x

10 Pemain Sepak Bola Terbaik Indonesia 2018 Versi INDOSPORT (Part 2)

Selasa, 1 Januari 2019 15:14 WIB
Editor: Coro Mountana
Riko Simanjuntak menghindari jegalan pemain PSIS Semarang.

INDOSPORT.COM – Memasuki awal tahun 2019, akan sangat menarik untuk membahas hal-hal apa saja yang telah terjadi di dunia sepak bola di sepanjang tahun lalu. Salah satu hal yang menarik untuk dibahas adalah deretan pemain sepak bola terbaik Indonesia 2018.

Untuk melihat deretan pemain terbaik Indonesia, tentu diperlukan suatu indikator untuk mengukur kepantasan tersebut. Indikator yang paling lazim dipakai untuk mengukur hal tersebut adalah statistik sepanjang tahun 2018.

Baca Juga

Tidak seperti kompetisi sepak bola di Eropa yang untuk melihat peforma di tahun 2018, perlu juga untuk menengok pencapaian di musim sebelumnya alias 2017/2018. Di Indonesia, kita hanya tinggal melihat peforma seorang pemain sepak bola di musim ini saja.

Jika artikel sebelumnya telah dibahas deretan pemain terbaik Indonesia untuk urutan kesepuluh hingga keenam, maka di artikel lanjutan ini, bakal dibahas deretan pemain terbaik Indonesia untuk urutan kelima hingga pertama. Lantas siapa pemain terbaik Indonesia di tahun 2018?

Baca Juga

Berikut deretan 10 pemain sepak bola terbaik Indonesia 2018 versi INDOSPORT


1. 5. Osvaldo Haay

Osvaldo Haay saat pertandingan lawan Bhayangkara FC

Meski dirinya tak masuk dalam skuat Asian Games 2018 maupun Piala AFF 2018, Osvaldo Haay tidak berkecil hati dan justru melampiaskan amarahnya dengan bermain bagus di Persebaya Surabaya. Berdasarkan catatan dari Transfermarkt, Osvaldo Haay di musim ini telah tampil dalam 21 kali dengan torehan 9 golnya.

Penampilan putra Papua ini memang begitu mengesankan bersama Persebaya Surabaya terlebih setelah pelatih Djajang Nurdjaman masuk ke manajemen. Bahkan Osvaldo sempat membuat hattrick dalam kemenangan telak 4-0 atas Madura United.

Baca Juga

Eksplosif dalam merobek pertahanan lawan memang menjadi suatu keunggulan dari Osvaldo Haay. Selain itu, ia juga miliki ketajaman dan kecepatan yang cukup mumpuni sehingga tak mengherankan apabila ia mampu mencetak banyak gol di ajang Liga 1.

4. Samsul Arif

Penyerang Barito Puetra, Samsul Arif

Mendapatkan predikat sebagai topskor lokal di ajang Liga 1 dengan torehan 14 gol sudah lebih dari cukup untuk membuat Samsul Arif untuk menjadi salah satu pemain terbaik Indonesia. Di usia yang sudah mencapai 33 tahun, Samsul Arif tetap mampu tampil tajam di depan gawang lawan.

Sangat mengherankan Samsul Arif tidak dipanggil oleh Timnas Indonesia untuk ajang Piala AFF 2018. Padahal Samsul-lah yang menjadi topskor lokal yang ada di Liga 1, sehingga seharusnya ia layak menjadi salah satu penyerang yang dibawa oleh Bima Sakti.

Salah satu kelebihan dari Samsul Arif adalah tendangan keras yang kerap menyulitkan kiper lawan. Jika ia mampu tetap tampil konsisten untuk musim depan, mungkin kesempatan bermain kembali untuk Timnas Indonesia dapat terbuka.


2. 3. Yanto Basna

Yanto Basna resmi ke Sukhotai FC.

Pemain bertahan kelahiran Sorong yang satu ini memang telah menunjukan potensi dari kemampuannya sehingga dirinya sempat menjadi pemain inti Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Di tahun 2018 ini, Yanto Basna memutuskan untuk mengambil langkah berani dengan pindah dari Indonesia ke klub kasta kedua Thailand, Khonkaen FC.

Klub yang baru promosi ke kasta kedua Thailand itu sukses dibawa oleh Yanto Basna nyaris langsung promosi ke kasta teratas sepak bola negeri gajah putih. Khonkaen berada dalam posisi keempat dalam klasemen teratas yang mana hanya beda satu strip dengan posisi yang mendapat jatah promosi.

Baca Juga

Selain nyaris membuat timnya promosi, Yanto Basna catatkan sejumlah statistik mengagumkan seperti bermain dalam 26 pertandingan dari total 28 kali bertanding. Berkat penampilan bagusnya, Yanto Basna akhirnya bisa bermain di kasta teratas Liga Thailand, bersama klub barunya yaitu Sukhothai FC.


3. 2. Stefano Lilipaly

Pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, Stefano Lilipaly.

Gelandang serang Timnas Indonesia yang satu ini adalah salah satu pemain terbaik Timnas Indonesia U-23 di ajang Asian Games 2018. Determinasinya di lini serang Stefano Lilipaly membuat lini serang Indonesia sangat berbahaya.

Terlebih Lilipaly kerap melakukan pergerakan tanpa bola yang sangat ciamik hingga menyulitkan lawan untuk menjaganya. Ketajamannya juga membantunya dalam mencetak gol penting seperti sebiji gol melawan Uni Emirat Arab di menit-menit akhir babak 16 besar Asian Games 2018.

Baca Juga

Tak hanya bagus di Timnas saja, Lilipaly juga berhasil menularkan semangat untuk meraih kemenangan kepada Bali United. Tak kurang 12 gol telah Lilipaly lesakkan bersama Bali United di ajang Liga 1 2018.

1. Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak dikawal ketat dua pemain Filipina

Marko Simic boleh menjadi mesin gol bagi Persija Jakarta, tetapi pemain terpenting bagi Persija Jakarta adalah Riko Simanjuntak. Hal itu tak lepas dari sejumlah assists yang disuplai oleh Riko Simanjuntak kepada Marko Simic.

Di tahun 2018 ini, Riko mengemas 3 gol dan 10 assist di Liga 1 dan juga tercatat membuat 8 assist sepanjang Persija berlaga di Piala AFC 2018. Sedangkan di AFF 2018 kemarin, ia tercatat membuat dua asis dari empat kali berlaga, total di tahun 2018 tercatat Riko telah catatkan assists sebanyak 20 kali.

Kecepatan dribel, akselerasi hingga pemanfaatan ruang kosong sangatlah merepotkan lini pertahanan lawan. Satu hal lagi yang menjadi kelebihan dari Riko Simanjuntak adalah kengototan dan tidak adanya rasa takut terhadap siapapun.

Terus Ikuti Perkembangan Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.
 

Persebaya SurabayaBarito PuteraPersija JakartaSamsul ArifStefano LilipalyTimnas IndonesiaBali UnitedLiga IndonesiaRiko SimanjuntakRudolof Yanto BasnaOsvaldo HaayTRIVIA

Berita Terkini