x

3 Bek Lokal yang Pantas Gantikan Gunawan Dwi Cahyo di Persija Jakarta

Rabu, 2 Januari 2019 14:12 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Rafif Rahedian
Gunawan Dwi Cahyo melakukan jugling bola. Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Seperti kontestan Liga 1 lainnya, Persija Jakarta mulai melakukan perombakan tim usai bergulirnya musim 2018.

Beberapa pemain resmi didatangkan dan dipertahankan, termasuk juga beberapa di antaranya yang turut dilepas. Salah satunya, pemain belakang yang cukup menjadi andalan  musim lalu, Gunawan Dwi Cahyo.

Meski lebih banyak duduk di bangku cadangan, tak bisa dipungkiri peran Gunawan cukup krusial dan selalu bisa menjawab kepercayaan saat diberi kesempatan oleh Setafo Cuggura untuk menggantikan salah satu bek utama yang absen.

Baca Juga

Persija Jakarta sendiri sejatinya telah kedatangan pemain belakang baru dari Liga Thailand, Ryuji Utomo. Namun dengan padatnya jadwal musim depan, rasannya klub berjuluk Macan Kemayoran itu masih akan kembali menambah amunisinya di lini pertahanan.

Untuk itu INDOSPORT mencoba memberikan beberapa alternatif pemain yang kiranya cocok untuk menggantikan peran Gunawan di Persija Jakarta musim depan, berikut tiga nama diantaranya.


1. Bio Paulin

Bek Persipura Jayapura, Bio Paulin Pierre

Postur tinggi dan fisik mumpuni layaknya pemain kelahiran Afrika lainnya, serta memiliki pengalaman di level internasional, nama Bio Paulin rasannya sangat layak untuk dipercaya mengisi satu slot di lini pertahanan Persija Jakarta.

Belum memiliki klub usai dilepas Sriwijaya FC Agustus 2018 lalu, kedatangan Bio Paulin akan semakin bermanfaat bagi Persija dengan statusnya sebagai pemain naturalisasi. Sehingga Persija tak akan kehilangan jatah slot pemain asing dengan mendatangkan pria 34 tahun tersebut.

Seperti disinggung di atas, kelebihan lainnya yang dimiliki Bio Paulin adalah pernah bermain di level internasional ketika membela Persipura Jayapura di ajang Piala AFC. Pengalaman itu tentu akan sangat berarti buat Persija yang tahun ini akan menjadi wakil Indonesia, entah di Liga Champions Asia ataupun Piala AFC 2019.


2. Muhammad Roby

Pemain PSMS Medan, M. Robby.

Melihat kesuksesan Maman Abdurahman di bawah asuhan pelatih Stefano Cuggura, rasanya tak ada salahnya jika Persija Jakarta mendatangkan pemain belakang gaek lainnya, Muhammad Roby.

Memiliki ikatan dengan Persija Jakarta, pemain asli betawi ini musim lalu tampil sebanyak 12 kali bersama PSMS Medan.

Meski tak terlalu sering dipercaya, sejatinya Roby masih sangat layak untuk diberikan kesempatan. Kemampuannya membaca permainan serta ketenangannya akan menjadi nilai lebih untuk bisa menjadi pelapis di skuat Macan Kemayoran.

Segala kemampuan tersebut tentu akan semakin maksimal ditampilkan Roby sebagai putra daerah jika nantinya dipercaya kembali ke Persija. Namun satu hal yang menjadi kekurangan pemain 33 tahun tersebut, dirinya termasuk pemain yang rentan mengalami cedera.


3. Bagas Adi

Bagas Adi Nugroho.

Jika dua nama di atas merupakan pemain dengan usia yang tak muda lagi, pilihan berikut adalah salah satu bek muda terbaik yang ada di Indonesia. Dia adalah pemain belakang Arema FC di Liga 1 2018, Bagas Adi Nugroho.

Menajadi salah satu pemain yang menghuni skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, kemampuan Bagas tentu tak bisa diragukan lagi.

Memperkuat Timnas Indonesia sejak dari tim U-19 dan U-22, Bagas juga dipercaya mengemban amanat sebagai kapten di dua level tersebut. Belum lagi dirinya juga pernah melakukan trial bersama klub papan atas Jepang, FC Tokyo yang cukup berjalan sukses.

Peluang Persija Jakarta untuk memakai jasa pemain 22 tahun ini juga semakin terbuka karena sang pemain beberapa hari ini dikabarkan ingin meninggalkan Arema FC musim depan.

Baca Juga

Namun dengan kontrak yang baru akan berakhir bulan Februari mendatang, serta keinginan Arema FC untuk tetap mempertahankannya. Jika nantinya Persija tergerak untuk mendatangkan Bagas, maka jalannya tak akan mudah begitu saja.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 2018 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bursa TransferPersija JakartaBio Paulin PierreGunawan Dwi CahyoLiga IndonesiaLiga 1Bagas Adi NugrohoM.RobyTRIVIA

Berita Terkini