x

Profil Jakhongir Abdumuminov, Gelandang Asing Anyar Persija Jakarta yang Jadi Kejutan

Jumat, 11 Januari 2019 17:14 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Bursa transfer jelang kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 semakin semarak. Yang terbaru, Persija Jakarta meresmikan gelandang asing asal Uzbekistan, Jakhongir Abdumuminov.

Diumumkan lewat halaman media sosialnya, Persija Jakarta, tak banyak memberi keterangan dan hanya menulis kalimat singkat, "Selamat datang Jakhongir Abdumuminov."

Sebelumnya, Jakhongir Abdumuminov bermain bersama klub asal Tajikistan, Istiqlol Dushanbe sejak Juli 2018 lalu. 

Baca Juga

Kabar kedatangan Jahongir Abdumuminov ke Persija Jakarta cukup mengejutkan. Pasalnya tidak ada desas-desus yang mengatakan gelandang ini bakal ke Persija Jakarta.

Namun, siapakah Jahongir itu sebenarnya dan seperti apa perjalanan karier sepak bola pemain yang baru berusia 25 tahun itu? Simak profil yang dirangkum oleh INDOSPORT sebagai berikut.


1. Umur Emas di Sepak Bola

Jakhongir Abdumuminov pemain Persija Jakarta.

Seperti yang kita ketahui, Jahongir merupakan pemain kelahiran 09 Februari 1993, yang berarti dirinya bulan depan masih akan berusia 26 tahun.

Kurun usia 25 sampai 29 tahun kebanyakan menjadi usia emas untuk para pesepakbola. Apalagi untuk seorang gelandang tengah seperti Jahongir.

Apalagi Jahongir merupakan bagian dari skuat Timnas Uzbekistan seperti yang diucapkan oleh Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

Baca Juga

"Dia pemain bagus. Dia juga pemain Tim nasional Uzbekistan. Mudah-mudahan dia menunjukkan permainan terbaiknya di Persija," ucap Gede Widiade saat perkenalan Jahongir, Jumat (11/01/19).


2. Berpotensi Dilatih Eks Inter Milan

Jakhongir Abdumuminov pemain Persija Jakarta.

Seperti yang sudah dikatakan oleh Gede Widiade, Jahongir memang pemain aktif untuk Timnas Uzbekistan. Tercatat di situs Transfermarkt, dia memang pernah tampil untuk Timnas Uzbekistan.

Berdasarkan situs tersebut, Jahongir sudah tampil dua kali untuk Timnas Uzbekistan, di mana terakhir kali dia bermain pada tahun 2012 lalu.

Selain Timnas senior, Jahongir juga rutin dipanggil oleh Timnas Uzbekistan di berbagai level, mulai dari U-19, U-20 hingga U-23 sebelum masuk tim senior.

Baca Juga

Berdasarkan catatan tersebut, dia memang sudah lama tidak dipanggil oleh Timnas Uzbekistan. Namun, tidak menutup kemungkinan dia bisa kembali dipanggil oleh pelatih Hector Cuper, eks Inter Milan yang saat ini melatih Timnas Uzbekistan.


3. Karakteristik Gelandang Tengah yang Dibutuhkan

Pemain anyar Persija, Jakhongir Abdumuminov hanya melakukan joging kecil dalam latihan pertamanya karena baru saja tiba di Indonesia.

Uzbekistan memang gudangnya para pemain dengan fisik yang bagus, tinggi badan yang menjulang menjadi kelebihan mereka untuk bersaing di lapangan hijau sepak bola.

Oleh karena itu, tidak sedikit gelandang tengah Uzbekistan kerap diandalkan di berbagai negara, termasuk Liga 1 Indonesia. Seperti yang terbaru, Jahongir yang direkrut oleh Persija Jakarta.

Masih dari situs Transfermarkt, Jahongir tercatat memiliki tinggi badan yang cukup menjulang, yakni 185 cm. Fisik yang diyakini sangat menunjang tugasnya sebagai gelandang tengah.

Baca Juga

Bahkan, bukannya tidak mungkin, dirinya bisa menggeser posisi Pemain Terbaik Liga 1 2018 yang dimiliki Persija, Rohit Chand dalam beberapa bulan mendatang.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bursa Transfer Lainnya Hanya di INDOSPORT

Bursa TransferPersija JakartaLiga 1Jakhongir Abdumuminov

Berita Terkini