x

4 Blunder Besar Jika Barcelona Lepas Samuel Umtiti ke Arsenal

Selasa, 25 Juni 2019 19:49 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Samuel Umtiti.

INDOSPORT.COM - Barcelona bakal blunder besar jika melepas Samuel Umtiti di bursa transfer musim panas ini, dengan Arsenal dikabarkan tertarik.

Meski baru menandatangani perpanjangan kontrak lima tahun dengan Barcelona pada bulan Juni 2018 lalu, nampaknya tidak menghalangi langkah Barcelona untuk mendengarkan tawaran yang datang untuk Umtiti.

Samuel Umtiti memulai karier profesional di dunia sepak bola pada tahun 2012 dengan Olympique Lyon dan telah tampil di Ligue 1 Prancis selama empat musim lamanya.

Baca Juga

Di mana dia telah mencatat 170 penampilan di semua kompetisi dan mencetak lima gol sebelum gabung Barcelona di musim panas 2016 dengan nilai kontrak 25 juta euro atau sekitar Rp396,5 miliar.

Sudah dua musim membela Barcelona, Umtiti pun menjadi andalan di lini pertahanan dengan total 83 penampilan di semua kompetisi. Bersama La Blaugrana, Umtiti telah mengangkat satu trofi LaLiga Spanyol dan dua gelar juara Copa del Rey.

Akan tetapi pada musim 2018/19, Umtiti mengalami cedera yang cukup panjang. Dia menghabiskan total 17 pekan untuk pemulihan, dengan melewatkan 28 pertandingan dan tempatnya pun direbut Clement Lenglet.

Baca Juga

Oleh karena itu tidak mengherankan bahwa Barcelona bersedia untuk mendengarkan tawaran menarik dari klub-klub yang menginginkan Umtiti. Namun akan terjadi blunder besar jika Barcelona melepasnya.

Berikut INDOSPORT sudah rangkum sebanyak 4 blunder besar yang akan dilakukan Barcelona jika melepas Samuel Umtiti.

Salah Satu Bek Terbaik Dunia

Samuel Umtiti

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Samuel Umtiti menghabiskan sebagian besar musim 2018/19 di meja rehabilitasi untuk pemulihan cederanya. Musim lalu, ketika dia diberi kesempatan bermain, Umtiti tampak kelelahan dan sering kalah cepat dari lawannya.

Setelah mengalami cedera yang panjang, penampilannya yang di bawah standar harusnya bisa dimaklumi. Jarang ada pemain yang kembali ke penampilan terbaiknya saat mengalami cedera lutut sebanyak dua kali.

Karena itu, Samuel Umtiti masih menjadi salah satu bek terbaik dunia, yang akan benar-benar menjadi pemain yang dibutuhkan jika sudah kembali sepenuhnya fit. Dengan status Umtiti sebagai bek terbaik dunia, Barcelona pun akan blunder jika melepasnya saat ini.

Baca Juga

Umtiti, Aset Berharga Barcelona

Bek Barcelona, Samuel Umtiti

Mengingat usia Umtiti yang baru menginjak 26 tahun pada November 2019 mendatang, pencapaiannya sebagai seorang pemain membuktikan bahwa dirinya salah satu aset untuk Barcelona.

Umtiti punya segalanya untuk menanggung target tinggi yang diusung oleh Barcelona di setiap musimnya. Target-target tersebut bila ingin dicapai memang harus dimulai dari jantung pertahanan, yaitu diisi oleh para pemain kelas dunia.

Pencapaian Umtiti yang membuktikan dia sangat berharga untuk Barcelona adalah 11 gelar yang sudah dimenangkan, baik itu di level klub mau pun bersama Timnas Prancis.

Baca Juga

Yang paling bergengsi, di mana Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo saja belum pernah mengangkatnya adalah trofi Piala Dunia 2018 lalu bersama Timnas Prancis. Selain itu, dia juga menjadi anggota skuat Prancis U-20 yang menjuarai Piala Dunia U-20 tahun 2013 lalu.

Diikuti dengan dua gelar LaLiga Spanyol selama dua musim terakhir, dua trofi Copa del Rey, sekali menjuarai Piala Prancis bersama Olympique Lyon.

Saga Transfer De Ligt

Bek tengah sekaligus kapten Ajax Amsterdam, Matthijs de Ligt sempat memberikan keunggulan di babak pertama atas Tottenham Hotspur.

Bukan rahasia lagi bahwa Matthijs de Ligt merupakan salah satu bek tengah muda yang paling diincar oleh klub-klub sepak bola dunia. Dia telah menjadi bintang di jantung pertahanan Ajax Amsterdam dan Timnas senior Belanda sejauh ini.

Dalam beberapa bulan terakhir, spekulasi tentang Barcelona merupakan tim terdepan untuk mendatangkan Golden Boy 2018 itu. Salah satu faktornya adalah, Barcelona sudha lebih dulu mendatangkannya rekan satu tim akademi De Ligt, yakni Frenkie De Jong.

Baca Juga

Namun kabar terbaru yang datang dari portal berita olahraga dari Italia, calciomercato, Paris Saint-Germain yang juga berminat pada De Ligt, siap melipatgandakan tawaran Barcelona ke Ajax.

Tapi dengan segala spekulasi tentang masa depan De Ligt, Barcelona harus hati-hati jika melepas Umtiti begitu saja. Jika gagal dapatkan De Ligt, dan Umtiti dilepas, musim depan mereka bakal lemah di jantung pertahanan.

Opsi Pertahanan Barcelona Tidak Banyak

Selebrasi Gol Gerard Pique dengan Arturo Vidal, Minggu (10/03/19).

Jika Umtiti hengkang dari Barcelona musim panas ini, mendatangkan bek tengah dengan kualitas tinggi merupakan hal wajib untuk Blaugrana lakukan di bursa transfer.

Selain Gerard Pique dan Clement Lenglet yang sudah membuktikan dirinya mampu tampil konsisten untuk Barcelona, tidak ada lagi bek tengah yang benar-benar bisa menyanggupi permainan kualitas tinggi Barca.

Baca Juga

Satu-satunya bek tengah yang diakui di skuat Barcelona hanyalah Jean-Claire Todibo yang baru berulangtahun ke-19, dia baru akan bergabung pada pra musim bulan Juli mendatang.

Jika melihat sepak bola Eropa, bek tengah kelas dunia dengan kualitas tinggi memang sangat jarang tersedia untuk dibeli di bursa transfer. Barcelona hanya bisa membeli para pemain muda untuk memperbanyak pilihan di pertahanan mereka.

Bursa TransferArsenalBarcelonaParis Saint-GermainAjax AmsterdamSamuel UmtitiMatthijs de LigtSepak Bola

Berita Terkini