x

3 Pemain yang Siap Menonjol di Final Piala AFF U-22: Indonesia vs Thailand

Selasa, 26 Februari 2019 08:06 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
4 Pesepak bola asia ini penah diterpa skandal pencurian umur.

INDOSPORT.COM – Pertandingan final Piala AFF U-22 2019 antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand akan menjadi panggung bagi pemain-pemain muda terbaik kedua tim.

Baik Timnas sepak bola Indonesia U-22 maupun Thailand telah menunjukkan kemampuan terbaik mereka hingga bisa melaju ke partai puncak.

Skuat Garuda Muda tampil produktif dengan torehan 6 gol dalam 4 pertandingan. Sementara itu, Thailand sama sekali belum kebobolan dalam pertandingan waktu normal.

Baca Juga

Di balik penampilan gemilang Timnas U-22 dan Thailand, tentu ada pemain-pemain kunci yang menonjol dari setiap tim. Mereka memiliki peran yang membuat timnya kuat bertahan, imbang di lapangan tengah, dan tajam di depan.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangum 3 pemain Timnas Indonesia U-22 dan Thailand yang siap menonjol di final Piala AFF U-22 2019.


1. 3 Pemain Timnas U-22 yang Siap Menonjol

Skuat Timnas Indonesia U-22.

Pelatih Indra Sjafri menghadirkan komposisi pemain yang segar di skuat Timnas Indonesia U-22. Didominasi pemain Timnas U-19, Garuda Muda punya keseimbangan di setiap lini yang memperkuat permainan mereka di atas lapangan.

Di lini depan, Timnas Indonesia U-22 punya dua pemain berpengalaman asal Papua dalam diri Marinus Wanewar dan Osvaldo Haay. Keduanya menjadi pemain yang paling menonjol di sektor penyerang.

Dengan torehan 3 gol, Marinus Wanewar kini menempati posisi puncak daftar top skor sementara Piala AFF U-22 2019 bersama pemain Vietnam, Tran Danh Trung.

Striker berusia 22 tahun itu memang tidak mencetak gol pada laga menghadapi Vietnam. Akan tetapi, ia mampu memberikan tekanan kepada sektor pertahanan lawan dan menunjukkan sikap tenang dengan tidak mudah terprovokasi.

Baca Juga

Sementara itu, Osvaldo punya peran dalam mendobrak pertahanan lewat tusukan di sisi sayap. Meski belum mencetak gol, pemain muda terbaik Liga 1 2018 ini tidak tergantikan di Piala AFF U-22 2019.

Di sektor gelandang, Indra mempercayakan peran vital kepada Luthfi Kamal Baharsyah. Ia ditempatkan seorang diri sebagai gelandang bertahan dalam formasi 4-1-4-1.

Menurut statistik Labbola, Luthfi sukses menyatatkan 6 clearance, lebih banyak dari Bagas Adi Nugroho dan Nurhidayat Haji Haris yang berposisi sebagai bek tengah.

Peran Luthfi begitu penting dalam memutus serangan lawan sebelum sempat mampir ke lini pertahanan Indonesia. Ia juga piawai mengeksekusi bola mati dan mengirimkan umpan daerah ke sisi sayap atau langsung ke area kotak penalti.


2. 3 Pemain Thailand yang Siap Menonjol

Saringkan Promsupa bek Timnas Thailand U-23

Di kubu Thailand, Timnas Indonesia U-22 harus mewaspadai duet Jaroensak Wonggorn dan Jedsadakorn Kowngam di sektor depan. Keduanya sama-sama telah menyumbang satu gol bagi Thailand.

Jaroensak Wonggorn patut dijaga mengingat ia lihai dalam mengalirkan bola ke berbagai lini. Pemaon yang pernah mencetak gol ke gawang Bahrain di turnamen Alpine Cup 2018 ini bisa dibilang adalah nyawa permainan Thailand.

Sementara itu, Jedsadakorn Kowngam menjadi salah satu algojo bola mati Thailand. Ia kerap mengambil set-piece dari berbagai situasi, baik tendangan bebas maupun sepak sudut.

Baca Juga

Satu lagi pemain yang harus diwaspadai ialah Saringkan Promsupa. Ia telah menjadi bagian dari Timnas Thailand U-23 sejak tahun 2017 lalu.

Saringkan Promsupa kini menjabat sebagai kapten Thailand di Piala AFF U-22 2019. Meski berposisi sebagai bek tengah, ia merupakan top skor Thailand dengan torehan 2 gol.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Piala AFF U-22 dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

ThailandTimnas U-22Bola InternasionalMarinus WanewarOsvaldo HaayTRIVIAPiala AFF U-22 2019Timnas Indonesia U-22Luthfi Kamal

Berita Terkini