. Mulai dari statistik yang terlihat seperti gol dan assists atau bahkan gelar juara hingga yang tak terlihat seperti bagaimana ia menjadi inspirasi bagi rekannya dan pergerakan tanpa bola yang ia lakukan.

Di tahun 2018 sendiri telah berbagai macam pemain sepak bola yang masuk dalam kategori terbaik. Untuk itu, INDOSPORT.com telah merangkum 10 pemain terbaik di dunia untuk tahun 2018, sebagai catatan dalam artikel ini hanyalah deretan peringkat kesepeluh hingga keenam terlebih dahulu.


1. 10. Virgil Van Dijk

Selebrasi Virgil van Dijk usai cetak gol ke gawang Wolves, Sabtu (22/12/18).

Pemain bertahan asal Belanda yang mirip dengan kiper asal Indonesia, Jandia Eka Putra ini memang layak menjadi salah satu yang termahal di posisinya. Virgil Van Dijk adalah salah satu kunci mengapa Liverpool memiliki pertahanan terbaik di Premier League hingga pekan ke-18 dengan hanya kebobolan 7 kali.

Statistik dari Sky Sports, menunjukan kalau ia tampil dalam 31 pertandingan di tahun ini dengan catatan cleansheets sebanyak 16 kali. Semakin mentereng jika menilik bagaimana ia memenangi duel udara sebanyak 151 kali dan tanpa melakukan blunder yang berujung pada sebuah gol.

Dari sisi yang tak terlihat, Van Dijk merupakan sosok pemimpin di lini pertahanan Liverpool, ia berhasil memberi contoh bagi Joe Gomez untuk bermain lugas di awal musim ini. Dan satu lagi kemampuan Van Dijk adalah ia mampu mencetak beberapa gol penting seperti kala mengalahkan Wolves yang lalu.

9. Luis Suarez

Luis Suarez berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Rayo Valecano.

Jika kita berbicara Luis Suarez, pasti memori yang teringat adalah betapa kontroversialnya dari dirinya di masa lalu. Mulai dari menggigit telinga, pundak, hingga tangan, Suarez adalah tipikal penyerang yang rela melakukan apa saja asal bisa mencetak gol.

Di usianya yang sudah menua, Suarez telah menjadi orang yang lebih dewasa dalam sikapnya sehingga sekarang ia tampak tidak melakukan aksi ‘kanibal’ itu, atau mungkin belum? Tapi satu hal yang pasti adalah ketajamannya tidak berkurang sama sekali di tahun ini.

Di Piala Dunia 2018, Suarez adalah komponen penting dalam Uruguay yang berhasil melaju ke babak perempatfinal lagi setelah terakhir di 2010. Sementara di Barcelona, catatan 11 gol dari 16 pertandingan telah membuktikan dirinya masih bisa menjadi andalan bersama Lionel Messi.


2. 8. N’Golo Kante

NGolo Kante bersama trofi Piala Dunia 2018.

Salah satu gelandang bertahan terbaik saat ini adalah N’Golo Kante yang saat ini membela Chelsea. Penampilan gemilang bersama Prancis di Piala Dunia 2018 adalah bukti bahwa ia adalah batu karang di lini tengah yang sangat keras untuk ditembus.

Setiap kali musuh Prancis berusaha untuk penetrasi ke jantung pertahanan, selalu terputus oleh seorang Kante. Sosok murah senyum yang satu ini juga tampil baik bersama Chelsea baik di musim lalu maupun musim ini.

Baca Juga

Bedanya, Kante di musim lalu menempati peran aslinya sebagai penghancur serangan lawan. Hal berbeda dilakoninya di musim ini dengan menjalankan peran sebagai box to box karena kedatangan Jorginho, setidaknya Kante cukup sukses ditempatkan sedikit di depan yang tentunya dijalankan dengan senyuman


3. 7. David Silva

David Silva

Salah satu kunci kesuksesan Manchester City bersama Pep Guardiola ada pada sosok playmaker bernama David Silva. Perannya di tahun ini baik itu musim lalu ataupun musim ini sangatlah mengagumkan.

Bagaimana tidak, pergerakan tanpa bola dari David Silva sangatlah efisien dan mematikan, ia kerap menusuk ke jantung pertahanan lawan dalam kondisi tidak terkawal. Oleh sebab itu, David Silva adalah senyawa penting dalam keberhasilan Manchester City tahun ini.

Kontribusi nyata juga terlihat dari torehan 8 gol dan 4 assists yang telah ia raih untuk musim ini di berbagai ajang. Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan boleh absen, tapi tidak dengan David Silva yang miliki pergerakan tanpa bola sangat brilian.

6. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann selebrasi usai cetak gol bersejarah Liga Champions di laga Atletico Madrid vs Club Brugge.

Penggemar ‘jamu’ yang satu ini tengah menjalani tahun karier yang sangat luar biasa yaitu 2018. Bersama Prancis, ia berhasil menggondol gelar Piala Dunia lewat permainan efektifnya bahu membahu bersama Kylian Mbappe.

Bersama Atletico Madrid, dirinya juga mampu menunjukan kapasitasnya sebagai penyerang andalan hingga berujung pada gelar Liga Europa. Padahal Griezmann dulunya bukanlah seorang penyerang, dia awalnya saat masih di Real Sociedad merupakan seorang sayap.

Akan tetapi insting tajam pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone berhasil mengendus bakat terpendam Griezmann yang punya ketajaman dan eksplosivitas dalam serangan. Maka dari tak heran apabila di musim ini saja, Griezmann sudah mengoleksi 11 gol dari berbagai ajang.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.COM

Atletico MadridLiverpoolBelandaSpanyolUruguayPrancisChelseaAntoine GriezmannBarcelonaLuis SuarezDavid SilvaN'Golo KanteBola InternasionalVirgil van Dijk

Berita Terkini