x

3 Fakta Tentang Amido Balde, Penyerang Afrika yang Dirumorkan ke Persebaya

Selasa, 22 Januari 2019 21:23 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Amido Balde pemain incaran Persebaya

INDOSPORT. COM - Klub sepak bola Indonesia, Persebaya Surabaya kembali dikaitkan dengan sosok pemain asing. Kali ini, sosok legiun asing yang dikaitkan dengan Bajul Ijo tersebut bernama Amido Balde.

Ya, Persebaya nampak makin gencar saja berburu pemain dalam masa bursa transfer 2019. Kubu Bajul Ijo bahkan dikabarkan telah mengajukan penawaran serius kepada dua pemain asing sekaligus, yakni Damian Lizio dan Amido Balde.

Manajer Persebaya, Candra Wahyudi pun telah mengonfirmasi terkait kabar ini. Menurut Candra, sang pemain asing kemungkinan akan datang setelah kongres PSSI selesai.

Baca Juga

"Penawarannya kan sudah diajukan, ditunggu saja kedatangannya kapan. Pokoknya setelah kongres PSSI selesai," ujarnya saat di temui INDOSPORT di Hotel Sofitel Beach Resort, Nusa Dua, Bali. Senin (21/1/19).

Khusus untuk Damian Lizio, INDOSPORT sudah pernah membahas sosoknya beberapa waktu lalu. Kali ini, INDOSPORT mencoba mengulas tentang sosok lainnya, yakni Amido Balde.

Berikut fakta-fakta mengenai Amido Balde, penyerang Afrika yang dikabarkan bakal segera merapat ke Persebaya. Simak ulasannya!


1. Jebolan Akademi Sporting Lisbon

Amido Balde pemain incaran Persebaya

Sosok Amido Balde sepertinya memiliki kualitas yang cukup mumpuni bila merumput di Indonesia. Pasalnya, Amido Balde ternyata dibesarkan oleh lingkup sepak bola yang memiliki kualitas wahid.

Ya, Amido Balde merupakan pemain sepak bola lulusan akademi klub Portugal, Sporting Lisbon. Ia bergabung dengan Sporting U-19 pada 2008 silam dan kian lama terus berkembang.

Baca Juga

Namun sayang sekali, Amido Balde belum sempat merasakan bermain di tim senior Sporting. Ia dilepas oleh manajemen Sporting ke klub Portugal lainnya, Vitoria Guimares pada 2012.


2. Merumput di Celtic

Amido Balde pemain incaran Persebaya

Selepas dari kancah sepak bola Portugal, Amido Balde mencoba peruntungan lain di negara lainnya. Ya, pada 2013 ia direkrut oleh klub raksasa Skotlandia, Celtic.

Bersama Celtic, karier Amido Balde terbilang cukup gemilang. Ia cukup sering ditampilkan pada musim pertamanya dan langsung menghasilkan trofi.

Baca Juga

Ya, pada musim 2013/14, Amido Balde membantu Celtic merajai gelaran Liga Skotlandia. Itu menjadi trofi kedua Amido Balde dalam kariernya, setelah setahun sebelumnya mampu menyabet gelar Piala Portugal.


3. Diandalkan Timnas Guinea-Bissau

Amido Balde pemain incaran Persebaya

Sososk Amido Balde merupakan pemain sepak bola dari daerah Afrika. Ia tercatat memiliki status kewarganegaraan Guinea-Bissau.

Amido Balde pun dalam karier sepak bolanya pernah merasakan membela Timnas Guinea-Bissau. Menurut catatan situs Transfermarkt, Amido Balde telah tampil sebanyak enam kali untuk negaranya.

Baca Juga

Bahkan, ia berhasil membukukan satu gol dari enam kali penampilannya itu. Ia mencetak satu-satunya gol bagi Guinea-Bissau kala bertanding melawan Liberia pada 8 Oktober 2015.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persebaya SurabayaLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini