x

Inilah Deretan Pemain Asing yang Debut di Liga Indonesia (Part 6)

Minggu, 19 Mei 2019 15:35 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Liga 1 2019 telah dimulai pada Rabu (15/05/19) lalu di mana para pemain asing debutan sudah menunjukan kualitasnya pada pekan perdana.

Fenomena kehadiran pemain asing debutan atau yang baru pertama kali main di Liga Indonesia memang menarik untuk dibahas. Karena dibutuhkan keberanian besar bagi para pemain asing itu untuk mencoba atmosfer Liga 1 yang sangat panas dan ketat.

Baca Juga

Liga 1 2019 memang telihat tidak begitu akrab dengan para debutan, di mana ada sejumlah legiun asing yang dicoret sebelum merumput di ajang sebenarnya. Sebut saja Neguete, Robert Gladiator, dan Jakhongir Abdumuminov.

Meski begitu ketat dan tidak terlalu bersahabat bagi para debutan, tetap saja selalu ada pemain asing yang ingin mengadu nasibnya di Liga 1. Lantas siapa saja para pemain asing debutan di Liga Indonesia itu?

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam deretan pemain asing debutan di Liga Indonesia (part 6).


1. Guilherme Batata

Guilherme Batata

Pertama ada Guilherme Batata yang tercatat membela PSS Sleman untuk Liga 1 musim ini. Pemain berkebangsaan Brasil ini berposisi sebagai gelandang yang tentu dapat bahu-membahu bersama Brian Ferreira membentuk lini tengah PSS Sleman yang tangguh.

Sebelum merumput di Indonesia, Batata ternyata memiliki segudang pengalaman bermain di 3 negara berbeda yaitu Brasil, Malta, dan India. Meski dirinya belum diturunkan melawan Arema FC, masih ada waktu bagi Batata menunjukan kemampuannya di laga selanjutnya.

Alfonso de la Cruz

Alfonso De La Cruz di laga PSS Sleman vs PSIS Semarang

Jika tadi Batata belum sempat dimainkan, maka pemain kedua kali ini yaitu Alfonso de la Cruz adalah debutan asing yang sudah turun gelanggang membela PSS Sleman. Tampil dalam laga krusial melawan Arema FC, Alfonso mampu tampil kokoh di belakang sehingga PSS hanya dibobol sekali saja.

Ya, Alfonso de la Cruz merupakan seorang bek tangguh dengan postur menjulang mencapai 1,85 meter. Sebelum membela PSS Sleman, Alfonso yang berkebangsaan Spanyol rupanya sempat membela klub Malaysia, Selangor musim lalu.

Artur Gevorkyan

Artur Gevorkyan akan mengambil di laga Persib vs Persipura di Liga 1.

Persib Bandung kembali memiliki sosok pemain asing debutan di Liga Indonesia, kali ini adalah Artur Gevorkyan. Pemain asal Turkmenistan itu dapat berposisi sebagai gelandang ataupun penyerang dengan dilengkapi pengalaman bermain di sejumlah klub Turkmenistan dan Uzbekistan.

Dalam laga debutnya bersama Persib Bandung, Artur langsung menjadi bintang lapangan berkat sumbangan dua golnya yang menyudahi laga perdana dengan skor 3-0 atas Persipura Jayapura. Kerja samanya dengan Rene Mihelic membuat Persib sangat mendominasi di lini tengah.


2. Mario Barcia

Mario Barcia logo Semen Padang

Semen Padang pun memiliki pemain asing debutan dalam diri Mario Barcia. Pemain berkebangsaan Argentina ini merupakan seorang gelandang bertahan yang diberi kepercayaan mengatur keseimbangan tim.

Sudah tampil di Piala Presiden 2019, Mario Barcia masih belum memberi dampak signifikan secara permainan karena Semen Padang saat itu langsung tersingkir. Namun berbekal pengalamannya bermain sejumlah klub di Argentina, Bolivia, dan Selandia Baru, bisa jadi Barcia akan menjadi pemain terpenting Semen Padang musim ini.

Yevhen Bokhashvili

Yevhen Bokhashvili diresmikan sebagai pemain baru PSS Sleman.

Kembali PSS Sleman memiliki sosok pemain asing debutan yang kali ini diwakili dengan kehadiran Yevhen Bokhashvili. Penyerang berkebangsaan Ukraina ini telah melakukan debutnya bersama PSS Sleman dalam laga perdana Liga 1 melawan Arema FC.

Menggantikan peran Kushedya Hari Yudo, Yevhen mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Meski belum ada gol yang tercipta atas nama dirinya, pelan tapi pasti mantan anggota Timnas Ukraina U-21 itu akan segera pecah telur.

Karl Max Barthelemy

Karl Max Barthelemy, pemain Semen Padang

Karl Max Barthelemy merupakan pemain asing debutan selanjutnya yang akan membela Semen Padang di Liga 1 musim ini. Penyerang yang satu negara dengan Ezechiel N’Douassel, yaitu Chad diharapkan dapat setajam dengan penyerang Persib itu.

Memiliki tubuh yang cukup tinggi mencapai 1,86 meter, Semen Padang bisa memanfaatkannya sebagai target man. Dengan pengalaman pernah bermain untuk Nejmeh (Lebanon) dan PKNP (Malaysia), Karl Max diyakini akan bersinar di Semen Padang.


3. Louise Parfait

Pemain asing anyar PS TIRA-Persikabo Louis Essengue Eloumu Parfait

Tira-Persikabo menyambut Liga 1 2019 dengan persiapan sangat serius seperti menunjuk pelatih berpengalaman, Rahmad Darmawan. Selain itu, mereka juga mendatangkan pemain tengah yang sempat menimba ilmu di Genoa, Louise Parfait.

Pemain berkebangsaan Kamerun itu sempat mencicipi kerasnya sepak bola di Italia dengan membela klub-klub seperti Ascoli, Crotone, Cessena, dan Lecce. Parfait sudah debut dengan Tira-Persikabo di mana ia sukses membantu tim meraih kemenangan 3-0 atas Badak Lampung.

Ramiro Fergonzi

Dua pemain baru Bhayangkara FC untuk Liga 1 2019, Flavio Beck Junior (kiri) dan Ramiro Fergonzi.

Terakhir ada Ramiro Fergonzi yang membela Bhayangkara FC pada Liga 1 2019. Penyerang berkebangsaan Argentina itu diharapkan dapat menjadi mesin gol bagi Bhayangkara FC yang mematok target tinggi di musim ini.

Dalam debutnya bersama Bhayangkara di Liga 1, Ramiro Fergonzi langsung menjawab kepercayaan dengan menjadi bintang. Ramiro sukses mencetak satu gol yang membuat Bhayangkara sukses menahan imbang Borneo FC di Samarinda.

Progres Pembangunan Stadion BMW 3 Bulan Setelah Peletakan Batu Pertama

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.

Persib BandungSemen PadangPSS SlemanLiga IndonesiaBhayangkara FCLiga 1TRIVIAMario BarciaTira-PersikaboArtur GevorkyanRamiro Fergonzi

Berita Terkini