x

Termasuk Markas Persib, Ini Harga Sewa Stadion Sepak Bola Indonesia

Senin, 1 April 2019 10:51 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Stadion Utama Gelora Bung Karno

INDOSPORT.COM – Hampir semua klub sepak bola Indonesia belum memiliki stadion yang dikelola sendiri. Untuk itu, mereka harus membayar uang sewa stadion yang tidak murah.

Bhayangkara FC sejauh ini menjadi klub pertama yang memiliki stadion sendiri. Ya, Stadion PTIK bisa dipakai skuat The Guardians tanpa harus mengeluarkan uang sewa.

Harga sewa stadion di Indonesia ternyata bervariasi. Tingkat kasta klub bermain ternyata juga mempengaruhi nominal harga sewanya.

Pecinta sepak bola Indonesia tentu bertanya-tanya terkait biaya sewa stadion klub kebangaannya setiap kali menggelar laga kandang.

Meski harus membayar harga mahal, klub sepak bola Indonesia ternyata turut menyumbang pendapatan daerah ke Pemerintah Kota/Daerah.

Maka dari itu, berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum harga sewa stadion sepak bola di Indonesia.

Baca Juga

Stadion Patriot Candrabhaga

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kota Bekasi, Tedi Hafni mengungkapkan Stadion Patriot akan digunakan oleh dua klub pada musim 2019, yakni Bhayangkara FC (Liga 1) dan Persis Solo (Liga 2).

Harga sewa stadion yang kerap dipakai Persija Jakarta ini untuk pertandingan Liga 1 sebesar Rp55 juta per laga, sementara Liga 2 adalah Rp30 juta.

Stadion Patriot, Pakansari dan Si Jalak Harupa.

Stadion Wibawa Mukti

Masih berdasarkan sumber dari Tedi Hafni selaku Kepala Dispora Pemkot Bekasi, harga sewa Stadion Wibawa Mukti, Cikarang sebesar Rp79 juta.

Stadion Pakansari

Stadion Pakansari dapat disewa dengan harga Rp84 juta untuk menggelar satu pertandingan. Dibandingkan Patriot dan Wibawa Mukti, Pakansari menjadi yang paling mahal.


1. Dari Termahal sampai Termurah

kondisi rumput dan lampu stadion gajayana

Stadion Gelora Bung Karno

Stadion Gelora Bung Karno (GBK) biasa digunakan sebagai kandang Persija Jakarta dan pertandingan internasional serta agenda Timnas Indonesia. Harga sewa GBK ternyata mencapai Rp540 juta dengan uang jaminan Rp1,5 miliar.

Stadion Gelora Bung Tomo

Harga sewa Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sebesar Rp90 juta. GBT memiliki kapasitas mencapai 55.000 penonton dan selalu ramai dipenuhi Bonek ketika Persebaya Surabaya berlaga.

Stadion Batakan

Stadion mewah yang terletak di kota Balikpapan ini dibangun dengan dana Rp1,3 triliun. Harga sewa kandang Persiba Balikpapan ini mencapai Rp250 juta.

Stadion Batakan.
Baca Juga

Stadion Si Jalak Harupat

Markas klub Persib Bandung ini ternyata memiliki harga sewa yang mahal. Stadion Si Jalak Harupat dapat disewa dengan harga Rp150 juta.

Stadion Maguwoharjo

Di antara stadion megah lainnya, Stadion Maguwoharjo bisa dikatakan yang termurah. Stadion yang dijuluki ‘Mini San Siro’ ini memiliki harga sewa Rp20 juta ditambah Rp5 juta apabila menggelar laga malam hari.

Stadion Maguwoharjo

Stadion Gajayana

Harga sewa Stadion Gajayana ternyata juga tidak kalah miring. Harga sewa stadion yang pernah menjadi markas Arema FC ini sebesar Rp12 juta per laga plus Rp2 juta untuk penerangan.

Stadion Ratu Pemelingan

Harga sewa Stadion Ratu Pemelingan mencapai Rp25 juta sekali pakai. Hitungan sewa markas klub Madura United ini selama setiap 25 jam.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)StadionStadion MaguwoharjoStadion Si Jalak HarupatStadion Wibawa MuktiStadion PakansariLiga IndonesiaStadion Gelora Bung TomoStadion GajayanaStadion BatakanStadion Gelora Ratu PamelinganBola Indonesia

Berita Terkini