x

ACL Cedera yang Menjadi Mimpi Buruk Bagi Pemain Sepak Bola

Sabtu, 8 Juni 2019 05:44 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo

INDOSPORT.COM – Cedera memang mimpi buruk bagi setiap atlet di dunia, mengingat atlet mempunyai tingkat kegiatan fisik yang tinggi ini menjadikan resiko cedera pun tidak dapat dihilangkan.

Begitu pula yang dialami oleh pesepakbola, merupakan olahraga terpopuler sejagat tidak menjadikan sepak bola sebagai olahraga yang aman dan menghindarkanya dari resiko cedera, justru dalam dunia sepak bola banyak sekali permasalahan cedera sampai mengganggu karier sang pemain.

Banyak jenis cedera yang sering dialami oleh para pesepakbola antara lain Ankle, Hamstring, Cedera Kepala, Cedera Lutut, Kram Betis, Ligamen, dan masih banyak lagi. Di antara cedera-cedera tersebut ada cedera yang ringan dan berat, salah satu cedera berat yang sering dialami oleh pesepakbola adalah ACL.

Baca Juga

Cedera ACL sendiri adalah cedera yang ditandai dengan adanya kerusakan pada ligamen lutut dan membuat sendi tidak stabil.

Cedera ini sering menjadi musuh besar para pelatih dan pemain, karena selain sering diderita oleh pesepakbola juga membutuhkan waktu sembuh yang lama sehingga merugikan tim, Berikut adalah 5 nama pemain yang pernah/sedang terkena cedera ACL.


1. Daniel Arzani-Celtic

Daniel Arzani Cedera ALC

Arzani adalah bintang muda asal Australia yang sedang naik daun, kemampuanya mengolah si kulit bundar dan pergerakannya yang lincah mengingatkan kita pada Harry Kewell.

Arzani sekarang bermain untuk Celtic di Skotlandia dan sempat mengalami cedera ACL saat Celtic menang 5-0 atas Hearts pada tahun 2018 siam.


2. Zlatan Ibrahimovic-Manchester United

Zlatan Ibrahimovic cedera ALC saat masih membela Manchester United.

Striker Los Angeles Galaxy sekaligus legenda hidup Swedia ini juga pernah mengalami cedera ACL. Cedera itu dideritanya saat ia masih membela Setan Merah, klub julukan Manchester United.

Namun kemampuanya untuk pulih secara cepat mengakibatkan dia tidak kehilangan sentuhannya dan berhasil menemukan ketajamanya kembali di MLS.


3. Kurt Zouma-Chelsea

Kurt Zouma saat membela Timnas Prancis.

Sempat menyita perhatian publik dengan teknik dan pertahanannya dalam menghalau serangan, bek tangguh asal Prancis ini pun juga pernah menderita cedera ACL.  

Kurt Zouma Cedera ALC saat membela Chelsea di laga melawan Man United.

Zouma menerima cedera ACL saat melawan Manchester United tepatnya setelah salah posisi kaki tumpuan pada tahun 2018 silam. Sekarang Zouma sudah sembuh dari cederanya dan menjalani masa pinjamanya di Everton.


4. Theo Walcott-Arsenal

Theo Walcott menderita cedera ACL saat masih membela Arsenal.

Winger Everton ini sempat menunjukan performa briliannya pada saat membela Arsenal beberapa tahun yang lalu, namun karena beberapa kali mengalami cedera ringan dan berat karirnya menurun sampai saat ini.

Dia pun sempat mengalami cedera ACL pada saat menerima tekel keras Danny Rose pada tahun 2014 tatkala membela Arsena, dan memaksanya absen di piala dunia tahun itu.


5. Fransesco Totti-AS Roma

Legenda AS Roma, Francesco Totti.

Nama Francesco Totti tentu tidak asing lagi bagi publik sepak bola, selain kegemilanganya dalam mengolah bola pemain ini juga menunjukan kesetiaanya pada klub semasa kecilnya AS Roma.

Namun banyak yang tidak tau bahwa Totti juga pernah mengalami cedera ACL tepatnya pada musim 2007/2008 dan memaksanya menepi hampir setengah tahun. Kini, Totti telah memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola.

Manchester UnitedChelseaArsenalEvertonZlatan IbrahimovicAS RomaLA GalaxyGlasgow CelticFrancesco TottiTheo WalcottKurt ZoumaCederaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini