x

Serie A Italia Menyimpan Sederet Teka-Teki di Giornata Pamungkas

Jumat, 24 Mei 2019 11:37 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni

INDOSPORT.COM - Siapa yang bilang kompetisi sepak bola elite Italia, Serie A Italia membosankan? Berikut sederet teka-teki yang masih harus ditentukan pada giornata terakhir.

Ya, Serie A Italia giornata ke-38 akan kembali dimainkan mulai dari hari Sabtu (25/05/19) besok. Dengan pertandingan sengit mungkin pertemuan Bologna vs Napoli, Minggu (26/05/19) pukul 01.30 WIB dini hari.

Sementara itu, sebanyak empat tim yang masih berpeluang untuk lolos ke Liga Champions 2019/20, yaitu Inter Milan, AC Milan, AS Roma dan Atalanta semuanya akan bermain pada Senin (27/05/19) pukul 01.30 WIB dini hari.

Baca Juga

Selain empat tim yang masih berpeluang memperebutkan dua tiket tersisa ke Liga Champions 2019/20, Serie A Italia juga menyimpan teka-teki klub mana yang lolos ke Liga Europa.

Sementara itu, di zona degradasi Serie A Italia juga masih akan ada satu tim yang akan ditentukan nasibnya di giornata terakhir. Seperti Genoa yang saat ini menjadi satu-satunya tim zona degradasi yang punya peluang untuk bertahan.

Di atas Genoa, ada Fiorentina, Udinese dan Empoli yang masih bisa digeser dan bahkan salah satu dari mereka bisa terdegradasi ke Serie B Italia. Sungguh menarik untuk dibahas satu per satu teka-teki di atas.

Oleh karena itu, berikut INDOSPORT coba bahas teka-teki di atas secara gamblang, agar tak ada pertanyaan saat Serie A Italia 2018/19 resmi berakhir. Simak di bawah ini.


1. Enam Tiket ke Kompetisi Eropa, Liga Champions dan Liga Europa

Logo Serie A Italia

Setiap musimnya Serie A Italia mengirimkan empat tim ke Liga Champions dan dua tim ke Liga Europa. Untuk Liga Champions, masih ada dua tiket yang bisa direbutkan oleh empat tim.

Atalanta, kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara Serie A Italia dengan mengantongi 66 poin, jumlah yang sama juga dikoleksi oleh Inter Milan pada urutan keempat.

Kedua tim ini berada di zona Liga Champions, namun semua akan berubah sesuai hasil pertandingan giornata terakhir nanti. Jika AC Milan dan AS Roma menelan kekalahan di giornata terakhir, Atalanta dan Inter bisa lolos ke Liga Champions.

Namun, salah satu saja dari Milan dan Roma ada yang menang, Atalanta dan Inter Milan patut waspada. Pasalnya, perhitungan head-to-head bisa diberlakukan untuk menentukan siapa yang lolos ke Liga Champions.

Baca Juga

Seperti misalnya, Milan menang dan naik ke peringkat ketiga dengan kondisi Atalanta, Inter Milan menelan kekalahan. Atalanta lebih berhak untuk lolos ke Liga Champions karena unggul secara head-to-head dari Inter.

Siapa yang mewakili Serie A Italia ke Liga Champions juga akan menentukan tim yang lolos ke Liga Europa musim mendatang. Yaitu, tim yang akhirnya nanti ada di urutan kelima dan keenam klasemen akhir Serie A Italia.

Siapa yang Harus Terdegradasi ke Serie B Italia?

Meski kalah, setidaknya Fiorentina mampu memberikan pertandingan yang tak mudah untuk Juventus di laga Serie A Italia 2018-19 pekan ke-33.

Sementara di papan bawah klasemen Serie A Italia, ada sebanyak empat tim yang masih bisa degradasi ke Serie B Italia 2019/20. Yaitu Fiorentina, Udinese, Empoli dan Genoa.

Genoa yang kini berada di urutan ke-17 alias zona degradasi, bisa saja bertahan di Serie A Italia. Asal mereka mampu mengalahkan Fiorentina di giornata terakhir.

Empoli sendiri juga mengalami hal tidak enak di giornata terakhir, saat mereka harus bertamu ke markas Inter Milan yang sedang berjuang untuk Liga Champions.

Baca Juga

Udinese tim paling aman dari keempat klub yang terancam degradasi. Pasalnya, jika mereka kalah di giornata terakhir nanti, poin mereka akan disamai oleh Genoa. Namun mereka masih akan di atas Genoa, karena unggul head-to-head.

Untuk top skor Serie A Italia, nampaknya sudah hampir pasti didapatkan oleh penyerang Sampdoria, Fabio Quafliarella yang kini mengoleksi 26 gol. Di bawahnya, Krzysztof Piatek terpaut empat gol.

Serie A ItaliaLiga EuropaLiga ChampionsAC MilanInter MilanAS RomaNapoliFiorentinaUdineseGenoaEmpoliAtalantaLiga ItaliaSepak Bola

Berita Terkini