x

Tak Disangka! Juan Mata Ternyata Punya Usaha Agensi Pemain

Minggu, 24 Maret 2019 19:21 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Selebrasi Juan Mata setelah mencetak gol pembuka di laga Piala FA saat berhadapan dengan Reading.

INDOSPORT.COM- Hubungan pemain sepak bola dengan agen memang sudah tidak bisa dipisahakan lagi. Bisa dikatakan hubungan ini adalah bukti nyata akan simbiosis mutualisme, yakni saling membutuhkan.

Ya, pemain sepak bola membutuhkan agen untuk membantu bernegosiasi kontrak dengan klubnya, sedangkan agen membutuhkan pemain bola untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Dengan pekerjaan seperti itu, tentu saja konflik sekecil apapun, pastinya tidak bisa dihindarkan lagi. Sang pemain berharap bisa mendapatkan kesepakatan yang terbaik untuk dirinya sendiri, begitupula dengan sang agen berharap bisa mendapatkan kesepakatan yang menguntungkan untuk pemain dan dirinya.

Baca Juga

Salah satu konflik yang berhasil mencuri perhatian beberapa hari terakhir adalah keputusan geladang asal Paris Saint-Germain (PSG), Adrien Rabiot, yang memutuskan untuk memecat agennya yang tak lain adalah ibunya sendiri karena gagalnya negosiasi dengan Barcelona.

Kejadian serupa juga pernah dialami oleh Gianluigi Donnaruma pada tahun 2017 hingga 2018 lalu. Kala itu, agennya, Mino Raiola, menuai banyak kecaman setelah bersikukuh untuk membawa Donnarumma hengkang dari AC Milan.

Baca Juga

Dengan maraknya kasus-kasus seperti itu, tak sedikit dari pesepakbola dunia yang memilih tidak memiliki agen, demi menghindari konflik tersebut. Akan tetapi, tak sedikit pula yang justru membuat perusahaan agennya sendiri.

Hal ini dilakukan langsung oleh Juan Mata yang berhasil mendirikan sebuah agen bernama Grupo JM10 Sport SL. Menariknya, perusahaan yang dibangun oleh pemain Manchester United tersebut telah menarik perhatian 10 pemain, termasuk Juan Mata sendiri.

Perusahaan Agency Milik Juan Mata.

Dari nama-nama yang tercantum pada daftar tersebut, dapat dilihat hanya Juan Mata dan Jose Salomon Rondon saja yang bisa dikatakan sebagai pemain 'bintang' di perusahaan ini. Sisanya adalah pemain-pemain kelas 'b' atau menengah.

Terus Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Manchester UnitedJuan MataAdrien RabiotMino RaiolaGianluigi DonnarummaBola Internasional

Berita Terkini