x

Hasil Pertandingan Coppa Italia Sampdoria vs AC Milan: Gol Telat Cutrone Selamatkan Milan

Minggu, 13 Januari 2019 02:50 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Sampdoria vs AC Milan dalam ajang Coppa Italia 2018.

INDOSPORT.COM - Laga sengit antara Sampdoria vs AC Milan di kompetisi Coppa Italia 2018/19 telah usai digelar, di mana pertandingan tersebut harus berakhir dengan babak tambahan usai kedua tim bermain imbang 90 menit waktu normal.

Dalam laga yang berlangsung di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Minggu (13/01/19) dini hari WIB tersebut, AC Milan tampil kurang begitu agresif meski banyak mencipatakan peluang khususnya di babak pertama.

Statistik pertandingan memperlihatkan jika kedua kesebelasan bermain sama kuat hingga laga pun harus berakhir dengan skor kacamata di waktu normal.

Baca Juga

Selama 90 menit laga berjalan, tercatat AC Milan melepaskan 6 sepakan tepat sasaran namun tak satupun berbuah gol, serupa dengan Sampdoria yang menguasai 54% penguasaan bola namun minim peluang-peluang matang.

AC Milan yang pada babak pertama mendapat banyak peluang mencetak gol, justru terseok di babak kedua dan beruntung mereka tak kebobolan hingga memaksa laga dilanjutkan di babak extra time.

Di masa waktu tambahan, AC Milan yang melakukan sejumlah perubahan tampil lebih trengginas dan mampu mencetak dua gol, sekaligus membuat mereka lolos ke babak selanjutnya.


1. Babak Pertama

Gonzalo Higuain dalam pertandingan AC Milan.

Memulai babak pertama, AC Milan langsung mengambil alih serangan dan mendapatkan beberapa peluang untuk dapat mencetak gol.

Peluang pertama terjadi di menit ke-9' saat Samu Castillejo mencoba melepaskan tembakan mendatar dari luar kotak penalti, tetapi sayang sepakannya belum bisa menaklukkan kiper Sampdoria.

Mendapat serangan lebih dulu, Sampdoria mulai berekasi dan mendapat peluang emas pertama di menit 23'. Berawal dari tembakan Janko yang berhasil diblok Reina, Caprari berusaha menyambar bola liar namun dia terjatuh dan klaim penalti mereka diabaikan wasit.

Sampdoria kembali mendapat peluang matang, menit ke-29' sebuah umpan panjang dari sayap kanan mampu melewati garis pertahanan Milan dan nyaris diburu Gaston, beruntung Reina keluar dari sarangnya untuk mematahkan serangan.

Di sisa laga AC Milan yang terus tertekan mendapat peluang terakhir, tepatnya pada menit ke 43' usai Higuain mendapat umpan terobosan Kessie yang kemudian diarahkan ke tiang jauh, namun sayang bola masih melebar.

Pada babak pertama, kedua tim sama-sama tampil agresif namun buruknya penyelesaian akhir membuat skor kacamata tak berubah hingga akhir babak pertama.


2. Babak Kedua

Sampdoria vs AC Milan

Pada babak kedua, permainan dari masing-masing kesebelasan semakin agresif namun masih dalam batas wajar meski beberapa kali wasit menghentikan laga akibat pelanggaran, namun tak ada kartu merah langsung yang keluar.

Menit 48', sebuah blok krusial yang dilakukan Zapata berhasil mencegah upaya Quagliarella dalam mencetak gol, usai dirinya mendapat kesempatan menembak dari tepi kotak penalti.

AC Milan kembali tertekan, menit 56' Pepe Reina harus jatuh bangun untuk mematahkan upaya dari sudut sempit yang dilakukan Ramirez, di mana pemain Uruguay tersebut berhasil melepaskan tembakan mendatar namun beruntung bola masih mentah di badan Reina.

Calhanoglu nyaris bawa Milan unggul usia umpan silang Castillejo melaju sempurna ke tiang jauh namun umpan tersebut malah terbuang sia-sia akibat miss komunikasi.

Peluang terakhir didapat AC Milan, tepatnya di menit ke-90'. Berawal dari tembakan spekulasi Franck Kessié dari jarak yang cukup jauh, namun bola malah naik ke atas dan menyamping.

Hingga babak tambahan berakhir, skor sama kuat 0-0 tak berubah dan membuat kedua kesebelasan melanjutkan pertandingan ke babak tambahan


3. Babak Tambahan

Skuat AC Milan saat merayakan gol Patrick Cutrone.

Di babak tambahan, AC Milan yang memang tumpul di sektor penyerangan mulai memasukkan beberapa pemain bertipe menyerang seperti Fabio Borini dan Patrick Cutrone.

Keputusan tersebut terbukti tepat bagi AC Milan, meski di awal-laga babak tambahan mereka tertekan namun Patrick Cutrone datang sebagai penyelamat dengan golnya di menit 102 usai memanfaatkan umpan silang Andrea Conti. Skor 1-0 bertahan hingga babak perpanjangan pertama berakhir.

Sampdoria yang mencoba mencetak gol penyama kedudukan melakukan serangan sporadis, namun tak ada peluang bersih yang berhasil mereka dapatkan.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Sampdoria justru kembali tertinggal usai Patrick Cutrone mencetak gol keduanya. Menerima umpan matang dari Hakan Calhanoglu di menit 108, pemain 21 tahun tersebut langsung melepaskan tendangan voli yang mengecoh kiper.

Milan sempat memiliki peluang emas untuk menambah keunggulan usai Back-pass Tonelli ditangkap oleh Rafael, wasit pun langsung memberikan tendangan bebas tidak langsung untuk Milan di kotak penalti. Sayang, peluang tersebut tak mampu berbuah gol.


4. Susunan Pemain

Skuat AC Milan

Sampdoria

Baca Juga

AC Milan

Terus Ikuti Update Coppa Italia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM