x

Kedatangan Ivan Kolev Buat Liga 1 2019 Dihuni 3 Eks Pelatih Timnas

Minggu, 6 Januari 2019 11:43 WIB
Editor: Coro Mountana
Ivan Venkov Kolev eks pelatih Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Sepeninggal Stefano Cugurra dari Persija Jakarta, kini kursi kepelatihan dari juara bertahan Liga 1 itu kosong. Akan tetapi, baru-baru ini ada isu jika mantan pelatih Timnas Indonesia, Ivan Kolev semakin dekat ke Persija Jakarta.

Ivan Kolev bukanlah pelatih sembarangan dalam percaturan sepak bola Indonesia, berbagai pencapaian telah ia bukukan di tanah air tercinta kita. Selain menangani Timnas Indonesia, Ivan Kolev ternyata juga pernah menukangi sejumlah tim di Indonesia seperti Persija Jakarta, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, dan PS TIRA.

Baca Juga

Ivan Kolev pernah menangani Persija Jakarta sebelumnya, tepatnya pada musim 1999-2000. Kala itu Persija Jakarta nyaris dibawa mencapai podium tertinggi sebelum dihempaskan oleh PSM Makassar di babak semifinal lewat gol semata wayang Miro Baldo Bento.

Jika Ivan Kolev kembali ke Persija Jakarta, maka itu akan membuat persaingan di Liga 1 2019 layaknya perang bintang. Pasalnya bakal terdapat 3 pelatih yang pernah menangani Timnas Indonesia dalam kancah Liga 1 2019.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com rangkum dalam 3 eks pelatih Timnas Indonesia yang bakal bertarung di Liga 1 2019.


1. Ivan Kolev

Ivan Kolev di sesi konferensi pers.

Dalam daftar pertama tentu ada nama Ivan Kolev yang sebenarnya masih sebatas isu saja dirinya bakal merapat ke Persija Jakarta. Akan tetapi jika melihat rekam jejak dari Ivan Kolev, rasanya ia sangat layak untuk juara bertahan, Persija Jakarta.

Ivan Kolev tercatat menangani Timnas Indonesia sebanyak dua periode di era 2000-an. Periode pertama Ivan Kolev terjadi pada tahun 2002 hingga 2004, sedangkan periode kedua terjadi di tahun 2007 sampai 2008.

Baca Juga

Bersama Timnas Indonesia, Ivan Kolev memang tidak berhasil membawa pulang satu gelar juara pun. Meski begitu ia berhasil membawa Timnas Indonesia mencapai final Piala AFF 2002 dan membuat tim dapat berbicara banyak di Piala Asia.


2. Aji Santoso

Pelatih Persela Lamongan, Aji Santoso.

Eks pelatih Timnas Indonesia yang kedua adalah Aji Santoso yang diketahui bakal menjadi pelatih Persela Lamongan untuk Liga 1 2019. Aji Santoso sebenarnya lebih banyak bertanggung jawab atas Timnas Indonesia U-23.

Akan tetapi di tahun 2012, Aji Santoso sempat ditunjuk untuk menukangi Timnas Indonesia yang baru saja memecat Wim Rijsbergen. Aji Santoso pun saat itu dihadapkan tugas berat dalam debutnya yaitu membawa Timnas Indonesia bertandang ke Bahrain pada babak kualifikasi Piala Dunia 2014.

Baca Juga

Sayang debut Aji Santoso harus menjadi aib bagi Timnas Indonesia setelah alami kekalahan yang sangat telak dari Bahrain dengan skor 0-10. Pertandingan yang terjadi pada 29 November 2014 itu sempat dicurigai terjadi match fixing meski sampai saat ini, masih belum terbukti kebenarannya.


3. Jacksen F Tiago

Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

Pelatih asal Brasil yang telah dipastikan bertahan di Barito Putera ini merupakan salah satu pelatih jempolan di Indonesia. Jacksen F Tiago merupakan pelatih papan atas yang ada di Indonesia dengan segala pencapaian yang telah ia cetak.

Berkat rekam jejak yang sangat bagus terutama di Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago pun ditawari untuk melatih Timnas Indonesia dalam kualifikasi Piala Asia 2015. Tergabung bersama Arab Saudi, Irak, dan China, Jacksen diberi target lolos dari grup neraka itu.

Baca Juga

Sayang, ketiga raksasa Asia itu terlalu tangguh untuk diimbangi oleh Jacksen bersama Timnas Indonesia. Dalam 6 pertandingan itu, Timnas Indonesia hanya mampu mencatatkan satu hasil imbang dan sisanya kalah.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

Barito PuteraPersija JakartaAji SantosoPersela LamonganTimnas IndonesiaIvan KolevJacksen F. TiagoLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1TRIVIA

Berita Terkini