x

Termasuk Liverpool vs Porto, Ini 3 Kontroversi yang Luput dari VAR di Liga Champions

Rabu, 10 April 2019 10:15 WIB
Editor: Coro Mountana
Detik-detik kaki Harry Kane diinjak oleh Fabian Delph di pertandingan Tottenham Hotspur vs Manchester City di babak 8 besar Liga Champions, Rabu (10/04/19) dini hari WIB. twitter.com/BenDinnery

INDOSPORT.COM – Kontroversi yang luput dari VAR (Video Assistant Referee) kali ini terjadi di dua pertandingan leg pertama babak perempatfinal Liga Champions yang dimainkan pada Rabu (10/04/19) dini hari.

Liga Champions telah memasuki babak perempatfinal yang berisi 8 tim terbaik di Eropa. Dua pertandingan yang telah dimainkan itu sendiri adalah Liverpool vs Porto dan Tottenham Hotspur vs Manchester City yang berjalan dengan penuh drama.

Baca Juga

Di laga Liverpool vs Porto, tim tuan rumah mampu tampil mendominasi yang berujung pada kemenangan 2-0. Liverpool membawa modal berharga saat bertandang ke markas Porto di leg kedua dengan keunggulan 2-0.

Sedangkan di tempat lain, Manchester City secara mengejutkan berhasil dikalahkan oleh Tottenham Hotspur dengan skor 0-1. Kedua pertandingan tersebut berlangsung dengan sangat sengit, namun sayang ada banyak kejadian kontroversi yang luput dari pengamatan wasit dan VAR.

Baca Juga

Video Assistant Referee sendiri merupakan sebuah tayangan ulang yang dapat membantu wasit melihat berbagai kejadian di lapangan lewat beberapa sudut. Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam 3 kontroversi yang luput dari VAR di Liga Champions.


1. Fabian Delph Tidak Diberi Kartu Saat Injak Kaki Harry Kane

Detik-detik kaki Harry Kane diinjak oleh Fabian Delph di pertandingan Tottenham Hotspur vs Manchester City di babak 8 besar Liga Champions, Rabu (10/04/19) dini hari WIB. twitter.com/BenDinnery

Pertama ada insiden sebuah pelanggaran horor dari bek kiri Manchester City kepada penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane. Kejadian bermula ketika laga memasuki menit ke-58 di mana Harry Kane bertabrakan dengan Fabian Delph.

Jika dilihat secara teliti, ada injakan yang dilakukan oleh Delph kepada Kane yang membuat penyerang Tottenham Hotspur itu langsung ditarik keluar. Kane sendiri diperkirakan alami cedera ligament pada engkel kaki kirinya.

Baca Juga

Dengan adanya insiden injakan di bagian engkel, seharunya sang wasit perlu melihat di VAR kalau Delph layak diberi hukuman kartu. Pasalnya menginjak itu sangat berbahaya dan bisa berakibat pada cedera yang sangat fatal.

Trent Alexander-Arnold Menyentuh Bola dengan Tangan di Kotak Penalti

Mohamed Salah berusaha melewati pemain Porto babak pertandingan babak pertama Liverpool vs Porto, Rabu (10/04/19), di Stadion Anfield.

Insiden kontroversi tak hanya terjadi di laga Tottenham Hotspur vs Manchester City. Ternyata di duel Liverpool vs Porto juga terjadi kejadian kontroversi yang perlu VAR untuk mereview ulang agar mendapatkan keputusan yang adil.

Di duel Liverpool vs Porto sendiri, kejadian itu bermula ketika Alisson tidak menangkap bola dengan sempurna yang membuat bola bergulir dengan liar di dalam kotak penalti. Bek kanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold yang mendekati bola tampak berusaha menahan bola,

Baca Juga

Namun malang bola tersebut malah terkena tangannya yang langsung diprotes oleh para pemain Porto yang meminta penalti. Kejadian yang berlangsung dengan begitu cepat itu pun mengundang berbagai reaksi di media sosial yang percaya itu harusnya penalti, tapi ada juga yang menggangap tangan Trent pasif.


2. Aksi Smack Down dan Memukul Kepala dari Fernandinho ke Harry Kane

Harry Kane berkali-kali mengalami penyiksaan di pertandingan Tottenham vs Manchester City di Liga Champions, Rabu (100419) dini hari. Squawka

Suka dengan Smack Down? Jika iya anda bisa melihat gerakan tersebut di laga Tottenham Hotspur vs Manchester City. Di suatu momen tampak ada perebutan bola antara Fernandinho dengan Harry Kane.

Namun yang terjadi adalah Kane terjatuh dan langsung dihantam dengan tubuh oleh Fernandinho. Saat Kane ingin bangkit, Fernandinho secara sengaja menahan kepala Kane dengan siku agar penyerang Tottenham itu tetap tertidur.

Baca Juga

Kane yang tidak terima langsung bangun melepaskan diri dari cengkraman Fernandinho. Seharusnya di laga itu, kartu perlu dikeluarkan dari kantong wasit agar tidak ada lagi aksi yang begitu kasar seperti itu.

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga Champions dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.

LiverpoolManchester CityLiga ChampionsFC PortoTottenham HotspursVideo Assistant Referees (VAR)TRIVIASepak BolaTottenham Hotspur vs Manchester City

Berita Terkini