x

Cuneyt Cakir, Dibenci Duo Manchester dan Dikagumi Fans Liverpool

Selasa, 7 Mei 2019 11:15 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Wasit Cuneyt Cakir memberi isyarat saat pertandingan Perempat Final Liga Champions antara Manchester City vs Tottenham Hotspur di Stadion Etihad. Foto: Simon Stacpoole/Offside/Getty Images

INDOSPORT.COM - Wasit asal Turki, Cuneyt Cakir nampaknya kini dibenci oleh duo Manchester dan dikagumi oleh fans Liverpool. Berikut alasannya.

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, apalagi sudah masuk ranah kompetisi elite seperti Liga Champions, tentu dipimpin oleh seorang wasit, yang sudah memiliki lisensi tertentu memimpin laga.

Meski sudah memiliki lisensi sebagai bukti kredibilitasnya sebagai seorang pengadil di lapangan hijau, ternyata masih ada beberapa wasit yang kontroversial. 

Baca Juga

Bahkan wasit tak jarang menjadi kambing hitam dan bulan-bulanan para fans saat klubnya menelan kekalahan. Seperti yang dilakukan oleh fans Manchester City di babak perempatfinal Liga Champions lalu.

Wasit yang menjadi bulan-bulanan para fans Manchester City adalah Cuneyt Cakir. Yang memimpin pertandingan leg kedua perempatfinal Liga Champions 2018/19 antara Manchester City vs Tottenham, April lalu.

Manchester City sebenarnya berhasil mengantongi kemenangan 4-3 di leg kedua pada Kamis (18/04/19) dini hari. Namun sayangnya, kekalahan 0-1 di leg pertama membuat mereka harus tersingkir di ajang ini.

Bahkan pelatih Pep Guardiola sedikit mempermasalahkan keputusan Cakir mengesahkan gol terakhir Tottenham yang dicetak oleh Fernando Llorente. Menurutnya, bola lebih dulu mengenai tangan sang striker.

Manchester United juga Merugi karena Cuneyt Cakir

Manchester United dan Manchester City sama-sama sering dirugikan oleh keputusan kontroversial Cuneyt Cakir.

Tak hanya Si Biru Langit, Cuneyt Cakir juga pernah membuat Manchester United tersingkir dari Liga Champions pada musim 2012/13. Momen itu berlangsung pada pertandingan babak 16 besar melawan Real Madrid.

Saat itu, wasit berusia 42 tahun tersebut membuat Manchester United bermain dengan 10 pemain setelah mengganjar Luis Nani dengan kartu merah. Alhasil, Setan Merah tumbang 1-2 di laga itu.

Dengan begitu, Cuneyt Cakir menjadi wasit yang paling dibenci oleh masyarakat Manchester. Karena sang pengadil lapangan ini tak begitu bersahabat ketika memimpin laga, khususnya di pertandingan Manchester City dan Manchester United.


1. Dikagumi Fans Liverpool

Fans Liverpool sangat mengagumi kepemimpinan Cuneyt Cakir saat tim kesayangan mereka, Liverpool bermain.

Meski dibenci oleh para fans dari dua kubu, Manchester United dan Manchester City, berbeda dengan pendukung Liverpool. Mereka tampak mengagumi Cuneyt Cakir.

Alasannya tentu saja karena setiap Liverpool bermain dan dipimpin oleh Cuneyt Cakir, mereka seperti diuntungkan dan itu terjadi di kompetisi elite Eropa, Liga Champions dan Liga Europa.

Yang pertama terjadi saat leg kedua babak perempatfinal Liga Europa 2015/16, saat mereka menang 4-3 atas Borussia Dortmund di Anfield. Atas kemenangan tersebut, Liverpool melaju ke semifinal Liga Europa musim tersebut.

Sementara yang kedua, yang terakhir kali dirasakan oleh fans Liverpool, saat Cuneyt Cakir memimpin pertandingan mereka menghadapi Paris Saint-Germain di babak Grup C Liga Champions 2018/19 musim ini.

Baca Juga

Bahkan berkat kemenanganatas PSG di pertandingan terakhir yang dipimpin oleh Cuneyt Cakir, Liverpool berhasil lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2018/19.

Tidak mengherankan jika fans Liverpool nampak mengagumi sosok Cuneyt Cakir. Bahkan, perlu diketahui bahwa wasit asal Turki ini akan memimpin laga leg kedua antara Liverpool vs Barcelona di Anfield, Rabu (08/04/19) besok.

Meski disebut-sebut tidak suka dengan klub-klub asal Inggris di Liga Champions, karena sudah pernah menyingkirkan Manchester United dan Manchester City, Cuneyt Cakir pun dipertanyakan apakah akan kembali membuat senang fans Liverpool.

Baca Juga

Namun, dilansir dari laman portal berita sport Tribuna, baik Barcelona atau Liverpool sama-sama belum pernah kalah jika Cakir yang menjadi wasitnya. 

Di bawah pimpinan Cuneyt Cakir, Barcelona menang empat kali dan imbang empat kali juga di ajang Liga Champions. Sementara itu, Liverpool menang dua kali saat melawan Paris Saint-Germain (PSG) dengan skor 3-2, dan menghadapi Borussia Dortmund dengan skor 4-3.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT

Manchester UnitedLiverpoolManchester CityLiga ChampionsCuneyt CakirSepak BolaRedBull

Berita Terkini