x

5 Fakta Mengagetkan Usai Liverpool Menang ‘Gampang’ Atas Porto

Rabu, 10 April 2019 06:29 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Abdurrahman Ranala
Selebrasi Roberto Firmino dan Naby Keita usai membobol gawang Porto di babak 8 besar Liga Champions 2019, Rabu (10/04/19), di Anfield.

INDOSPORT.COM – Liverpool telah melangkahkan satu kakinya di babak semifinal Liga Champions 2018/19 usai menang 2-0 atas Porto, Rabu (10/04/19) dini hari WIB, di Stadion Anfield.

The Reds bahkan unggul cepat awal babak pertama tepatnya pada menit ke-5 lewat tembakan Naby Keita memanfaatkan umpan Roberto Firmino.

Firmino kembali berkontribusi dalam gol Liverpool. Pemain asal Brasil itu berhasil meneruskan umpan Trent Alexander-Arnold dari sisi kanan sehingga berbuah gol kedua bagi pasukan Jurgen Klopp.

Baca Juga

Porto nyaris tidak memberikan perlawanan berarti selain serangan-serangan balik cepat. Alisson Becker sempat berjibaku di akhir babak pertam, namun setelah itu tidak ada ancaman berarti ke gawang Liverpool.

Di balik kemenangan ‘gampang’ Liverpool atas Porto, terselip 5 fakta yang patut untuk disimak. Apa sajakah fakta-fakta tersebut?

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT merangkum 5 fakta usai pertandingan putaran pertama babak 8 besar Liga Champions 2018/19 antara Liverpool vs Porto.


1. Kedigdayaan Liverpool

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp.

Dominasi Atas Porto

Liverpool nyatanya masih terlalu kuat bagi Porto. Buktinya, Liverpool tidak pernah kalah saat berjumpa Porto di kompetisi benua Eropa.

Menurut OptaJoe, Liverpool tidak pernah kalah melawan Porto di kompetisi Eropa dalam 6 pertemuan terakhir dengan rekor 3 kemenangan dan 3 imbang.

Baca Juga

Kado Jurgen Klopp

Kemenangan 2-0 atas Porto menjadi kado yang indah bagi pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Pasalnya, Klopp baru saja meraih kemenangan ke-400 sepanjang kariernya sebagai pelatih di semua kompetisi.

Dari 400 kemenangan tersebut, 111 di antaranya dialami bersama Liverpool. Sementara itu, 180 kemenangan ia raih bersama Borussia Dortmund, sedangkan 109 sisanya bersama FSV Mainz 05.


2. Penampilan Cemerlang Pemain Liverpool

Trio andalan Liverpool: Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah.

Firmino Cemerlang

Firmino menjadi pemain paling cemerlang pada pertandingan putaran pertama Liverpool vs Porto. Ia berhasil mengemas sepasang gol dan asis bagi Liverpool.

Menurut Squawka, Firmino tercatat telah terlibat dalam 21 gol Liverpool di Liga Champions sejak musim 2018 lalu. Catatan tersebut merupakan yang terbanyak dari pemain Liverpool yang lain.

Selain itu, Firmino juga bersaing dengan Cristiano Ronaldo sebagai pemain yang mampu terlibat dalam lebih dari 20 gol bagi timnya  di Liga Champions sejak musim 2018 lalu.

Prestasi Trio Fir-Man-Sah

Trisula Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah benar-benar berkontribusi besar bagi Liverpool, terutama di ajang sekelas Liga Champions.

Menurut Coral, ketiganya masuk ke jajaran pemain yang paling banyak mencetak gol bagi Liverpool di Liga Champions dengan torehan masing-masing 13 gol. Catatan tersebut masih kalah jauh dari Steven Gerrard yang telah mengemas 21 gol.

Jaga Keangkeran Anfield

Liverpool sukses menjaga keangkeran Stadion Anfield sejak musim 2018 lalu. Menurut Squawka, sejak terakhir kali imbang 0-0 di babak 16 besar Liga Champions 2017/18 melawan Porto, Liverpool baru menelan sekali kekalahan di Anfield dalam 30 pertandingan di semua kompetisi.

Terakhir kali Liverpool menelan kekalahan di Anfield ialah saat menghadapi Chelsea pada putaran ketiga Piala Liga Inggris 2018/19, 27 September 2018 silam.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Champions dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

LiverpoolLiga ChampionsMohamed SalahJurgen KloppFC PortoSadio ManeRoberto FirminoTRIVIA

Berita Terkini