x

Fakta Menarik Derby Merseyside, Everton vs Liverpool di Pekan-29 Liga Primer Inggris 2018/19

Senin, 4 Maret 2019 11:30 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pemain Liverpool Tren-Alexandre Arnold mengejar bola di laga kontra Everton, Minggu (03/03/19).

INDOSPORT.COM - Partai panas bertajuk derbi Merseyside antara Everton vs Liverpool di pekan ke-29 Liga Primer Inggris 2018/19 baru saja terjadi, menghasilkan beberapa kejutan serta fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Goodison Park, Minggu (3/3/19) malam WIB tersebut, kedua tim tak mampu mencetak gol meski jual beli serangan silih berganti terjadi.

Skor kacamata pun bertahan hingga 2x45 menit berakhir, Tambahan satu poin menjadi hasil yang didapat keduanya selepas pertandingan tersebut.

Baca Juga

Memang, tak ada pemenang dalam laga yang seharusnya berjalan dengan tensi panas semalam. Namun, beberapa catatan menarik berhasil dikumpulkan dan layak untuk disimak.

Salah satunya adalah peforma Liverpool yang belakangan mulai menurun terutama saat melakoni partai tandang, dimana anak asuh Jurgen Klopp tersebut gagal meraih kemenangan dalam dua laga tandang terakhir mereka.

Imbasnya, kini The Reds digusur oleh Manchester City dari puncak klasemen dan kini tertinggal satu angka. Jika hal tersebut terus berlanjut, bukan tak mungkin mimpi untuk meraih gelar Liga Primer pertama dalam dua dekade terakhir akan kembali pupus.

Tak hanya peforma anjlok Liverpool, masih ada beberapa data tersembunyi dan mengejutkan lainnya dari kedua kesebelasan. Berikut INDOSPORT.COM coba mengulas fakta menarik usai derbi Merseyside di pekan ke-29 Liga Primer 2018/19.


1. Everton Setara Manchester City dan Manchester United

Mohammad Salah dikawal ketat para pemain Everton.

Usai menahan imbang sang rival tanpa gol di pertandingan semalam, Everton kini setara dengan Manchester City dan Manchester United sebagai salah satu tim yang mampu menahan keran gol Liverpool musim ini.

Pada musim ini, Liverpool memang tampil impresif bahkan mereka sempat meraih enam kemenangan beruntun dan baru menelan satu kekalahan, yakni saat berhadapan dengan Manchester City di Liga Primer Inggris.

Catatan tersebut semakin dipecantik dengan torehan gol yang telah menyentuh angka 64 gol dan cuma kebobolan 15 gol atau yang paling sedikit dari 20 kontestan Liga Primer Inggris musim ini.

Hingga pekan ke-29, Liverpool hanya gagal mencetak gol ke gawang Manchester City, Manchester United, dan Everton. Terasa spesial bagi Everton lantaran mereka bukan tim empat besar, namun mampu meredam keagresifan Mohamed Salah dan kolega.


2. Mohamed Salah Kehilangan Sentuhan

Luke Shaw kawal Mohamad Salah dengan ketat

Selain gagal mencetak gol dalam tiga laga terakhir, ujung tombak Liverpool Mohamed Salah juga menjadi pemain dengan kegagalan mengeksekusi peluang emas terbanyak di Liga Primer Inggris musim ini.

Melansir dari laman Squawka, mantan pemain AS Roma tersebut telah gagal memaksimalkan 13 peluang emas yang bisa berbuah gol sepanjang musim ini. Jumlahnya hanya kalah dari Pierre-Emerick Aubameyang yang telah menyia-nyiakan 19 peluang emas di musim 2018/19.

Kegagalan Mohamad Salah dalam mencetak gol sedikit berdampak dengan menurunnya peforma Liverpool. Dalam tiga laga saat Salah tak mencetak gol, The Reds hanya bisa meraih lima poin hasil dari dua imbang dan satu kemenangan.


3. Alisson Becker Si Tangan Emas

Wajah semrawut ditunjukan Alisson Becker usai melakukan blunder.

Di balik capaian impresif Liverpool musim ini, terdapat sosok penjaga gawang yang mampu menghalau berbagai serangan dari tim lawan hingga membuat gawang tim steril dari gol lawan.

The Reds pun patut berterima kasih kepada sosok Alisson Becker, di mana pemain berusia 26 tahun tersebut sukses mengawal gawang Liverpool, hanya kebobolan 15 gol hingga pekan ke-29.

Catatan tersebut menjadikannya sebagai kiper dengan jumlah kemasukan paling sedikit sekaligus penjaga gawang debutan dengan rekor clean sheet terbanyak bagi Liverpool.

Baca Juga

Sampai pertandingan kontra Everton semalam, Alisson telah mencatatkan 17 kali clean sheet. Namun, raihan tersebut masih kalah dari Pepe Reina, yang sukses meraih 20 clean sheet dalam musim debutnya bersama Liverpool.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Primer Inggris dan Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

LiverpoolEvertonLiga Primer InggrisDerby MerseysideLiga InggrisBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini