x

3 Fakta Tersembunyi Ciro Alves, Rekrutan Anyar PS TIRA Jebolan Timnas Junior Brasil

Minggu, 20 Januari 2019 09:35 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
CIRO ALVES, pemain baru PS TIRA

INDOSPORT.COM – Klub sepak bola Indonesia, PS TIRA, resmi mengontrak pemain asing asal Brasil bernama Ciro Henrique Alves Ferreira Silva untuk mengarungi kompetisi Liga 1 (kasta tertinggi bola Indonesia) 2019.

Pengumuman perekrutan Ciro Alves berbarengan dengan satu pemain asing lainnya asal Tajikistan, Khurshed Beknazarov. PS TIRA saat ini total telah memiliki tiga penggawa impor setelah sebelumnya mendatangkan Loris Arnaud.

Baca Juga

Ciro Alves terakhir bermain untuk klub kasta tertinggi sepak bola Thailand, Chonburi FC. Gelandang sayap berusia 29 tahun itu mengemas 5 gol dan 3 assist dalam 31 pertandingan.

Tidak ada yang mengetahui bahwa Ciro Alves punya fakta tersembunyi selama berkarier di dunia sepak bola, terutama Brasil. Portofolio yang dimiliki Ciro Alves tampaknya menjadi pertimbangan tersendiri bagi PS TIRA untuk tertarik merekutnya.

Baca Juga

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 3 fakta tersenyum Ciro Alves, rekrutan baru PS TIRA.


1. Malang Melintang di Brasil

Ronaldinho saat masih membela Fluminense.

Ciro Alves lama malang melintang di kancah sepak bola Brasil. Ia lama memperkuat klub bernama Sport Recife semasa muda dan sukses mempersembahkan gelar turnamen Campeonate Pernambucano pada tahun 2009 dan 2010.

Pada turnamen Campeonate Pernambucano 2010, Ciro Alves mampu meraih gelar top skor. Ia pernah bermain di Copa Libertadores dan sempat mendapatkan pujian dari legenda Brasil, Pele.

Baca Juga

Prestasinya tersebut membawa Ciro Alves ke klub besar Serie A Brasil, Fluminense (klub yang pernah diperkuat Ronaldinho), dengan status pinjaman selama dua musim.

Meski gagal bersinar di Fluminense, ia masih menarik minta klub kasta tertinggi Brasil lainnya, seperti Bahia dan Atletico Paranaense. Bersama Bahia, ia berhasil memboyong trofi turnamen Campeonato Baiano pada tahu 2012.


2. Bela Timnas Junior Brasil

Dua penggawa baru PS TIRA Khurshed Beknazarov (kiri) dan Ciro Alves (kanan) jelang Liga 1 2019 dimulai.

Ciro Alves semasa muda pernah memperkuat Timnas Brasil U-20 pada ajang Piala Dunia 2009. Ia turun di dua pertandingan melawan Australia dan Costa Rika.

Baca Juga

Saat menghadapi Australia, Ciro Alves mencetak satu gol. Ia berhasil membawa Tim Samba menang dengan skor 3-1.

Ciro Alves tercatat membela Timnas Brasil U-20 sebanyak 7 pertandingan. Total ia sukses mengemas 5 gol di usia 20 tahun kala itu.


3. Merambah Asia

Ciro Alves, pemain baru PS TIRA.

Setelah kurang bersinar di Brasil, Ciro Alves membuka jalan ke Benua Asia. Ia mendarat ke K-League (Liga Korea) bersama Jeju United.

Sayangnya, karier Ciro Alves tidak berjalan mulus. Ia hanya tampil sebanyak 7 pertandingan dengan 3 di antaranya turun sebagai pemain inti.

Baca Juga

Sejak pindah ke Jeju United hingga kembali ke Brasil membela klub kasta ketiga Liga Brasil, Ciro Alves belum sekali pun mencetak gol. Ia baru subur kembali ketika bermain untuk Chonburi FC di divisi teratas Liga Thailand.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT.COM

BrasilLiga IndonesiaLiga 1PS TIRATRIVIA

Berita Terkini