x

Dream Team Skuat Timnas Indonesia Versi Media Ternama Amerika Serikat

Sabtu, 5 Januari 2019 15:52 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Starting Terbaik Sepanjang masa Timnas Indonesia

INDOSPORT. COM - Timnas Indonesia memang tidak ikut serta dalam gelaran Piala Asia 2019 yang berlangsung mulai 5 Januari di Uni Emirat Arab (UEA). Meski demikian, sebuah penghargaan khusus tetap diberikan oleh media asing, Fox Sports tentang kiprah Timnas Indonesia di Piala Asia.

Ya, Piala Asia 2019 merupakan kompetisi sepak bola paling bergengsi bagi negara-negara Benua Kuning. Kesemua negara yang berlaga di ajang ini pasti akan berjuang keras untuk keluar sebagai juara.

Terlebih, tim yang menjuarai ajang ini berhak mengikuti gelaran bergengsi lainnya, yakni Piala Konfederasi. Persaingan di antara tim-tim peserta pun dipastikan akan bertambah sengit.

Baca Juga

Akan tetapi, Timnas Indonesia untuk gelaran edisi kali ini tak bisa turut serta. Pasalnya, pada 2015-2016 lalu Timnas Indonesia tidak mengikuti babak kualifikasi karena sedang mendapat sanksi FIFA.

Walau begitu, sebuah media asing berbasis di Amerika Serikat, Fox Sports tetap memberikan sebuah penghargaan khusus kepada Timnas Indonesia. Fox Sports bahkan sampai membuat 'Dream Team' Timnas Indonesia selama berkiprah di Piala Asia.

Lalu, siapa saja nama-nama yang masuk ke dalam 'Dream Team' tersebut? INDOSPORT.com mencoba merangkumnya pada ulasan singkat berikut ini.


1. Sektor Belakang

Hendro Kartiko saat masih membela Arema Cronus pada tahun 2007-08.

Penjaga Gawang- Hendro Kartiko

Pada posisi penjaga gawang, Fox Sports memilih nama kiper legendaris, Hendro Kartiko. Semua tak lain karena penampilan apik yang pernah ditunjukan Hendro selama membela Timnas Indonesia di ajang Piala Asia.

Pada Piala Asia 1996, Timnas Indonesia tampil dan Hendro yang masih berusia 23 tahun berstatus kiper kedua di bawah Kurnia Sandi. Namun, kala laga menghadapi Kuwait, Kurnia Sandy menderita cedera, lalu dipilihlah Hendro sebagai kiper utama.

Hendro Kartiko saat masih membela Arema Cronus pada tahun 2007-08.

Penampilan Hendro pun berbuah manis. Ia mampu menangkis sejumlah percobaan tendangan pemain lawan dan membantu Timnas Indonesia mengimbangi Kuwait dengan skor 2-2.


Bek Kanan - Elie Aiboy

Nama yang dipilih Fox Sports untuk posisi bek kanan adalah Elie Aiboy. Fox Sports mengakui kecepatan dan kemampuan Elie sebagai salah satu sayap atau fullback terbaik yang pernah membela Timnas Indonesia.

Mungkin yang paling membekas kala Elie membela Timnas Indonesia pada Piala Asia 2007 silam. Kala itu, penampilan Elie begitu memukau dan hampir meloloskan Timnas Indonesia dari babak grup.

Khususnya dalam laga melawan Arab Saudi, Elie berhasil mencetak satu gol yang sangat cantik dengan melewati beberapa pemain lawan. Sayangnya, pada laga itu Timnas Indonesia harus takluk 2-1 akibat gol menit akhir yang dicetak Arab Saudi.


Bek Tengah - Yeyen Tumena

Nama yang dipilih Fox Sports untuk mengisi posisi bek tengah ialah Yeyen Tumena. Kiprahnya di Piala Asia 1996 jadi patokan yang membuatnya terpilih ke dalam daftar ini.

Ya, pada ajang kala itu Yeyen merupakan bek utama Timnas Indonesia. Ia bahkan tak tergantikan sama sekali dalam tiga pertandingan babak grup yang dimainkan.

Bek Tengah - Charis Yulianto

Nama pemain yang dilipih Fox Sports sebagai tandem Yeyen Tumena adalah Charis Yulianto. Kiprahnya di Piala Asia 2007 yang menjadi patokan hingga Charis bisa masuk ke dalam daftar ini.

Ya, Timnas Indonesia kala itu bermain cukup memukau. Bahkan, Timnas Indonesia hanya berjarak satu poin dari peringkat dua, Korea Selatan untuk bisa lolos dari babak grup.

