x

3 Jasa Tak Terlupakan Teco untuk Persija Jakarta

Jumat, 4 Januari 2019 17:43 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung

INDOSPORT.COM – Pelatih klub sepak bola  Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco, belum lama ini mengunggah video di Instagram pribadinya yang memberikan gestur berterima kasih dan meminta maaf.

Ucapan tersebut membuat Jakmania kebingungan. Teco lantas disebut bakal benar-benar berpisah dengan klub juara Liga 1 2018 tersebut.

“Tugas saya sama klub Persija Jakarta sudah selesai tanggal 31 Desember,” tulis Teco di akun Instagram pribadinya.

Baca Juga

Tahun 2018 bisa dibilang menjadi masa keemasan bagi Teco di sepak bola Indonesia bersama Persija Jakarta. Teco tidak hanya mengubah permainan Macan Kemayoran, tetapi turut memberikan bukti berupa gelar juara, seperti gelar juara Piala Presiden 2018 dan Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2018.

Persija Jakarta akan sangat kehilangan sosok pelatih sepak bola asal Brasil tersebut apabila benar Teco akan hengkang. Teco telah memberikan deretan prestasi yang telah lama dinanti-nanti oleh Jakmania.

Baca Juga

Maka dari itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 jasa tak terlupakan Teco untuk Persija Jakarta:


1. 1. Juara Grup AFC Cup 2018

Skuat Persija di Piala AFC 2018.

Perjuangan tahun kedua Stefano Cugurra Teco bersama Persija Jakarta dimulai dengan penampilan cemerlang di AFC Cup 2018. Bergabung di Grup H, Persija Jakarta bertemu dengan tim raksasa asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT).

Persija Jakarta terpuruk di laga pertama usai dicukur JDT dengan skor 3-0. Namun demikian, Teco berhasil membawa Persija Jakarta tak terkalahkan di laga-laga selanjutnya pada babak penyisihan.

Baca Juga

Dengan catatan 4 kemenangan, 1 imbang, dan 1 kekalahan, Persija Jakarta keluar sebagai juara Grup H mengungguli Song Lam Nghe An (Vietnam), JDT (Malaysia), dan Tampines Rovers (Singapura).

Sayangnya, Persija Jakarta gagal menjadi juara zonal ASEAN. Mereka kalah dua kali dari Home United pada babak semifinal.


2. 2. Akhiri Puasa Gelar Juara

Skuat Persija Jakarta berpesta usai menerima trofi juara Piala Presiden 2018.

Persija Jakarta sempat mengalami puasa gelar menahun. Mereka sudah 17 tahun tidak merasakan gelar juara sejak terakhir 2001 silam.

Akan tetapi, Teco datang bak juru selamat. Teco langah demi selangkah mengangkat performa Persija Jakarta yang sempat terseok-seok di awal kompetisi Liga 1 2018.

Baca Juga

Pada dua pekan terakhir, Persija Jakarta akhirnya berhasil mengamankan puncak klasemen Liga 1 2018 dari PSM Makassar.

Persija Jakarta sukses memastikan gelar juara Liga 1 2018 pada pekan terakhir setelah mengalahkan Mitra Kukar. Trofi tersebut mengakhiri puasa gelar Persija Jakarta yang lama bertahan selama 17 tahun.

Baca Juga

Tidak hanya itu, Persija Jakarta menjadi klub sepak bola pertama yang sukses mengawinkan gelar turnamen pramusim Piala Presiden dan Liga 1 2018.


3. 3. Berbagai Gelar Individu

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco.

Teco menjadi penyambung prestasi bagi para pemainnya. Di era kepelatihannya, penggawa Persija Jakarta sukses menggondol banyak gelar individu.

Bersama klub, Teco berhasil mengantarkan Persija Jakarta meraih satu trofi bergengsi (Liga 1) dan dua piala pramusim (Piala Presiden dan Boost Sports Super Fix Cup).

Pada turnamen pramusim Piala Presiden, Persija Jakarta memborong dua penghargaan. Marko Simic meraih penghargaan Top Skor, sementara Rezaldi Hehanusa menjadi Pemain Muda Terbaik.

Baca Juga

Banjir prestasi individu berlanjut di Liga 1. Teco didapuk sebagai Pelatih Terbaik. Selain itu, Rohit Chand juga di luar dugaan menyabet Pemain Terbaik berkat kontribusinya bagi Persija Jakarta.

Di level Asia, Persija Jakarta menerima satu penghargaan. Rezaldi Hehanusa sukses memperoleh penghargaan Gol Terbaik AFC Cup 2018 pilihan suporter.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di di INDOSPORT.COM

Persija JakartaAFC CupPiala PresidenLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Piala Presiden 2018TRIVIA

Berita Terkini