x

3 Stadion dengan Kapasitas Terbanyak di Liga 1 2019

Senin, 4 Februari 2019 16:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
3 Stadion Dengan Kapasitas Terbanyak di Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Kompetisi kasta teratas sepak bola Indonesia, Liga 1 2019 beberapa bulan lagi akan resmi digelar. Meski belum ditentukan kepastian mengenai tanggalnya, namun PSSI meyakinkan jika Liga 1 2019 akan digelar pada pertengahan April.

PSSI ataupun operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), belum memnentukan dua klub yang akan menjalani pertandingan pembuka Liga 1 2019. Namun juara bertahan, Persija Jakarta kemungkinan besar akan menjalani laga pembuka di Liga 1 2019.

Persija sendiri belum mendapatkan kepastian dalam menggelar pertandingan kandang. Meski sempat diizinkan bermain di Stadion Gelora Bang Karno (GBK), namun belum ada kepastian resmi mengenai markas yang akan digunakan Persija pada musim depan.

Baca Juga

Jika Persija benar-benar diperbolehkan menggunakan GBK sepanjang kompetisi Liga 1 2019, maka stadion tersebut akan menjadi yang termegah. Karena Stadion GBK memiliki kapasitas sebesar 77 ribu.

Namun karena belum ada kepastian stadion mana yang akan digunakan Persija, maka Stadion GBK tidak masuk dalam daftar markas terbesar di Liga 1 2019. Berikut INDOSPORT merangkum tiga stadion termegah di Liga 1 2019.


1. Stadion Gelora Bung Tomo (55 Ribu Penonton)

Stadion Gelora Bung Tomo.

Stadion Gelora Bung Tomo merupakan markas Persebaya Surabaya yang terletak di kompleks olahraga Surabaya Sport Center. Stadion yang selalu dipenuhi para Bonek tersebut resmi dibuka pada 6 Agustus 2010 lalu.

Gelora Bung Tomo sendiri menjadi stadion yang paling megah di kompetisi Liga 1 2019. Karena stadion ini mampu menampung sebanyak 55.000 penonton.

Stadion tersebut nyatanya sempat tidak bisa dipakai oleh Persebaya karena sulitnya izin dari Kadispora Surabaya. Namun masalah itu nampaknya mampu diselesaikan dengan baik oleh pihak Persebaya.


2. Stadion Kanjuruhan (40 Ribu Penonton)

Stadion Kanjuruhan.

Markas Arema FC, yakni Stadion Kanjuruhan menjadi yang termegah kedua sebelum Gelora Bung Tomo di kompetisi Liga 1 2019 ini. Bagaimana tidak, Stadion Kanjuruhan ini memiliki kapasitas sebesar 40 ribu.

Stadion Kanjuruhan sendiri telah dibangun sejak tahun 1997 silam. Dalam pembangunannya, stadion kebanggaan Aremania tersebut mampu menghabiskan biaya sebesar Rp35 miliar.

Pada tanggal 9 Juni 2004 lalu, Stadion Kanjuruhan baru diresmikan. Pertandingan antara Arema vs PSS Sleman pun menjadi laga pertama yang digelar di Stadion. Pertandingan itu sendiri merupakan lanjutan dari kompetisi Divisi Satu Liga Pertamina 2004.


3. Gelora Bandung Lautan Api (38 Ribu Penonton)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Stadion Gelora Bandung Lautan Api merupakan markas Persib Bandung di kompetisi Liga 1 musim 2019 mendatang. Stadion yang dibangun pada Oktober 2009 tersebut menjadi yang terbesar ketiga di Liga 1 2019.

Baca Juga

Bagaimana tidak, Stadion Gelora Bandung Lautan Api ini pun sebenarnya bisa menampung sebanyak 72 ribu penonton. Namun karena menggunakan standar FIFA, stadion ini hanya bias menampung 38 ribu supporter dengan single seat.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

StadionStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaStadion Gelora Bung TomoStadion KanjuruhanLiga 1TRIVIA

Berita Terkini