x

6 Pemain Bintang yang ‘Terbuang’ oleh Jurgen Klopp di Liverpool

Selasa, 8 Januari 2019 11:41 WIB
Editor: Coro Mountana
Jurgen Klopp kesal dengan pemain PSG

INDOSPORT.COM – Sejak Kedatangan Jurgen Klopp di Liverpool, sudah banyak pemain bintang yang didaratkan ke Anfield saat bursa transfer guna menguatkan tim. Para pemain bintang yang dibeli oleh Jurgen Klopp antara lain Sadio Mane, Mohamed Salah, Virgil Van Dijk, dan Alisson Becker.

Para pemain yang didatangkan oleh Klopp tersebut saat ini sudah membuktikan dirinya sebagai pemain tak tergantikan dalam susunan tim inti. Oleh sebab itu, banyak yang menilai Jurgen Klopp miliki kemampuan untuk membeli pemain secara efektif.

Baca Juga

Meski dinilai handal dalam merekrut pemain berbakat, nyatanya itu dilakukan dengan mengorbankan sejumlah pemain bintang yang sudah ada di tim sebelum kedatangan Jurgen Klopp. Para pemain itu diketahui telah ‘terbuang’ atau hengkang ke klub lain.

Ada banyak faktor yang membuat sang pemain bintang di masa kepemimpinan Jurgen Klopp di Liverpool. Mulai dari peforma yang tidak memuaskan, tidak cocok dengan Klopp, hingga masalah indisipliner disinyalir menjadi alasan para pemain bintang tersebut pindah atau ‘terbuang’.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT.com rangkum dalam 6 pemain yang sudah ‘terbuang’ oleh Jurgen Klopp di Liverpool.


1. Christian Benteke

Jurgen Klopp dan Christian Benteke

Pada awal kedatangannya, Christian Benteke diharapkan dapat menjadi mesin gol utama Liverpool. Christian Benteke saat itu merupakan andalan Aston Villa yang miliki keunggulan dalam hal fisik dan duel bola udara.

Akan tetapi gaya bermain yang cenderung diam di kotak penalti ala Benteke saat itu tidak cocok dengan skema permainan Jurgen Klopp. Gegenpressing ala Klopp menuntut para pemain untuk bergerak secara cair termasuk untuk para penyerangnya.

Baca Juga

Benteke sempat mencoba untuk bermain lebih cair sesuai dengan instruksi dari Jurgen Klopp. Namun dikarenakan tubuh besarnya, Benteke bergerak dengan sangat lambat sehingga dirinya pindah ke Crystal Palace.

Mario Balotelli

Mario Balotelli

Perjudian pernah dilakukan oleh Liverpool dengan merekrut pemain yang banyak masalah yaitu Mario Balotelli. Pada saat itu Balotelli dianggap sebagai pemain berbakat yang tidak pernah mencapai titik tertinggi dari potensialnya.

Liverpool pun mencoba untuk memaksimalkan talenta besar yang dimiliki oleh Mario Balotelli. Namun yang terjadi adalah Balotelli tidak mampu berkontribusi banyak bagi Liverpool hingga di masa kepemimpinan Klopp.

Setelah datangnya Klopp, banyak yang menduga jika Balotelli tidak akan cocok dengan gaya pelatih baru asal Jerman. Seperti yang kita tahu jika Klopp merupakan pelatih yang menjunjung tinggi nilai kedisplinan, dan itu bertolak belakang dengan Mario Balotelli.


2. Mamadou Sakho

Bek Liverpool, Mamadou Sakho.

Mantan pemain Liverpool yang satu ini merupakan bek tengah yang sempat digadang-gadang untuk diplot menjadi pemimpin di lini pertahanan. Pasalnya Sakho diketahui sempat menjadi kapten dari Paris Saint-Germain di usia yang masih sangat muda.

Atas dasar itulah, Sakho sempat menjadi andalan Liverpool di lini pertahanan. Bahkan di musim perdananya bersama Jurgen Klopp, Mamadou Sakho mencetak salah satu gol krusial kala duel dengan Borussia Dortmund di perempatfinal Liga Europa 2016.

Baca Juga

Sayang di masa pramusim setelah ajang Liga Europa, Sakho diketahui terlambat dalam menghadiri rapat tim di Amerika Serikat. Oleh karena itu, Jurgen Klopp mengasingkan Sakho hingga akhirnya ia hengkang ke Crystal Palace.

Martin Skrtel

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp memberikan pelukan terhadap Daniel Sturridge (kiri) dan sementara Martin Skrtel memeluk Philippe Coutinho (kanan).

Di masa kejayaannya, Martin Skrtel adalah ‘preman’ di lini pertahanan Liverpool. Ketika berduet bersama Daniel Agger, Liverpool dibuat menjadi salah satu tim yang sempat bertarung di jalur perebutan gelar juara bersama pelatih Brendan Rodgers.

Kedatangan Jurgen Klopp di kursi pelatih tidak serta merta membuat Martin Skrtel kehilangan tempat di Liverpool. Terbukti berdasarkan catatan dari Squawka, Martin Skrtel masih sempat bermain dalam 18 pertandingan di bawah arahan Jurgen Klopp.

Akan tetapi di penghujung musim perdana Klopp, Martin Skrtel memutuskan untuk mengakhiri masa baktinya di Liverpool dengan memutuskan pindah ke klub lain. Pada saat itu raksasa Turki, Fenerbahce dipilih menjadi destinasi Skrtel untuk melanjutkan kariernya.


3. Philippe Coutinho

Selebrasi Philippe Coutinho.

Bisa dikatakan pemain yang satu ini merupakan salah satu pembelian terbaik yang pernah dilakukan oleh Liverpool. Philippe Coutinho dibeli Liverpool dari Inter Milan yang berniat membuang salah satu talenta terbaik asal Brasil.

Bersama Liverpool, Coutinho berhasil membawa tim bermain di dimensi yang berbeda dengan visi dan kejeniusannya sebagai gelandang serang. Klopp pun saat itu menyukai sosok Coutinho yang selalu dapat menjadi penyelamat poin-poin krusial Liverpool.

Sayang kisah romantis Coutinho bersama Jurgen Klopp harus berakhir di pertengahan musim lalu setelah Coutinho memutuskan ingin hengkang ke Barcelona. Pada akhirnya Jurgen Klopp mengikhlaskan kepergian Coutinho ke Barcelona dengan memecahkan rekor transfer penjualan dari Liverpool.

Lucas Leiva

Lucas Leiva sudah membela Liverpool selama 10 musim.

Lucas Leiva sejatinya pada awal kedatangannya di Liverpool merupakan seorang gelandang tengah yang dapat sesekali membantu penyerangan. Tapi di Liverpool, Lucas Leiva diubah menjadi seorang gelandang bertahan yang cekatan dalam merebut bola.

Bahkan peran itu masih dijalankan oleh Lucas Leiva di Liverpool yang sudah ditangani oleh Jurgen Klopp. Peran Lucas Leiva sangat penting untuk Jurgen Klopp hingga dirinya memainkan gelandang Brasil itu dalam 65 pertandingan.

Baca Juga

Akan tetapi Lucas Leiva tampaknya menyadari kariernya di Liverpool sudah usai sehingga ia memutuskan hengkang di musim lalu. Lucas Leiva memutuskan membela Lazio sejak musim lalu dan telah menjadi pilar penting bagi tim ibu kota Italia itu ajang Serie A Italia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Liga Inggris dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.