x

Hati-hati Kalteng Putra! Sukses di Piala Presiden Bisa Terdegradasi dari Liga 1

Minggu, 17 Maret 2019 14:39 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Logo Kalteng Putra

INDOSPORT.COM – Klub promosi Liga 1 2019, Kalteng Putra secara mengejutkan berhasil lolos ke perempatfinal Piala Presiden 2019. Bahkan, mereka berhasil keluar sebagai juara grup dan unggul dari Persipura Jayapura dan PSIS Semarang.

Padahal tim yang mendapatkan julukan Laskar Isen Mulang tersebut sempat tidak diperhitungkan di fase grup. Wajar, Kalteng Putra merupakan ‘anak baru’ di kasta teratas sepak bola Indonesia.

Mereka mendapatkan kesempatan bermain di Piala Presiden 2019 setelah promosi ke kasta teratas sepak bola Indonesia pada musim ini. Mereka pun tentunya tambah yakin mengarungi Liga 1 setelah terbilang berhasil di Piala Presiden 2019 ini.

Baca Juga

Namun keberhasilan di Piala Presiden 2019 nampaknya bisa membawa malapetaka bagi tim promosi seperti Kalteng Putra. Karena beberapa klub yang berprestasi di Piala Presiden justru harus turun kasta ke Liga 2 di musim yang sama.

Itu pernah dialami oleh Semen Padang. Mereka tampil mengesankan sebagai juara grup di Piala Presiden dan mampu melangkah hingga babak semifinal. Namun ketika bertarung di Liga 1, mereka justru harus terdegradasi.

Pada Piala Presiden 2018, situasi ini juga terjadi pada klub yang saat itu baru promosi ke Liga 1, yakni PSMS Medan. Ayam Kinantan mampu memberikan kejutan dengan menembus babak semifinal. Namun mereka disingkirkan oleh Persija Jakarta di babak tersebut.

Baca Juga

Prestasi itu pun terbilang cukup membanggakan bagi klub yang baru saja promosi. Tak heran jika beberapa pihak menilai bahwa PSMS Medan akan kembali memasuki persaingan juara di Liga 1 2018 seperti pada era Perserikatan.

Namun PSMS Medan justru hancur lebur di Liga 1 2018. Mereka sulit beranjak dari zona merah, hingga akhirnya hanya satu musim merasakan ketatnya persaingan di Liga 1.

Lawannya diperebutan peringkat tiga Piala Presiden 2018, Sriwijaya FC, pun juga harus turun kasta ke Liga 2 pada musim yang sama. Ini cukup menjadi pembuktian bahwa sukses di Piala Presiden tak jadi jaminan tim tersebut bisa bersaing di Liga 1.

Situasi ini pun seharunya bisa menjadi pembelajaran bagi Kalteng Putra. Mereka sebisa mungkin tak boleh mengulangi kesalahan PSMS dan dua klub lainnya. Kalteng Putra wajib memperlihatkan prestasi di Piala Presiden dan Liga 1 secara bersamaan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya di INDOSPORT

Piala PresidenLiga IndonesiaPiala Presiden 2017Liga 1Kalteng Putra FCPiala Presiden 2018Piala Presiden 2019

Berita Terkini