x

Menakar Kekuatan 4 Tim Terbaik Piala Indonesia, Saatnya Persija Juara?

Jumat, 28 Juni 2019 18:31 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Kratingdaeng Piala Indonesia.

INDOSPORT.COM – Kratingdaeng Piala Indonesia tak terasa telah memasuki babak semifinal yang tinggal menyisakan 4 tim terbaik, tim mana yang berpeluang untuk menjadi juara?

Tak terasa setelah berjalan sejak tahun lalu, Kratingdaeng Piala Indonesia telah memasuki babak semifinal yang artinya sebentar lagi kita akan mengetahui siapa yang akan menjadi pemenang. Tentu keempat yang tersisa sama-sama mengincar gelar juara.

Baca Juga

Mulai dari Persija Jakarta, Borneo FC, PSM Makassar, hingga Madura United dipastikan akan mati-matian karena tinggal 2 langkah lagi untuk menjadi juara di ajang yang sempat hiatus dari tahun 2013 itu. Terlebih ada hadiah menarik yang akan didapatkan oleh pemenang.

Baca Juga

Hadiah itu adalah tiket bermain di Piala AFC 2020 yang akan menjadi rebutan dari keempat tim tersisa di Kratingdaeng Piala Indonesia 2019. Lantas siapa yang lebih berpeluang untuk menjadi juara? Apakah itu Persija Jakarta?


1. Madura United

Skuat Madura United di awal musim Liga 1 2019.

Keberhasilan menyingkirkan Persebaya Surabaya di babak 8 besar secara tidak langsung telah membuka peluang bagi Madura United untuk merengkuh gelar Kratingdang Piala Indonesia.

Terlebih dengan dibekali skuat bertabur bintang, semakin membuat Madura United layak diunggulkan.

Masalah bagi Madura United saat ini adalah jadwal padat yang bakal menghadang impian tersebut. Bagaimana tidak, mereka harus menjalani 3 laga melawan PSM Makassar dalam waktu seminggu ke depan.

Dengan rincian 1 laga di Liga 1 dan 2 leg di semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia. Akan tetapi dengan dibekali kedalaman skuat yang mumpuni, seharusnya jadwal padat tidak bisa dijadikan sebagai alasan asal pelatih Dejan Antonic mampu meracik tim dengan tepat.

Baca Juga

Pada akhirnya peluang Madura United benar-benar sangat terbuka untuk menjadi juara asal mereka mampu memanfaatkan kedalaman skuat yang dimiliki.

Tapi perlu diketahui juga bahwa di tim Los Galacticos seperti Madura United, keharmonisan adalah nomor 1 sehingga perlu dijaga. Jika tidak, Madura United bisa seketika hancur lebur meski bertabur bintang.

Borneo FC

Terens Puhiri (kiri) mencoba melewati Ruben Sanadi, Minggu (23/06/2019).

Selanjutnya adalah Borneo FC yang sukses membuat kejutan dengan menyingkirkan Persib Bandung di babak 8 besar. Padahal di ajang Piala Presiden, Borneo FC hanya menjadi bulan-bulanan dan langsung tersingkir sejak babak grup.

Akan tetapi kedatangan pelatih Mario Gomez sebagai nahkoda tim, sukses memberikan dampak yang instan bagi Borneo. Buktinya, tim sekelas Persib Bandung sukses disingkirkan demi bisa bertemu Persija Jakarta di babak semifinal.

Meski telah menyingkirkan Persib, Borneo tetaplah hanya berstatus tim kuda hitam karena di ajang Liga 1 pun peformanya tak terlalu mengkilap dengan hanya mengemas 4 poin dari empat laga.

Tapi namanya juga kuda hitam, jadi bisa saja mereka melanjutkan keajaiban dengan menyingkirkan Persija.

Dengan bermaterikan pemain bintang seperti Matias Conti hingga Nadeo Argawinata, bukan tidak mungkin Borneo membuat sebuah kejutan meski tak terlalu diunggulkan.

Jika mereka ingin membuat kejutan, para pemain perlu mendengarkan Mario Gomez yang pernah memenangi Piala AFC.


2. PSM Makassar

Skuat PSM Makassar sedang jalani sesi latihan.

Kegagalan PSM Makassar di Piala AFC 2019 sejatinya merupakan kabar duka bagi sepak bola Indonesia karena itu artinya tim Liga 1 tidak ada lagi yang berkompetisi di tingkat Asia. Namun sepertinya kesedihan yang utamanya menimpa PSM itu seharusnya sudah memudar.

Karena pada dasarnya PSM bisa mencoba peruntungannya di ajang Piala AFC pada tahun depan dengan syarat mampu menjadi juara Kratingdaeng Piala Indonesia. Terlebih saat ini PSM telah mencapai semifinal yang artinya peluang mereka untuk menjadi juara semakin terbuka lebar.

Baca Juga

Kelebihan yang dimiliki PSM Makassar dibanding kontestan lain adalah sejumlah pemain bintang yang sudah bermain bersama setidaknya dalam 2 tahun terakhir. Sebut saja Wiljan Pluim dan Marc Klok yang sudah saling bahu-membahu membangun PSM Makassar.

Dengan kata lain kekompakan PSM Makassar sudah benar-benar teruji. Sejatinya keberhasilan PSM mencapai semifinal zona Asia Tenggara sudah membuktikan kekuatan tim Juku Eja sebagai salah satu penantang serius untuk gelar Piala Indonesia sekaligus Liga 1.

Persija Jakarta

Skuat utama Persija Jakarta saat melawan Becamex Binh Duong pada laga perdana Piala AFC 2019 grup G di stadion GBK, Selasa (26/02/18).

Terakhir ada Persija Jakarta yang tentunya sangat diharapkan oleh Jakmania untuk membawa pulang trofi musim ini.

Melihat posisi Persija Jakarta saat ini berada di papan bawah Liga 1, tentu gelar Kratingdaeng Piala Indonesia menjadi hal yang lebih realistis dibanding Liga 1.

Masalah bagi Persija adalah bahwa mereka masih belum mampu meraih 1 kemenangan pun di Liga 1. Terlebih skuat Persija Jakarta sepertinya masih perlu beradaptasi dengan racikan taktik pelatih baru Julio Banuelos.

Beruntung bagi Persija karena hanya melawan sesama tim Liga 1 yang juga sedang inkonsisten seperti Borneo FC. Tapi perlu diperhatikan bagi Persija bahwa Borneo FC kini dilatih oleh sosok mantan nahkoda Persib, Mario Gomez yang tentu sudah mengenal kekuatan Persija.

Mungkin jika Persija ingin melangkah ke babak final, Julio Banuelos perlu memaksimalkan peran Rohit Chand selaku pemain terbaik Liga 1 musim lalu.

Selain itu, duet Marko Simic dengan Riko Simanjuntak juga perlu dimanfaatkan, jika itu bisa dilakukan Julio, Persija adalah calon kuat juara Piala Indonesia.

Persija JakartaPSM MakassarBorneo FCKratingdaeng Piala IndonesiaMadura United FCLiga IndonesiaBola Indonesia

Berita Terkini