x

3 Fakta Kapten Timnas Kirgizstan, Valerii Kichin yang Melamar ke PSIS

Jumat, 1 Februari 2019 17:21 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
PSIS Incar Kapten Timnas Kirgizstan, Valerii Kichin

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini kapten Timnas Kirgizstan, Valerii Sergeyevich Kichin melamar ke PSIS Semarang pada bursa transfer Liga 1 2019. Berikut fakta sang pemain.

Valerri Kichin pun bahkan telah menyodorkan Curriculum Vitae (CV) kepada manajemen PSIS Semarang. Hal tersebut langsung dipelajari oleh Laskar Mahesa Jenar.

Bahkan tak sekadar membaca daftar riwayat hidup, manajemen PSIS juga berkomunikasi intensif dengan agen pemain sepak bola yang berposisi sebagai bek kiri itu.

Baca Juga

"Slot untuk Asia ada penawaran dari salah satu pemain Timnas Kirgizstan. Kami memang akan memaksimalkan kuota pemain asing yang ada, termasuk untuk slot Asia," kata General Manajer PSIS Wahyu "Liluk" Winarto, Kamis (31/01/19) kemarin.

Meski begitu kali ini redaksi INDOSPORT coba membeberkan fakta-fakta yang tadk diduga sebelumnya oleh publik sepak bola. Berikut datanya.


1. 1. Bermain di Eropa

Kichin Valerii

Fakta pertama menyebutkan kalau Valerii Kichin selama lima tahun terakhir bermain di benua Eropa, tepatnya di Rusia. Tentu pengalaman bermain akan berbeda atmosfernya.

Tepatnya pada musim 2013 lalu ia dikontrak oleh Volga Nizhny Novgorod. Namun selama satu musim ia dipinjamkan ke dua klub, yakkni Khimik Dzerzhensk (2013) dan Ufa (2014).

Baca Juga

Kemudian dikontrak oleh Anzhi Makhachkala pada 2014/2015. Sempat dipinajm oleh FC Tyumen pada 2015 yang akhirnya membuatnya dikontrak permanen oleh klub selama satu musim.

Kemudian pada 2016, Kichin digaet Yenisey Krasnoyarsk selama tiga musim. Total ia telah mencetak delapan gol selama berkarier di Rusia dan kerap menjadi andalan disebuah klub.


2. 2. Dua Warganegara

Logo Federasi Sepakbola Rusia

Dengan lamanya bermain di Rusia, Kichin akhirnya mendapatkan paspor warga negara tersebut. Sehingga ia memiliki dua warganegara, yakni Kirgizstan dan Rusia.

Hal tersebut karena Kichin telah bermain di Rusia selama lebih dari lima tahun. Akan tetapi ia tak bisa membela Timnas Rusia.

Baca Juga

Lantaran pada 2011 telah melakoni debut bersama Timnas Kirgizstan. Bahkan telah mencetak gol perdana pada 30 Agustus 2016 lalu.

Gol perdana tersebut dilakukan ketika Timnas Kirgizstan vs Timnas Kazakhstan di Stadion Spartak, Bishkek, Kirgizstan dengan skor 2-0 pada laga persahabatan.


3. 3. Raih Juara

Kichin Valerii

Fakta terakhir menyebutkan kalau Valerii Kichin pernah meraih gelar juara ketika bermain untuk tim Kirgizstan Dordoi Bishkek dalam kurun waktu dua tahun.

Ia mendapatkan dua gelar Shoro Top League (2011 dan 2012) serta satu trofi Kirgizstan Cup (2012). Sebelumnya ia sempat membawa Dordoi Bishkek meraih posisi runner up di Piala Presiden AFC 2010 lalu.

Baca Juga

Dengan sejumlah gelar yang pernah diraih, tentu saja menjadi catatan positif bagi Valerri Kichin pada PSIS Semarang, calon klub barunya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

KyrgyzstanPSIS SemarangLiga IndonesiaTRIVIA

Berita Terkini