x

3 Tim Besar Liga 1 yang Selalu Gagal di Piala Presiden

Minggu, 17 Maret 2019 15:33 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Tiga klub yang gagal di Piala Presiden setidaknya sejak dua musim terakhir.

INDOSPORT.COM – Turnamen pramusim Piala Presiden merupakan salah satu ajang untuk mematangkan skuat sebuah jelang kompetisi yang sesungguhnya, yakni Liga 1.

Meski hanya turnamen pramusim dan tidak terdaftar resmi di PSSI serta FIFA, namun sejumlah klub secara mati-matian berjuang demi mendapatkan gelar pada ajang tersebut.

Namun ada juga tim yang menganggapnya turnamen ini hanya ajang biasa, yang tidak harus dipandang serius. Karena ada beberapa tim yang sejak awal konsisten menurunkan pelapis keduanya di sepanjang Piala Presiden.

Baca Juga

Karena keberhasilan tim di kompetisi yang sesungguhnya tidak dapat dilihat dari penampilannya di Piala Presiden. Sejumlah tim yang gagal total di Piala Presiden, justru berprestasi di Liga 1.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum tiga tim yang selalu gagal setidaknya dua musim berturut-turut atau lebih di turnamen Piala Presiden. 


1. Persib Bandung

Saepuloh Maulana menjalani laga debut saat Persebaya Surabaya vs Persib Bandung di Piala Presiden 2019, Kamis (07/03/19).

Turnamen Piala Presiden nampaknya tidak bersahabat bagi Persib Bandung, setidaknya dalam dua musim terakhir. Bagaimana tidak, Persib harus dipermalukan meski berstatus sebagai tuan rumah di penyisihan grup.

Pada musim ini, tim berjuluk Maung Bandung itu dibuat tidak berdaya di depan ribuan Bobotoh. Bahkan sebelum putaran fase grup selesai, Persib sudah dipastikan lebih dulu tersingkir di Piala Presiden 2019 usai kalah di dua laga awal.

Baca Juga

Sedangkan pada Piala Presiden 2018 lalu, Persib hancur lebur ketika menelan kekalahan dua kali atas PSMS Medan (0-2) dan PSM Makassar (0-1). Padahal asa Persib untuk lolos terbuka lebar ketika menang di laga perdana melawan Sriwijaya.


2. PSM Makassar

Pemain PSIS Semarang tengah melakukan tendangan arah gawang PMS

PSM Makassar menjadi klub yang tidak pernah mengganggap bahwa turnamen Piala Presiden sebagai ajang serius. Itu terbukti ketika mereka selalu menurunkan pemain pelapis meski dilatih oleh juru taktik yang berbeda.

Pada Piala Presiden 2019 ini Juku Eja harus mendekam di dasar klasemen setelah sama sekali tak menorehkan kemenangan satu kali pun.

Penampilan mereka pun tak mengalami perubahan saat bersaing di Piala Presiden 2018 lalu. Mereka juga berada di dasar klasemen. Mereka sudah dipastikan tidak lolos dalam dua laga awal karena menelan kekalahan berturut-turut atas PSMS Medan (1-2) dan Sriwijaya (0-3).

Baca Juga

Namun kegagalannya di Piala Presiden 2018 itu berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Liga 1. Karena dirinya berhasil menjadi runner up di musim tersebut.


3. Barito Putera

Barito Putera vs Persita Tangerang di Piala Presiden 2019.

Klub yang cukup memiliki nama besar lainnya adalah Barito Putera. Tim yang mendapatkan julukan Laskar Antasari tersebut gagal dalam tiga edisi terakhir Piala Presiden.

Barito Putera sama sekali tidak bisa lolos dari penyisihan grup sejak bertarung di Piala Presiden 2017 lalu. Pada musim itu, mereka hanya berada di peringkat ketiga dengan torehan empat poin.

Pada musim selanjutnya, Barito Putera kalah dalam perebutan runner up terbaik. Tim asuhan Jacksen F. Tiago tersebut hanya meraih empat poin. Sedangkan tiga tim yang diambil dari runner up terbaik seluruhnya meraih enam poin.

Baca Juga

Kegagalan Barito Putera pun kembali mereka alami pada musim ini. Tim yang identik dengan warna kuning itu gagal meraih kemenangan di laga akhir fase grup saat berhadapan dengan Persela. Itu membuatnya Barito Putera berada di posisi ketiga.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Persib BandungBarito PuteraPSM MakassarPiala PresidenLiga IndonesiaPiala Presiden 2017Piala Presiden 2018TRIVIAPiala Presiden 2019

Berita Terkini