x

10-Year Challenge Barcelona di Liga Champions demi Tradisi Juara dari Spanyol

Kamis, 14 Maret 2019 16:08 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Barcelona baru saja memastikan diri lolos ke babak perempat final Liga Champions 2018/19 usai menang telak 5-1 atas Olympique Lyon di Camp Nou, Kamis (14/03/19) dini hari tadi.

Kemenangan 5-1 Barcelona dicetak oleh Lionel Messi (17', 78'), Philippe Coutinho (31'), Gerard Pique (81') dan Ousmane Dembele (86').

Kelolosan ini membuat peluang Barcelona terbuka sangat lebar untuk kembali menyabet gelar juara Liga Champions seperti 10 tahun yang lalu.

Baca Juga

Ya, Barcelona memang pernah menjuarai Liga Champions adalah pada musim 2008/09 saat mereka menaklukkan Manchester United dengan skor 2-0 di pertandingan final.

Dan lagi, situasi perempat final Liga Champions musim ini hampir sama persis dengan apa yang terjadi saat Barcelona menjuarai kompetisi elite Eropa ini pada musim 2008/09 silam.

10-Year Challenge Barcelona

Beberapa waktu lalu, ramai tagar #10YearChallenge di media sosial. Para netizen ramai-ramai memamerkan foto mereka pada 2009 dan 2019. Lantas, apa hubungannya dengan Barcelona?

Bisa dikatakan, meraih gelar juara Liga Champions 2018/19 merupakan 10-Year Challenge sesungguhnya untuk Barcelona. Situasi yang sama dan juga komposisi pemain saat ini terbilang kuat, membuat mereka diunggulkan.

Situasi sama dari Liga Champions 2008/09 dan 2018/19 ini adalah jumlah klub Liga Primer Inggris yang lolos ke babak perempat final. Musim 2008/09, sebanyak empat klub Inggris juga sukses mencapai perempat final.

Baca Juga

Mereka adalah Arsenal, Manchester United, Liverpool dan Chelsea. Arsenal menyingkirkan Villarreal dan lolos ke babak semifinal, Manchester United lolos usai menang agregat 3-2 atas Porto.

Sementara itu, Liverpool dan Chelsea saling bertemu dan The Blues yang melenggang ke semifinal. Di semifinal, Chelsea pun tersingkir oleh Barcelona yang melaju ke semifinal.

Selebrasi pemain Barcelona saat juara Liga Champions.

Barcelona sudah ditunggu Manchester United di final Liga Champions 2008/09 silam, usai Setan Merah menyingkirkan Arsenal di semifinal dengan skor telak 4-1. Barcelona pun berhasil menang 2-0 atas Man United dan menjadi juara Liga Champions 2008/09.

Dengan empat klub Liga Primer Inggris yang memeriahkan babak perempat final Liga Champions musim ini dan masih ada sosok Lionel Messi, situasinya sungguh sama untuk Barcelona saat juara 10 tahun yang lalu.


1. Tradisi Juara dari Spanyol

Real Madrid menjuarai Liga Champions.

Satu lagi hal yang mendukung bahwa takdir tampaknya berpihak pada Barcelona. Tradisi juara Liga Champions dari LaLiga Spanyol dalam lima tahun terakhir.

Seperti yang bisa dilihat dari UEFA.com, dalam lima musim terakhir juaranya berasal dari Spanyol. Dengan empat gelar juara oleh Real Madrid dan sekali Barcelona pada musim 2014/15.

Tren ini bisa berlanjut, apalagi melihat trio lini depan Barcelona yang semakin padu. Sang megabintang Messi akan dibantu Luis Suarez dan Ousmane Dembele.

Baca Juga

Ernesto Valverde juga merotasi skuatnya beberapa kali guna menurunkan kekuatan terbaiknya di Liga Champions. Messi misalnya. Dia hanya tampil tiga kali full-time dari delapan pertandingan Copa del Rey yang sudah dilakoni Barcelona sejauh ini.

Sebagai satu-satunya wakil tersisa dari Spanyol, kita lihat saja apakah Barcelona mampu mempertahankan tren juara Liga Champions dari Negeri Matador.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT

Manchester UnitedLiverpoolBarcelonaLionel MessiLiga ChampionsErnesto Valverde

Berita Terkini