x

4 Faktor yang Bisa Membuat Liverpool Menjadi Juara Liga Inggris 2018/19

Minggu, 30 Desember 2018 16:34 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
Roberto Firmino berselebrasi usai mencetak gol.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp kini membawa sebuah harapan baru bagi publik Anfield setelah dirinya berhasil membawa Liverpool terus berada di jalur menuju tangga juara Liga Inggris musim 2018/2019, pasca menghancurkan armada Meriam London, Arsenal dengan skor telak 5-1 di laga pekan ke-20.

Kemenangan itu sekaligus menjadi catatan rekor baru bagi Liverpool dengan belum menelan kekalahan di 20 laga. Hasil tersebut juga menjadi pencapaian terbaik sepanjang sejarah Liverpool di Liga Inggris dengan menyapu bersih poin sempurna setelah mengukir 8 kali kemenangan di bulan Desember.

Baca Juga

Meski Liverpool menjadi satu-satunya tim yang telah tiga kali gagal meraih trofi juara di akhir musim setelah sempat menjadi juara paruh musim di musim 1996/1997, 2008/2009 dan 2013/2014. Namun di musim 2018/2019 ini, The Reds julukan Liverpool punya sejumlah faktor yang bisa menghapus anomali itu.

INDOSPORT.com akan mencoba merangkum 4 faktor yang bisa menguntungkan Liverpool untuk menjadi kampiun Liga Inggris musim 2018/2019.


1. 1. Kedalaman Skuat

Virgil van Dijk, Sane, Salah, Firmino berpelukan di laga Liverpool vs Arsenal, 30/12/18).

Meski harus kehilangan gelandang serang, Alex Oxlade-Chamberlain selama paruh musim. Jurgen Klopp punya alternatif lain yang dimiliki oleh tiga rekrutan anyar, Naby Keita, Xerdan Shaqiri dan juga Fabinho. Ketiganya mampu tampil apik memainkan peran di lini tengah dengan dibantu oleh empat gelandang enerjik seperti Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, James Milner dan Adam Lallana.

Begitu pun dengan posisi bek, terdapat sejumlah nama yang bisa diandalkan oleh Klopp untuk bergantian membentengi lini pertahanan Liverpool. Virgil Van Dijk yang kian kokoh, Joe Gomez, Dejan Lovren, Joel Matip, Andrew Robertson, Trent Alexander-Arnold, Alberto Moreno dan Nathaniel Clyne yang semuanya sama bagusnya.

Sementara di lini depan, ketika trio Roberto Firmino, Mohammed Salah dan Sadio Mane tengah frustasi membongkar pertahanan lawan, Daniel Sturridge dan Divock Origi bisa keluar menjadi pembeda dari bangku pemain pengganti.

2. Pertahanan yang Kokoh 

Jurgen Klopp boleh menghirup nafas lega di musim ini ketika melihat benteng pertahanan skuatnya yang sangat sulit untuk ditembus. Jika musim-musim sebelumnya Liverpool memiliki pertahanan yang buruk, namun hingga pekan ke-20 musim ini, gawang Alisson Becker baru hanya kebobolan 8 gol.

Empat menara Liverpool di lini belakang, Van Dijk, Gomez, Lovren dan Matip pun hanya sedikit melakukan blunder yang berakibat fatal seperti di musim sebelumnya.


2. 3. Trio Firmansah Masih Bertaji

Sadio Mane bersujud usai mencetak gol ke gawang Arsenal.

Lini depan menjadi salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam permainan Liverpool selama dua tahun ini. Musim lalu, trio Firmino, Mane dan Salah (Firmansah) tampil trengginas dengan menorehkan 90 gol di Liga Inggris dan Liga Champions Eropa. 

Trio Firmansah kini kembali membuktikan ketajamannya. Hingga pekan ke-20 Liga Inggris musim ini, ketiganya sudah membukukan total 28 gol. Salah pun masih memimpin daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris dengan 13 gol.

Baca Juga

4. Mental yang Lebih Tangguh 

Belajar dari pengalaman musim sebelumnya, anak asuh Klopp kini bermain lebih dingin dan tenang. Mental Jordan Henderson dan kolega lebih tangguh saat mendapatkan tekanan. Terbukti dalam empat laga, Liverpool mampu merubah hasil akhir setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Selain itu, Klopp seperti telah menemukan racikan jitu untuk meredam tim-tim medioker yang selalu menjadi antitesis strategi Liverpool di beberapa musim sebelumnya. Skuat The Reds pun belum menelan kekalahan saat berjumpa tim papan tengah di paruh musim. 

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Seputar Liga Inggris Hanya di INDOSPORT.COM

LiverpoolJurgen KloppIn Depth SportsLiga InggrisTRIVIA

Berita Terkini