Penampilan gemilang Timnas Indonesia tak lepas dari peforma Charis di lini belakang. Berkat ketangguhannya, Timnas Indonesia hanya kebobolan tiga gol dari tiga laga yang dimainkan di grup.


Bek Kiri - Aji Santoso

Nam yang dipilih Fox Sports untuk mengisi posisi bek kiri adalah Aji Santoso. Sosok yang kini telah menjadi pelatih ini dahulu memang pernah membela Timnas Indonesia.

Fox Sports menyebut bahwa Aji merupakan salah satu bek sayap kiri terbaik di masanya. Tak hanya memiliki kecepatan, Aji juga punya kualitas umpan menyilang yang begitu berbahaya.


2. Gelandang dan Lini Depan

Bambang Pamungkas

Gelandang Tengah - Bima Sakti

Pemain yang dipilih Fox Sports untuk mengisi posisi gelandang tengah adalah Bima Sakti. Sosok yang pernah menjabat pelatih Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018 lalu ini merupakan alumnus era Primavera.

Fox Sports bahkan menyebut Bima sebagai gelandang tengah yang begitu disegani pada masanya. Ia merupakan jenderal lapangan tengah sekaligus kapten yang perannya sangat krusial bagi Timnas Indonesia.


Gelandang Tengah - Ponaryo Astaman

Sosok berikutnya yang mengisi posisi gelandang tengah adalah Ponaryo Astaman. Kiprahnya selama membela Timnas Indonesia yang membuatnya layak untuk masuk ke dalam daftar ini.

Fox Sports menyebut Ponaryo sebagai gelandang yang pintar dalam mengatur permainan Timnas Indonesia. Ponaryo sendiri pernah menjabat sebagai kapten Timnas Indonesia kala berlaga di ajang Piala Asia 2007 silam.

Starting Terbaik Sepanjang masa Timnas Indonesia

Gelandang Tengah - Firman Utina

Jangan sampai lewatkan nama Firman Utina ke dalam daftar ini. Kiprahnya bersama Timnas Indonesia memang terbilang cukup memukau.

Kalau khusus untuk Piala Asia, ia pernah tampil dalam ajang edisi tahun 2007. Penampilannya kala itu bahkan jadi insipirasi Timnas Indonesia dalam memenangkan laga perdana babak grup melawan Bahrain dengan skor 2-1.

Ia memberikan umpan kepada Budi Sudarsono untuk gol pembuka Timnas Indonesia. Gol kedua yang dicetak Bambang Pamungkas juga berasal dari bola muntah hasil tendangan Firman Utina.


Penyerang - Kurniawan Dwi Yulianto

Sosok pertama yang masuk ke dalam deretan tiag penyerang Timnas Indonesia ala Fox Sports adalah Kurniawan Dwi Yulianto. Nama Kurniawan memang menjadi begitu legendari sebagai salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Timnas Indonesia.

Fox Sports mengenang Kurniawan dengan catatan golnya yang fantastis. Sepanjang 19 tahun (1995-2014) berkarier sebagai pemain sepak bola, Kurniawan telah mencetak 205 gol.

Khusus untuk Timnas Indonesia, catatan gol Kurniawan juga terbilang memukau. Ia mampu mencetak 33 gol dari 59 kali penampilan bersama Timnas Indonesia.


Penyerang - Widodo Cahyono Putro

Nama berikutnya yang masuk ke dalam deretan penyerang adalah Widodo Cahyono Putro. Penampilannya bersama Timnas Indonesia dahulu memang begitu memukau.

Paling membekas mungkin terjadi pada gelaran Piala Asia 1996 silam. Kala itu, Widodo mampu mencetak satu gol dengan cara yang spektakuler.

Mendapat umpan lambung, Widodo langsung menyambar bola dengan sebuah tendangan salto. Gol itu pun dikenang sebagai gol terbaik di tahun 1996 dan sempat menjadi perbincangan masyarakat dunia.

Baca Juga

Penyerang - Bambang Pamungkas

Nama penyerang terakhir yang masuk ke dalam daftar ini ialah Bambang Pamungkas. Sosoknya memang begitu legendaris bagi Timnas Indonesia.

Bamabang merupakan penyerang tajam yang pernah menghiasi skuat Timnas Indonesia. Sejarah mencatat kalau Bambang telah mencetak 42 gol dari 85 kali penampilan untuk Timnas Indonesia.

Khusus untuk Piala Asia, penampilan terbaiknya mungkin terjadi pada 2007 lalu kala melawan Bahrain. Bambang mampu mencetak gol penentu kemenangan Timnas Indonesia memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Firman Utina.

Terus Ikuti Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.COM

Bambang PamungkasWidodo C. PutroHendro KartikoTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala Asia

Berita Terkini